Jawaban Kuis Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

Sobat pembelajar, Pada laman ini akan dibagikan informasi mengenai 5 soal/kuis dan jawaban Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Bimtek Guru Belajar Seri Inklusif sebagai bahan belajar bagi peserta yang belum mengikuti.

gambar Jawaban Kuis Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
Mekanisme Layanan PDBK

Layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan mengimplementasikan sistem pendidikan inklusif. Saat ini Pemerintah telah mengakomodasi penyelenggaraan pendidikan inklusif dengan menerbitkan Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. Kedudukan peserta didik berkebutuhan khusus juga dikuatkan dengan Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus seyogyanya melibatkan berbagai unit terkait, antara lain orang tua peserta didik, sekolah, rumah sakit atau puskesmas, dan dinas pendidikan setempat.

Penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus seyogyanya melibatkan berbagai unit terkait, antara lain orang tua peserta didik, sekolah, rumah sakit atau puskesmas, dan dinas pendidikan setempat. Pada beberapa sekolah peserta didik berkebutuhan khusus tidak dapat diterima di sekolah jika tidak membawa surat keterangan hasil asesmen dari rumah sakit dan atau keterangan dari psikolog.

Namun demikian, pada umumnya sekolah sering mengabaikan persyaratan di atas. Sehingga menimbulkan kesulitan bagi guru dalam melayani pesrta didik yang bersangkutan. Untuk kondisi di daerah tertentu surat keterangan dari rumah sakit atau dari psikolog menjadi sangat sulit ketika pemahaman tentang mekanisme layanan tidak sepenuhnya dipahami, terlebih-lebih ketersediaan sumber daya dan aksesibilitas sangat terbatas

Download Materi Layanan PPDBK di sekolah Inklusif (SIMPAN FILE)

Kuis Konsep dasar inklusif

Setelah Anda mempelajari materi tentang Konsep Dasar Pendidikan Inklusif pada aktivitas 7 , untuk mengetahui pemahaman Anda jawablah pertanyaan berikut:

Petunjuk:

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat!

Klik tombol di kanan bawah untuk menuju pertanyaan berikutnya, dan pada pertanyaan terakhir klik tombol di kanan bawah untuk mengirim jawaban.

"Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…"

Khusus
Inklusif
Segregasi
Integrasi
Reguler

"Sebuah desain harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…"

Prinsip mudah digunakan
Prinsip dapat digunakan oleh semua orang
Prinsip toleransi untuk kesalahan
Prinsip informasi penggunaan yang jelas
Prinsip fleksibel dalam penggunaannya

"Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…"

Kelas khusus penuh
Kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
Kelas reguler dengan cluster dan pull out
Kelas reguler (inklusi penuh)
Kelas reguler dengan cluster

"Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…"

Identifikasi
Asesmen
Screening
Referal
Klasifikasi

"Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…"

Prinsip daya guna
Prinsip estetis
Prinsip menarik dan Menantang
Prinsip learning centers (pembagian Zona)
Prinsip berpusat pada anak (Child Centered)

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait topik postingan bisa menghubungi saya melalui laman kontak.

0 Response to "Jawaban Kuis Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel