Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 8 Beserta Jawabannya

Sobat guru Bahasa Indonesia Jenjang SMP/Mts, Sebagai persiapan Awal pelaksanaan ANBK Tahun pelajaran 2021/2022, maka Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi contoh soal akm sebagai referensi untuk penyusunan Soal Bahasa Indonesia model AKM dengan materi literasi dan numerasi. Diharapkan beberapa contoh soal akm yang disajikan melalui laman ini dapat menjadi bahan belajar dalam mempermudah penyusunan soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum.

gambar SOAL AKM
bahasa indonesia
KELAS VIII

Berdasarkan modelnya, Soal AKM terdiri dari tiga materi utama yakni, Literasi, numerasi dan survei karakter. Salah satu ciri soal akm adalah adanya wacana atau stimulus dan jawabannnya terdapat dalam wacana tersebut.

Sebagai contoh pengembangan soal akm level 4 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 materi yang akan kita jadikan referensi adalah kompetensi dasar semester Ganjil yakni "Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya.".

Berikut stimulus soal akm mapel Bahasa Indonesia sebagai referensi sesuai dengan KD yang saya tuliskan diatas.

MENGGOSOK GIGI

Apakah dengan menggosok gigi semakin lama dan semakin keras gigi kita akan semakin bersih?

Peneliti dari Inggris menjawab tidak. Mereka sudah mencoba berbagai alternatif, dan akhirnya menemukan cara yang sempurna untuk menggosok gigi. Cukup menggosok gigi selama 2 menit, tanpa harus menggosok dengan keras, akan memberikan hasil terbaik. Menggosok terlalu keras akan membahayakan email gigi dan gusi kita tanpa melepaskan sisa makanan dan plak yang menempel di gigi kita.

Bente Hansen, seorang pakar di bidang menggosok gigi, mengatakan bahwa cara yang paling baik untuk memegang sikat gigi adalah seperti kita memegang pulpen. “Dimulai dari satu sudut dan gosok seluruh barisan gigi,” Jangan lupa menggosok lidah! Pada lidah biasanya terkandung banyak bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut

“Menggosok Gigi” adalah artikel yang diambil dari majalah Norwegia. Gunakan bacaan “Menggosok Gigi” untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

Contoh Soal 1

Artikel ini menceritakan tentang apa?

A. Cara terbaik untuk menggosok gigi.
B. Jenis sikat gigi yang terbaik untuk digunakan.
C. Pentingnya gigi yang sehat.
D. Perbedaan cara menggosok gigi.

Contoh Soal 2

Apakah yang direkomendasikan oleh peneliti dari Inggris ?

A. Menggosok gigi sesering mungkin.
B. Jangan pernah mencoba untuk menggosok lidah kita.
C. Jangan menggosok gigi terlalu keras.
D. Gosoklah lidah lebih sering dari menggosok gigi.

Contoh Soal 3

Mengapa pulpen dibahas pada bacaan di atas?

A. Untuk membantu kita mengerti cara memegang sikat gigi.
B. Karena kita memulai pada salah satu sudut menggunakan pulpen dan sikat gigi
C. Untuk menunjukkan berbagai cara untuk menggosok gigi.
D. Karena menggosok gigi harus kita lakukan secara serius seperti kita sedang menulis.

Oke sobat guru , itulah contoh soal AKM mata pelajaran bahasa indonesia level 4 kelas 7 dan 8 Jenjang SMP/Mts yang bisa guru-id bagikan. Semoga bermanfaat dan mempermudah.

Selanjutnya untuk contoh-contoh soal lainnya materi literasi dan numerasi bisa dilihat melalui file PDF Berikut ini (UNDUH PDF PENGEMBANGAN SOAL AKM).

Demikianlah informasi tentang "soal AKM bahasa indonesia" yang dapat disajikan. Jika ada soal-soal yang ingin dibagikan melalui blog ini, silahkan hubungi admin via kontak yang tersedia.

0 Response to "Soal AKM Bahasa Indonesia Kelas 8 Beserta Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel