Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk

Oke, kali ini guru-id akan berbagi informasi terbaru mengenai pendaftaran PPPK guru. Sobat guru, banyak sekali kendala atau permasalahan yang terjadi pada sistem aplikasi sscasn, salah satunya adalah guru yang tersedia formasi di sekolah induknya tidak bisa memilih formasi di sekolah induknya sendiri padahal jelas-jelas tersedia.

Untuk mengatasi masalah ini tim helpdesk bkn bekerjasama dengan tim pppk kemdikbudristek pusat telah mengintegrasikan data terbaru sehingga saat ini dibuatkan fitur baru pada portal sscasn yakni fitur "reset pendaftaran". Oleh karena itu bagi bapak dan ibu guru yang mengalami permasalahan tidak ada sekolah induknya di pilihan formasi, bisa menggunakan fitur ini.

Sekedar mengingatkan bahwa bagi teman-teman guru yang tidak ada formasi di sekolah induknya tidak perlu melakukan reset pendaftaran. sedangkan bagi teman-teman guru yang sudah terlanjur mendaftar sampai ke tahap resume dan telah memilih formasi di sekolah lain bisa melakukan reset pendaftara.

Untuk melakukan reset pendaftaran bapak dan ibu guru bisa mengikuti langkah-langkah dibawah !

Cara Reset pendaftaran

Saya ulangi sekali lagi fitur reset pendaftaran ini hanya untuk guru yang tersedia formasi di sekolah induknya tapi tidak ada pilihan formasi saat mendaftar.

Tujuan Reset:

1. Mengubah formasi ke sekolah induk yang awalnya mendaftar di sekolah lain. (Wajib sesuai permen no 28)

2. Tidak perlu di reset jika sudah mendaftar di sekolah induk

3. Tidak perlu direset hanya untuk memperbaiki data dikhawatirkan nanti formasi yg sdh dipilih justru hilang.

4. Tak perlu bingung dengan Akreditasi, mulai malam tadi sudah terhapus tak ada pengaruh ke administrasi.

๐Ÿ‘‰ untuk reset pendaftaran pppk guru silahkan login ke akun sscasn masing-masing menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

๐Ÿ‘‰ Setelah masuk ke laman utama, silahkan klik tombol "reset pendaftaran" seperti penampakkan gambar dibawah.

gambar cara reset pendaftaran pppk guru

๐Ÿ‘‰ selanjutnya akan muncul notifikasi, "Peringatan (info setelah klik reset) Apakah Anda yakin untuk mengulang pendaftaran?"

Data Anda akan direset dan data terbaru akan ditarik berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Proses ini hanya akan Anda lakukan 1 (satu) kali. Dan Anda diwajibkan menyelesaikan sampai Tahap resume apabila anda sudah yakin dengan data yang sudah Anda input/pilih sebelum batas waktu pendaftaran.

๐Ÿ‘‰Untuk mereset selanjutnya tinggal pilih YA.

๐Ÿ‘‰ Berikutnya browwser akan diarahkan kembali ke fitur pemilihan formasi, nah dilaman inilah teman-teman bisa mengecek formasi yang tersedia,,, jika memang tersedia di sekolah induknya, maka sistem akan mengunci otomatis formasinya.

Langkah berikutnya silahkan akhiri pendaftaran sampai ke tahap resume,,,, agar perubahan formasi yang dipilih atau data yang mengalami perbaikan berubah sehingga bisa di verikasi oleh tim verifikator sscasn.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoag saja teman-teman lulus ASN 2021.

Untuk informasi pppk guru dan latihan soal-soal tryout pppk guru silahkan gabung ke grup telegram berikut : https://t.me/pppkguru2021h

12 Responses to "Cara Reset Pendaftaran PPPK Guru, Solusi Tidak ada Pilihan Formasi di Sekolah Induk"

  1. Mau tanya, kalau ada formasi nya 1 disekolah induk tp gurunya ada 2 terus sm2 linier pendidika nya apakah bisa di rset pendafatarn dan 22 nya tetap memilih disekolah induknya?

    ReplyDelete
  2. Saya bukan guru induk tp saya dapodik negeri dan saya ingin memilih ulang formasi apa bisa direset??

    ReplyDelete
  3. Min tanya,kalau sudah resum disekolah induk,apa bisa mereset data yang salah input atau salah menulis seperti tanggal ijasah?

    ReplyDelete
  4. Apa yang dari sekolah swasta bisa reset untuk memilih formasi di sekolah lain? Atau ini hanya untuk sekolah negeri saja biar tidak bingung pak admin.

    ReplyDelete
  5. Jika tidak linear bagaimana Bpk Admin ? Misalnya S.1 PAI ngajar di TK ? Bisa milih yg lain ?

    ReplyDelete
  6. Tapi yang non-linier tetap tidak bisa daftar di sekolah induk. Contohnya saya yang S1 Bahasa Inggris dan mengajar di SLB tidak bisa mendaftar ke sekolah induk karena yang dibutuhkan S1 Pendidikan Luar Biasa. Yang jadi masalah, ada banyak teman-teman non S1 Pendidikan Luar Biasa yang terdaftar sebagai honorer dapodik di SLB. Alhasil bisa saja SLB kehabisan guru jika semua guru honorernya yang non-S1PLB lulus di sekolah lain.

    ReplyDelete
  7. kalo sudah reset tidak bisa kembali ke pilihan awal ya ??

    ReplyDelete
  8. Kalo di sekolah induk gak ad pilihan formasinya trus direset dan milih sekolah lain bisa gak?

    ReplyDelete
  9. Ada solusi gk kalau yang sudah terlanjur riset tapi tidak ada pilihan di sekolah induk???

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel