Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif

Pada laman ini akan dibagikan informasi mengenai soal/kuis dan jawaban Hakikat Pendidikan Inklusif sebagai bahan belajar bagi peserta yang belum mengikuti.

gambar Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif
Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

Anda tentu tidak asing dengan penyebutan Pendidikan Inklusif. Apakah Anda tahu apa itu Pendidikan Inklusif? Apakah Pendidikan Inklusif memiliki landasan yang kuat dalam penerapannya? Apakah sekolah penyelenggara pendidikan inklusif memang benar-benar diperlukan? Mari kita cari tahu tentang hal tersebut dalam materi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.

Setelah anda menyaksikan video tersebut, apa yang anda rasakan jika hal tersebut terjadi pada anak, saudara, atau bahkan Anda sendiri? Apakah Anda akan merasa baik-baik saja dengan kondisi itu? Ataukah harus ada solusi dari yang dialami oleh peserta didik berkebutuhan khusus tersebut? Mari kita cari tahu bersama dengan mempelajari materi tentang Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.

Kegiatan pada topik Konsep Dasar Pendidikan Inklusif ini, Anda diminta melakukan serangkaian kegiatan yang akan membantu Anda dalam memahami hakikat pendidikan inklusif, sekolah ramah anak, dan mekanisme layanan PDBK di sekolah penyelnggara pendidikan inklusif. Kegiatan pada topik ini penting bagi Anda, karena akan menjadi dasar bagi Anda dalam memahami konsep materi selanjutnya yang lebih mendalam tentang pendidikan inklusif.

Untuk lebih memahami materi yang akan Anda pelajari pada topik ini, Anda diharapkan dapat mempelajari setiap tahapan dengan seksama. Sehingga, dalam kegiatan tersebut terjadi transfer pengetahuan yang akan memperkaya pemahaman Anda terkait dengan hakikat pendidikan inklusif, sekolah ramah anak, dan mekanisme layanan PDBK di sekolah inklusif.

Aktivitas 4. Hakikat Pendidikan Inklusif

Pendidikan inklusif merupakan pendekatan untuk mengubah sistem pendidikan agar dapat mengakomodasi peserta didik yang sangat beragam. Tujuannya, agar guru maupun peserta didik merasa nyaman dengan adanya perbedaan dan memandangnya sebagai tantangan dan pengayaan dalam lingkungan belajar, dan bukan menganggapnya sebagai masalah. Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif menyediakan program pendidikan yang layak, menantang, tetapi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan setiap peserta didik maupun bantuan dan dukungan yang dapat diberikan oleh para guru agar peserta didik berhasil. Lebih dari itu, sekolah penyelenggara pendidikan inklusif juga merupakan tempat setiap anak dapat diterima, menjadi bagian dari kelas tersebut, dan saling membantu dengan guru dan teman sebayanya, maupun anggota masyarakat lainnya agar kebutuhan individunya terpenuhi.

Hakikat Pendidikan Inklusif

Download Materi Hakikat Pendidikan Inklusif (SIMPAN FILE)

Setelah Anda mempelajari tentang Hakikat Pendidikan Inklusif, jawablah pertanyaan berikut:

"Sekolah inklusif dipandang sebagai proses yang diarahkan dan merespon adanya kebutuhan peserta didik yang beragam dengan cara meningkatkan partisipasi dalam belajar, kegiatan budaya dan komunitas, dan mengurangi eksklusi dalam pendidikan. Menurut Anda, mengapa keberadaan sekolah inklusif menjadi penting dalam mewadahi peserta didik berkebutuhan khusus?"

Tuliskan minimal 150 kata

Referensi Jawaban 1

tujuan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk mendapat pendidikan tanpa memandang kondisi anak. Hal ini memungkinkan peserta didik berkebutuhan khusus bersekolah di sekolah reguler.

Referensi Jawaban 2

Melalui pendidikan inklusif, anak berkebuthan khusus dididik bersama-sama anak lainnya (reguler) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, anak berkebutuhan khusus perlu diberi kesempatan dan peluang yang sama dengan anak reguler untuk mendapatkan pelayanan pendidikan di sekolah. Pendidikan inklusif diharapkan dapat memecahkan salah satu persoalan dalam penanganan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus selama ini

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait topik postingan bisa menghubungi saya melalui laman kontak.

0 Response to "Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel