Aktivitas 1. Pendahuluan – Sistem Layanan Pembelajaran

Pernahkah Anda merasa ada sesuatu hal yang berbeda dari sikap atau tingkah laku peserta didik anda? Misal,sikapnya dalam kelas atau hasil belajar peserta didik yang tidak seperti peserta didik kebanyakan. Hal tersebut mungkin membuat anda penasaran dan bertanya ada apa dengan peserta didik ini? Peristiwa ini boleh disebut identifikasi. Lalu apa itu identifikasi? Secara garis besar, identifikasi adalah menemukenali keberadaan peserta didik berkebutuhan khusus.

gambar Sistem Layanan Pembelajaran

Cukupkah guru hanya menemukenali, menandai peserta didiknya yang berbeda dari peserta didik yang lain? Tentu saja jawabannya tidak, guru dituntut untuk memberikan layanan terhadap peserta didik tanpa mendiskriminasikan. Lalu apa yang harus guru lakukan setelah melakukan identifikasi sebelum menentukan program bagi peserta didik berkebutuhan khusus? Langkah selanjutnya adalah guru harus melakukan asesmen dan planning matrix. Apa itu asesmen, apa itu planning matrix?

Selanjutnya untuk data hasil asesmen yang dipetakan dalam planning matrik dapat dimanfaatkan untuk apa? Anda pasti harus menyiapkan kegiatan belajar mengajar melalui perencanan pelaksanan pembelajaran (RPP) bagi kelas dengan melakukan analisis kurikulum 2013 atau yang diberlakukan tahap selanjutnya adalah bagaimana mengakomodir atau akomodasi kurikulum bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)? Selanjutnya tentu harus disiapkan perencanaan pembelajaran individual (PPI) bagi PDBK, apa hakikat atau konsep PPI bagi pelayanan PDBK dalam pembelajaran?

Sebelum mempelajari materi Identifikasi, Asesmen dan Planning Matrix, Akomodasi Kurikulum dan PPI mari kita saksikan bersama video materi melalui portal guru belajar seri inklusif

Setelah Anda menyaksikan video tersebut. Dalam pikiran Anda akan lebih jelas bahwa bagaimana Anda dapat melakukan identifikasi, asesmen dan planning matrix, akomodasi kurikulum dan PPI.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait topik postingan bisa menghubungi saya melalui laman kontak.

0 Response to "Aktivitas 1. Pendahuluan – Sistem Layanan Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel