Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Seri Inklusif hari Pertama

Pada postingan kali ini guru-id akan menuliskan ringkasan materi 1 konsep keberagaman peserta didik pada kegiatan bimtek guru belajar seri inklusif. Untuk lebih jelasnya berikut materinya.

gambar jawaban kuis Keberagaman Peserta Didik
1. Pengertian Keberagaman Peserta Didik

Keberagaman peserta didik di kelas inklusif memiliki karakteristik tersendiri, baik pada peserta didik reguler maupun pada peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK). Keberadaan PDBK dipayungi Undang Undang Dasar 1945 pasal 31, ayat 1 mengamanatkan bahwa; “Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan” dan ayat 2; “Setiap warga Negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya’. Dengan demikian, peserta didik dalam kelas walaupun berbeda keyakinan, fisik, gender, latar belakang keluarga, harapan, kemampuan, kelebihan peserta didik memiliki hak untuk belajar. Implementasi di kelas, guru secara perlahan dan pasti memberikan penanaman sikap simpati dan empati kepada peserta didik reguler bahwa dalam masyarakat itu memiliki karakteristik keragaman bentuk, keyakinan, sosial, dan karakter peserta didik berkebutuhan khusus. Dengan demikian, ciptakan susana kebersamaan dalam berbagai aktivitas agar seluruh peserta didik membaur dan saling interaksi, sehingga akan tampak mereka bersosialisasi dan saling tolong menolong antarsesama.

Begitupun gurunya untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik, harus memahami berbagai perbedaan. Setiap individu memiliki karakteristik sendiri, baik dalam gaya belajar atau kemampuan mengaktulisasikan berbagai kemampuan dan keterampilannya, misalnya perbedaan jender. Murid laki-laki memiliki karakteristik yang berbeda dengan murid perempuan. Misalnya, cara berpikir siswa laki-laki berbeda dengan murid perempuan. Namun, tidak menutup kemungkinan karakteristik jender dapat dipertukarkan

Dengan demikian, guru sangat penting memberikan wawasan kepada peserta didik bahwa masyarakat majemuk tradisional perlu mempertimbangkan adanya pluralitas horizontal (adanya perbedaan etnik, sub-sub etnik) dan pluralitas vertical (adanya pelapisan-pelapisan sosial).

Penamaan istilah “peserta didik” kepada siswa di sekolah dewasa ini sudah tepat, mengingat cara pandang ini yang lebih positif dibanding dengan istilah “murid atau siswa”. Hal ini, kata “peserta didik” dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik dalam melihat kebutuhannya.

Download Materi konsep keberagaman peserta didik PDF (SIMPAN FILE)

Kuis Pertama

"Faktanya, peserta didik memiliki keragaman, baik secara fisik, psikologis, sosial dan budaya. Berdasarkan pengalaman Anda, lakukan identifikasi keberagaman peserta didik di kelas Anda! Tuliskan minimal 150 kata"

Referensi Jawaban

Keberagaman Fisik

Ada peserta didik yang tinggi, sedang, pendek untuk ukuranpada kelasnya

Ada peserta didik yang gemuk. Sedang, kurus untuk ukuranpada kelasnya

Keberagaman Sensorik

Ada peserta didik yang memiliki penglihatan tanpa hambatan, ada peserta didik yang memiliki hambatan penglihatan

Keberagaman Sosial Ekonomi dan Demografis

Ada peserta didik dari keluarga kaya, sedang, miskin

Ada peserta didik dari perkotaan dan pedesaan Keragaman Jenis Lainnya

Ada peserta dengan hambatan perilaku dan emosi, kesulitan belajar spesifik, autis, dan sebagainya

Kuis Kedua

"Terhadap keberagaman peserta didik di kelas. Bagaimana sikap yang harus guru kembangkan dan apa yang harus guru lakukan untuk menjamin terwujudnya hak-hak Pendidikan bagi setiap peserta didik Tuliskan minimal 150 kata"

Referensi Jawaban

Pada kegiatan pembelajaran banyak siswa yang butuh perhatian khusus serta menyiapkan materi yang kreatif untuk menarik minat belajar siswa, karena tiap siswa butuh metode berbeda dalam penyampaian materi . sehingga apa yang disampaikan berhasil sesuai dengan tujuan pembelajaran, banyak referensi bahan ajar di internet yang dapat di jadikan sumber belajar di kelas :)

Next : Jawaban kuis Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Hari kedua

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait topik postingan bisa menghubungi saya melalui laman kontak.

0 Response to "Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Seri Inklusif hari Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel