Panduan Dapodik 2022 PDF

Pada postingan kali ini guru-id akan membagikan info mengenai panduan aplikasi dapodik versi 2022. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa aplikasi dapodik versi 2021 semester ganjil telah dirilis malam ini dan sudah bisa diinstall ke laptop operator sekolah.

gambar panduan aplikasi dapodik 2022

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya buku "Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik versi 2022" dapat diselesaikan. Buku ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodik versi 2022 mulai dari persiapan, proses instalasi, serta langkah-langkah pengisian Aplikasi Dapodik.

Buku ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga satuan pendidikan yang hendak mengimplementasikan pengisian data satuan pendidikan melalui Aplikasi Dapodik. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memberikan informasi yang luas kepada petugas pendataan tentang Aplikasi Dapodik versi 2022 dalam bentuk panduan. Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar langkah-langkah pengisian, perbaikan dan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah.

Kami sadari bahwa buku ini masih belum sempurna, oleh karena itu, masukan dan saran dari semua pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ini.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi perlu mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, untuk mewujudkan basis data pendidikan yang relasional sehingga mampu menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan, serta menampung dan mengintegrasikan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu merancang data pokok pendidikan.

Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring. Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2021/2022 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2022. Secara sistem, pembaruan versi 2021 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester ganjil ini. Aplikasi Dapodik versi 2022 dikemas dalam bentuk installer.

Panduan Dapodik 2022

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2022 diantaranya penambahan fitur isian sanitasi pada tabel data rinci sekolah yang mengambil data dari isian alat (sarana), penambahan fitur ubah password pengguna utama saat pertama kali login, perbaikan validasi data KIP/PIP peserta didik, dan perbaikan validasi pengisian tugas tambahan kepala sekolah/PLT kepala sekolah.

Aplikasi Dapodik versi 2022 saat ini tersedia dalam bentuk fail installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya

Setelah semua tahapan persiapan instalasi dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi aplikasi. Aplikasi Dapodik versi 2022 dirilis dalam bentuk installer

Selanjutnya silahkan download Panduan Aplikasi Dapodik versi 2022 melalui TAUTAN BERIKUT.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama Saudara disampaikan terima kasih.

0 Response to "Panduan Dapodik 2022 PDF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Tengah Artikel 2

Please report if the ads that appear on our site are annoying and less relevant to the content presented.

Iklan Bawah Artikel