10 Butir soal akm kelas 11 2021 Beserta Kunci Jawabannya

Oke langsung saja sobat guru-id, Sebagai persiapan ANBK SMA/SMK 2021/2022 berikut contoh pengembangan soal akm literasi kelas 11 bahasa Indonesia bagi jenjang SMA, SMK, MA yang akan kita jadikan referensi, Berikut contoh-contoh soalnya.

Ramin Tak Kunjung Pulang (stimulus)

Ramin nyaris menjerit, tangannya tertumbuk dahan hanyut saat buru-buru sembunyi di dalam pelukan akar, untung ia segera melihat dahan itu. Hampir ia mengira dahan itu adalah mulut buaya yang siap menelan lengannya.

Teringat lagi ia pada Aco, sejak semusim lalu ia ikut Dadan karena hasil cengkehnya tak bagus, sementara tengkulaknya minta selalu dibayar. Aco tertangkap petugas saat adu mulut di warung nasi lemak lantaran ia mengumpat pada preman yang menutupi jalan.

Hari itu memang perpaduan nasib sial jatuh di hadapan Aco. Umpatannya didengar preman, adu mulut terjadi, dan petugas sedang lewat. Apes. Aco lalu dibawa petugas, digiring bagai ternak ke tengah lapangan, dipukuli dengan bengis saat mencoba kabur, ditanyai macam-macam, didenda hingga ia tak sanggup bayar, diambil hasil kerjanya satu musim, dideportasi, pulang ke rumah dengan tangan hampa, ditunggu tengkulak pula. Bah! Hilang sudah satu kebun cengkeh dirundung sial.

Gara-gara Aco juga, petugas kini memburu Ramin dan Dadan. Ternyata Dadan memang sudah dicari-cari petugas karena beberapa kali memasukkan tenaga kerja tanpa izin. Ramin memang tak berpikir panjang saat berangkat kerja dengan Dadan, yang penting ia bisa membawa pulang uang untuk menikahkan anaknya, buat pengobatan sakit gula ayahnya, dan sisanya bisa ia belikan mesin cuci yang saban hari diminta istrinya.

Ramin tak mau nasib nahas Aco terjadi pada dirinya. Wajah sumringah anak gadisnya sudah terbayang girang menyambutnya dengan ransel penuh uang.

Bunyi langkah mendekat, pelan, Ramin membeku, sekuat-kuatnya menahan napas. Baginya lebih baik tak bernapas daripada tertangkap petugas-petugas berwajah garang itu. Bisik-bisik makin kencang. Ramin memutar otak. Kalau mereka melihat rumput-rumput rebah itu, atau kalau ada satu dua orang cukup jitu tebakannya, mungkin mereka bisa yakin kalau pelarian yang mereka kejar bersembunyi di antara akar pohon.

(Karya: Lina PW, Kompas, 8 Desember 2019) Soal AKM

1. Mengapa Ramin dikejar-kejar oleh petugas?

Ramin adalah teman Aco
Ramin tak membayar denda
Ramin menjadi tenaga kerja ilegal
Ramin mencuri di perkebunan cengkeh
Teman-teman Ramin membuat kesalahan besar

2. Tuliskan satu bukti dari cerita yang menunjukkan bahwa latar cerita ini terjadi di luar negeri!

Jawab :

3. Apa yang menyebabkan Ramin dan Dadan juga diburu petugas?

Jawab :

4. Pasangkanlah nama tokoh yang ada di lajur kiri dengan kondisi yang sedang dialaminya di lajur kanan sesuai dengan isi cerita!

5. Tentukanlah kesesuaian setiap pernyataan berikut dengan informasi yang terdapat di dalam cerita.

6. Berdasarkan teks tersebut, bagaimana karakter Ramin? Tuliskan satu bukti dari wacana untuk mendukung jawabanmu!

7. Pada paragraf terakhir, apa perasaan yang digambarkan oleh penulis tentang tokoh Ramin? Jawaban bisa lebih dari satu.

8. Dalam konteks cerita tersebut, apa yang dimaksud dengan kalimat Ramin membeku?

9. Dari konteks cerita tersebut, kejadian apa yang paling minimal harus ditambahkan penulis untuk melengkapi cerita tersebut?

Pengenalan situasi cerita
Penyelesaian konflik
Peningkatan masalah
Munculnya konflik
Puncak konflik

10. Mengapa penulis menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?

Selengkapnya untuk melihat kunci jawabannya silahkan lakukan simulasi online Soal AKM kelas 11 Melalui TAUTAN INI.

0 Response to "10 Butir soal akm kelas 11 2021 Beserta Kunci Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel