Program Beasiswa S1/D4 Guru SMK Tahun 2021 (Cek Jadwal dan Persyaratan)

Sobat edukasi, Apa itu Program Beasiswa S1/D4 Guru SMK? Program Beasiswa S1/D4 Guru SMK merupakan program yang diselenggarakan oleh Direk- torat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diperuntukkan bagi Mahasiswa yang telah terdaftar pada program studi di Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) yang ditun- juk dan berhubungan dengan mata pelajaran muatan produktif/kejuruan di SMK.

gambar beasiswa s1 guru SMK tahun 2021

Program ini akan berfokus pada peningkatan kompetensi yang dipersyarat-kan untuk menja- di Guru Profesional SMK yaitu peningkatan kompetensi peda-gogik, profesionalisme, kepribadian, dan sosial seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Program ini tidak hanya diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan sesuai dengan perkembangan kompetensi yang ada di industri, namun melalui program ini diharap- kan dapat melahirkan calon guru SMK yang dapat bersaing dan memiliki kemampuan untuk melihat permasalahan, menganalisis, dan mampu mencari alternatif so-lusi serta memecahkan perma-sala- han pendidikan vokasi menggunakan kemampuan teknis yang dimilikinya.

Program ini akan dilaksanakan dalam satu tahun berjalan, namun beasis- wa yang akan diberikan adalah 4 tahun masa studi / 8 semester. Sasaran maha-siswa penerima manfaat dari program ini adalah mahasiswa yang tengah duduk di bangku kuliah minimal semester 1 tahun akademik 2021/2022.

Sasaran Program Beasiswa S1/D4 Guru SMK adalah Mahasiswa yang telah ter-daftar pada program studi di Lembaga Pendidi- kan Tenaga kependidikan (LPTK) yang ditunjuk dan berhubun- gan dengan mata pelajaran muatan produk-tif/kejuruan di SMK.

Apa saja komponen biaya yang disediakan?

1. Dana maksimum yang dianggarkan oleh LPDP adalah Rp 173.338.500.000,- untuk total anggaran;

2. Total sasaran untuk peserta yang akan mengikuti program adalah 7.300 Peserta dari Mahasiswa yang telah terdaftar pada program studi di Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) yang ditunjuk.

Persyaratan Mendaftar beasiswa Guru SMK

Direktorat Jenderal Vokasi menyeleksi mahasiswa yang telah terdaftar pada pro-gram studi di Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) yang ditunjuk dan berhubungan dengan mata pelajaran muatan produktif/kejuruan di SMK dengan per-syaratan sebagai berikut:

👉Warga Negara Indonesia

👉Usia maksimal 28 tahun

👉Tercatat sebagai mahasiswa perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan minimal tercatat sebagai mahasiswa semester satu tahun akademik 2021/2022 dan sedang mengambil jurusan yang sesuai dengan ma-ta pelajaran muatan produktif/kejuruan di SMK Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,0 dan dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir atau nilai rapor (SMA/SMK/MA) tahun terakhir setiap mata pelajaran di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

👉Tidak sedang berstatus menerima beasiswa dari Kemendikbud termasuk perguruan tinggi atau instansi lain

👉Memiliki surat rekomendasi dari perguruan tinggi Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan un-tuk kelas-kelas sebagai berikut:

Kelas Eksekutif
Kelas Khusus;
Kelas Karyawan;
Kelas Jauh;
Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri;

👉Surat keterangan sehat/bebas narkoba

👉Mengisi formulir pendaftaran

👉Memenuhi semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses seleksi, meliputi:

👉Surat rekomendasi kepala program studi

👉Lulus seleksi administratif dan review yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi

👉Wajib mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku

👉Berkomitmen menyelesaikan studi sejak menerima beasiswa

👉Kelas yang diselenggarakan di lebih dari satu negara perguruan tinggi.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat booklet beasiwa s1/D4 tahun 2021 melalui tautan dibawah

GABUNG GRUP INFO BEASISWA GURU TERBARU TAHUN 2021 (KLIK GABUNG)

Download juga : Surat pernyataan pendaftar Beasiswa Guru SMK Tahun 2021, UNDUH DOKUMEN WORD



Demikianlah informasi yang dapat laman guru-id bagikan melalui artikel singkat ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel