Laporan Kegiatan guru belajar seri pendidikan inklusif

Oke langsung saja pada postingan kali ini guru-id akan berbagi informasi mengenai contoh "laporan kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) program guru belajar seri pendidikan inklusif kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun pelajaran 2020/2021" yang bisa dijadikan referensi bagi rekan-rekan guru yang membutuhkan. Adapun diakhir postingan teman-teman bisa mengunduh file laporan ini dalam bentuk dokumen word guna mempermudah pengeditan. Untuk lebih jelasnya berikut isi laporan yang dimaksud.

gambar Laporan Kegiatan guru belajar seri pendidikan inklusif
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang

Setiap hari tentu Anda bertemu dengan banyak peserta didik. Tetapi tahukah Anda bahwa peserta didik yang setiap hari kita temui sangat beragam dalam beberapa aspek. Apakah yang dimaksud dengan keberagaman peserta didik? Bagaimana karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus, dan apa saja kebutuhan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus?

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif dirancang untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler atau sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya. Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

2. Tujuan

Tujuan pelaksanaan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif yang diikuti oleh guru dan kepala sekolah yaitu dapat memberikan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus, sehingga guru dapat melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI) apabila disekolah terdapat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).

B. RINCIAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
1. Nama Kegiatan

“Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif”.

2. Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara

Waktu : Pendaftaran (Angkatan 1: 23 April - 3 Mei 2021)

Bimtek (Angkatan 1: 3 - 10 Mei 2021)

Pelatihan (Angkatan 1: 19 - 26 Mei 2021).

Microlearning (Semua Angkatan 26 Mei - 31 Juli 2021)

Pengimbasan (Semua Angkatan 26 Mei - 31 Juli 2021)

Tempat : Online (sim-gurubelajar.simpkb.id)

Penyelenggara : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

3. Tujuan Diklat

a) Secara umum Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

b) Secara khusus, Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif bertujuan, antara lain:

 Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

 Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).

 Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

4. Isi/Materi

Secara ringkas, Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif dilaksanakan secara daring dan terbagi menjadi beberapa Angkatan dan serangkaian tahapan pelaksanaan. Masing-masing peserta di setiap angkatan diharapkan dapat menuntaskan kegiatan yang meliputi, diantaranya:

Tahap 1 - Bimtek Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

 Keberagaman Peserta Didik

 Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

 Sistem Layanan Pembelajaran

Tahap 2 - Pelatihan Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

 Identifikasi

 Asesmen

 Planning Matrix

 Program Pembelajaran Individual Microlearning

 Mengikuti kegiatan Microlearning setelah menyelesaikan tahap Tahap 1 Bimtek dan 2 Pelatihan.

Pengimbasan

 Melakukan Pengimbasan AKM dengan mengunggah hasil kegiatan berupa video yang di unggah melalui YouTube dan kemudian dikirimkan melalui link URL yang telah disediakan Setiap pokok sub materi kegiatan, peserta diwajibkan melaksanakan secara berurutan untuk dapat mengikuti ke tahap selanjutnya.

5. Tindak Lanjut

Setelah mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif, peserta dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memahami konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus, sehingga guru dapat melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI) pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK).

6. Dampak Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Mutu

Setelah memahami karakteristik masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus, sebagai guru sekolah inklusif maka kita perlu untuk memahami juga kebutuhan pembelajaran dari masing-masing peserta didik berkebutuhan khusus. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghargai keberagaman peserta didik di kelas dan mengembangkan kualitas hidup seluruh peserta didik.

7. Penutup

Demikian laporan ini saya buat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jika dibutuhkan Berikut Link download format word laporan kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) program guru belajar seri pendidikan inklusif (UNDUH DISINI)

Demikianlah informasi tentang laporan kegiatan guru belajar seri pendidikan inklusif yang dapat guru-id bagikan, semoga bermanfaat bagi guru . Jika ada yang ingin ditanyakan terkait topik postingan bisa menghubungi saya melalui laman kontak.

0 Response to "Laporan Kegiatan guru belajar seri pendidikan inklusif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel