Link Cek Penerima Bansos 2021 (BST, BPNT, PKH)

Warganet, Sejak dirilis oleh Menteri Sosial beberapa hari yang lalu animo masyarakat dalam mengakses situs DTKS secara online yang beralamat di https://dtks.kemensos.go.id/ terlihat cukup tinggi, khususnya pada menu CEK PENERIMA BANSOS yang beralamat di https://cekbansos.kemensos.go.id/ . Rata – rata mereka penasaran apakah nama mereka sudah tercantum dalam daftar penerima bantuan sosial atau belum.

gambar link cek penerima bansos 2021

Dalam menu tersebut masyarakat cukup memasukkan data dengan cara memilih Provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, Desa, menuliskan nama sesuai KTP dan terakhir tinggal memasukkan kode yang berisi 4 deret huruf dan angka ke dalam kolom yang tersedia. Setelah itu, pilih tombol CARI maka sistem di NEW DTKS akan mencari nama yang dimaksud ada atau tidak ada.

Setelah sistem selesai melakukan pencarian maka akan tampil sejumlah nama yang sama atau mengandung unsur nama yang dimaksud yang mana nama – nama itu adalah penerima bantuan sosial yang tinggal di desa tersebut berikut umur dari warga tersebut termasuk jenis bantuan sosial yang diterimanya termasuk dengan status bantuan sosial sudah tersalur atau masih dalam proses penyaluran.

Di sinilah masyarakat harus cermat dan berhati – hati dalam melihat tampilan data yang muncul karena nama seseorang bisa saja sama, umur bisa sama bahkan jenis bantuan sosial yang diterima bisa juga sama termasuk status penyaluran bantuan sosialnya. Untuk lebih jelasnya simak ilustrasi yang saya coba berikan di bawah ini :

ILUSTRASI :

Anggaplah diri anda bernama AMINAH dan berusia 45 Tahun merasa penasaran dengan statusnya di NEW DTKS. Lalu anda mencoba mengakses situs DTKS dan memilih menu CEK PENERIMA BANSOS dengan mengisi kolom – kolom data yang dibutuhkan.

Saat data penerima bantuan sosial itu muncul, anda akan kebingungan karena di situ muncul beberapa nama yang mengandung unsur kata AMINAH seperti :

AMINAH, SAMINAH dan JAMINAH

Jika demikian, bagaimana cara anda mengetahui bahwa diri anda yang mendapatkan bantuan sosial? Caranya adalah sebagai berikut :

1. Carilah NAMA YANG SAMA dengan nama anda
2. Carilah UMUR YANG SAMA dengan umur anda
3. Carilah JENIS BANTUAN SOSIAL yang selama ini anda terima

Dengan melakukan pengecekan 3 langkah di atas maka anda akan menemukan bahwa anda adalah seorang penerima bantuan sosial bernama AMINAH yang tertera pada kolom / baris KETIGA karena berusia 45 tahun. Di situ tertulis bahwa anda mendapatkan 2 jenis bantuan sosial yaitu BPNT / BSP Sembako dengan status SUDAH SALUR dan PKH dengan status SEDANG PROSES. Dengan begitu, anda tidak salah dengan nama AMINAH yang ada pada kolom / baris lainnya.

Pertanyaan 1 :

Lalu bagaimana jika ternyata ada kesamaan pada NAMA, USIA dan JENIS BANTUAN SOSIAL?

Jawaban :

Satu – satunya jalan adalah dengan melakukan pengecekan secara langsung ke pihak Pemerintah Desa atau ke Pendamping Sosial PKH / Pendamping Bansos Pangan yang ada di wilayah anda karena mereka memiliki data warga yang menerima bantuan sosial yang informasinya lebih detail.

Hal ini juga berlaku bagi masyarakat yang namanya ada di dalam daftar tersebut namun belum pernah menerima jenis bantuan sosial yang dimaksud, maka sebaiknya masyarakat tersebut melakukan hal yang sama yaitu menghubungi pihak – pihak yang sudah disebutkan di atas.

Sebagai catatan, ada hal yang menarik yang ingin saya sampaikan di sini. Jika anda melakukan pengecekan penerima bantuan sosial dan nama anda muncul, jangan buru – buru menyangka bahwa diri anda adalah penerima bantuan sosial yang dimaksud karena bisa jadi penerima bantuan sosial sebenarnya adalah orang tua anda (bisa Ayah bisa juga Ibu).

Maka tindakan yang sebaiknya anda lakukan adalah lakukan pengecekan penerima bantuan sosial dengan memasukkan nama orang tua anda. Jika nanti nama orang tua anda muncul, silahkan tanyakan kepada orang tua anda apakah mereka mendapatkan bantuan sosial dimaksud. Dari situ anda akan mendapatkan kebenaran atas fakta yang anda lihat.

Pertanyaan 2 :

Mengapa data di NEW DTKS harus menampilkan banyak nama atau mengandung unsur nama yang sama?

Jawaban :

Jawabannya sederhana yaitu supaya masyarakat bisa mengontrol bantuan sosial yang diberikan Pemerintah sudah tepat atau belum kepada nama – nama tersebut. Seperti yang sudah disampaikan oleh Menteri Sosial saat mengenalkan NEW DTKS, masyarakat bisa mengajukan keberatan / sanggahan dari data penerima bantuan sosial. Nantinya keberatan / sanggahan yang disampaikan oleh masyarakat akan diperiksa kebenarannya oleh pihak Pemerintah Daerah.

Hal ini berlaku juga jika ada masyarakat yang ingin melakukan pengusulan atas dirinya supaya dimasukkan dalam DTKS. Melalui mekanisme yang ada yaitu musyawarah desa / kelurahan maka usulan tersebut akan dibahas. Hasilnya akan disampaikan ke pihak Dinas Sosial untuk kemudian dilakukan Verifikasi dan Validasi atas usulan warga miskin baru. Jika sudah, maka data berupa usulan warga miskin baru tersebut akan dikirimkan oleh Pemerintah Daerah ke Kementerian Sosial yang mana data itu akan diolah melalui sistem yang ada.

Pertanyaan 3 :

Lalu bagaimana dengan NIK, Nomor KK dan ID DTKS yang tidak dimunculkan dalam tampilan NEW DTKS?

Jawaban :

Dilihat dari peraturan yang ada, NIK, Nomor KK dan ID DTKS itu sifatnya pribadi dan sebaiknya hanya masyarakat itu sendiri yang mengetahuinya karena nomor identitas itu rentan disalahgunakan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika masyarakat memang ingin mengetahui berapa ID DTKS nya sebaiknya langsung ditanyakan secara langsung kepada pihak Pemerintah Desa sekalian berkonsultasi tentang jenis – jenis bantuan sosial yang disalurkan Pemerintah selama ini sehingga anda mendapatkan informasi yang utuh dan jelas termasuk bagaimana mekanisme yang tepat untuk mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Cek bansos 2021

👉 Langkah pertama silahkan menuju alamat baru cek bansos 2021 di link berikut : https://cekbansos.kemensos.go.id/

👉 Selanjutnya pada laman Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)*, silahkan pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, dan masukkan nama sesuai KTP.

👉 Berikutnya masukkan kode cpatcha, lalu klik tombol CARI, tunggu proses dan akan ditampilkan data status sudah disalurkan dan keterangannya seperti gambar dibawah

gambar penerima bansos 2021

Demikianlah informasi mengenai cara cek penerima bansos tahun 2021 yang dapat guru-id bagikan.

0 Response to "Link Cek Penerima Bansos 2021 (BST, BPNT, PKH)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel