Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

Pada laman ini akan dibagikan informasi mengenai soal/kuis dan jawaban aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif bagi peserta yang belum mengikuti.

Yuk melakukan refleksi

Instruksi

1. Jawab pertanyaan berikut untuk melakukan refleksi:

Setelah Anda mempelajari topik Konsep Dasar Pendidikan Inklusif, mengapa pendidikan inklusif penting diterapkan?

2. Posting jawaban Anda di salah satu media sosial: twitter, instagram, atau facebook dilengkapi dengan teks berikut: #GBBInklusif #PendidikanInklusif

3. Dapatkan minimal 2 komentar di post media sosial Anda

4. Screenshoot (tangkap layar) post tersebut yang dilengkapi dengan komentar-komentarnya

Referensi Jawaban

Setelah belajar dan mempelajari Konsep Dasar Pendidikan Inklusif di Seri Pendidikan Guru Belajar dan Berbagi melalui Bimtek Seri Pendidikan Inklusif, kita tentu harus menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki keunikan masing-masing tak hanya peserta didik yang berkebutuhan khusus saja. Sekolah harus mengetahui apa yang akan dilakukan dengan menerapkan proses identifikasi sebagai bentuk menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran sebagai cara guru untuk mengetahui kondisi dan asal usul peserta didik.

Oleh karena itu, apabila ada di salah satu sekolah yang ternyata memiliki Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDPBK) maka sekolah perlu membuat program pembelajaran yang tepat bagi anak tersebut dengan mempertimbangkan berbagai peran stokeholder yang meliputi peran guru, peran orang tua, peran kepala sekolah, dan peran Dinas Pendidikan. Sehingga layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan mengimplementasikan sistem pendidikan inklusif dan guru akan berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran agar pendidikan inklusif dapat diterapkan dengan baik.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait topik postingan bisa menghubungi saya melalui laman kontak.

0 Response to "Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel