Bidang-bidang Lomba FIKSI 2021 dan Kategori PKWU SMA

Sobat edukasi, FIKSI tahun 2021 bertujuan antara lain untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

gambar lomba fiksi 2021

Dikarenakan tahun ini, Indonesia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, maka pelaksanaan FIKSI 2021 akan dilaksanak secara daring. Siswa diharapkan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada saat persiapan hingga pelaksanaannya.

Buku ini akan menjelaskan informasi mengenai peraturan dan mekanisme kegiatan FIKSI sebagai pedoman bagi penyelenggara FIKSI tahun 2021. Akhir kata, semoga penyelenggaraan FIKSI tahun 2021 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Bidang Lomba FIKSI 2021 Kategori PKWU SMA

1. Bidang Kriya Kerajinan
2. Bidang Fashion
3. Bidang Desain Grafis Rekayasa
4. Bidang Aplikasi, Game, Video dan Animasi
5. Bidang Boga Pengolahan
6. Bidang Budidaya dan Lintas Usaha* Budidaya


*Bidang Budidaya dan Lintas Usaha juga meliputi usaha-usaha yang merupakan gabungan antar bidang

Persyaratan/Kriteria Lomba

FIKSI merupakan kompetisi kewirausahaan siswa SMA/MA tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Berikut kualifikasi persyaratan yang harus dipenuhi oleh seluruh peserta :

Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).

Siswa SMA/MA yang pada tahap final masih berstatus peserta didik di kelas X, XI dan/atau XII negeri ataupun swasta (dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/Paspor/ KTM) dan surat pengantar atau surat tugas dari sekolah pada saat tahap final)), baik perorangan ataupun kelompok, dengan maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok.

Setiap peserta memilih salah satu dari 2 kategori, yaitu : Kategori Rencana usaha (business plan), yang merupakan gagasan sendiri (original) dan/atau pengembangan dari ide yang sudah ada yang dikelola sendiri; dan Kategori Bisnis Berjalan (On-going Business), yang merupakan penjelasan mengenai bisnis yang telah dikelola/dikembangkan 14 Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2021 sendiri oleh peserta dalam jangka waktu tertentu (lihat penjelasan rinci Kategori Usaha).

Peserta yang lolos sampai tahap final, tidak boleh digantikan oleh siswa lain. Peserta FIKSI 2021 yang berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama. Setiap peserta perorangan/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul Usaha.

Setiap peserta perorangan/kelompok yang pernah menjadi pemenang (peraih medali emas, perak, dan perunggu) pada FIKSI 2016-2020 tidak diperkenankan mendaftar sebagai peserta FIKSI 2021. Produk dan jasa yang dapat didaftarkan merupakan karya yang belum pernah menang/ masuk kategori pemenang pada FIKSI 2016-2020 maupun lomba di bidang/kategori sejenis di tingkat nasional (yang diselenggarakan oleh Kementerian) atau lebih tinggi (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).

Keaslian karya dan isi/konten produk/jasa merupakan produk inovasi siswa dan tidak sedang dalam sengketa atau klaim dari pihak lain. (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan) Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika:

a. Karya terbukti tidak orisinil atau menjiplak karya lain,

b. Sedang dalam sengketa,

c. Mendapatkan klaim dari pihak lain,

d. Tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam setiap tahapan seleksi FIKSI 2021 Keputusan Panitia dan juri FIKSI 2021 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat http://sma.pusatprestasinasional.kemdi kbud.go.id/fiksi

Informasi lebih lanjut silahkan download pedoman lomba Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2021 pdf



Akhirnya

Penulis akhirkan informasi ini, dan penulis berharap Postingan ini bisa memberikan informasi bermanfaat untuk pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel