Cara Download & Cetak KIP Online Siswa SD SMP SMA SMK

Bismillah, Pada kesempatan yang baik ini laman guru-id akan berbagi informasi tentang "kartu kip digital" yang sudah bisa di download dan dicetak melaui portal spintar pip kemdikbud. Sebagaimana kita ketahui bersama Kartu Indonesia Pintar merupakan bentuk pelaksanaan Program Indonesia Pintar yang menjadi program unggulan Presiden Joko Widodo. Kartu ini diresmikan bersamaan dengan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera pada 3 November. Bagi pembaca yang ingin mengetahui cara mendownload kartu kip digital ini, silahkan baca postingan ini hingga akhir.

Tambahan Wawasan

Sahabat pembaca, sekedar menuliskan kembali bahwa Kartu Indonesia Pintar adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, Sedangkan KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan .

Bagi siswa yang belum memiliki kartu KIP padahal siswa tersebut ekonomi keluarganya memang kurang mampu, maka bisa meminta bantuan sekolah.

Sekolah bisa mengusulkan siswa tersebut untuk mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar melalui Aplikasi dapodik. Selanjutnya aplikasi tersebut yang mengirimkan data siswa ke pusat layanan pendidikan.

Cara Download KIP Digital

gambar download kip online

Kembali ke topik yang akan kita bahas di laman ini. Kartu kip online ini dapat digunakan sebagai pengganti jika ada kartu siswa yang hilang.

Lebih tepatnya kartu ini adalah arsip Online. Selain itu juga siswa yang diusulkan sebagai penerima program indonesia pintar (PIP) melalui dapodik, kartu PIP akan diterbitkan melaui laman ini.

Selanjutnya berikut langkah-langkah mendownload dan mencetak kartu Indonesia Pintar siswa SD SMP SMA dan SMK.

👉 KLik link login ke portal PIP melalui alamat web berikut : https://pip.kemdikbud.go.id/session, selanjutnya pilih login sebagai Sekolah dan klik tombol login sso dapodik.

👉 Pada laman login sso dapodik, gunakan username dan password dapodik sekolah anda untuk masuk ke portal pip.

👉 Selanjutnya klik menu "kip digital" pilih Data siswa, kemudian cari nama siswa yang akan di download kip nya.

👉 langkah berikutnya klik tombol hijau "Cetak kip digital", browser anda akan membukan Tab baru yang berisi kartu kip yang akan di download.

👉 Klik tombol download warna hijau paling bawah, dan KIP siswa akan tersimpan otomatis di perangkat anda.

Cara Cetak KIP Online

👉 Sekedar memberitahukan, bahwa KIP digital ini dalam format JPG (foto). Sehingga agar hasil print nya bagus, disarankana agar teman-teman mencetaknya menggunakan kertas foto atau kertas khusus yaitu Kertas PVC ID.

👉 Selanjutnya siapkan printer dan hubungkan ke perangkat anda. Setelah KIP siswa di download, silahkan buka filenya. jika menggunakan kertas foto teman-teman bisa membuka filenya menggunakan aplikasi photosop atau paint.

👉 Klik perintah print di keyboard komputer yaitu tombol CTRL+P, pilih nama printer yang terhubung dan klik cetak. Semoga dipahami

4 Responses to "Cara Download & Cetak KIP Online Siswa SD SMP SMA SMK"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel