Cara mendaftar Bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran kemdikbud

Halo sobat pembelajar, Pada postingan kali ini guru-id akan berbagi informasi mengenai Bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran kemdikbud Bagi Penyelenggara Pendidikan Inklusif, bagi teman-teman yang belum mendaftar, ayo segera daftarkan diri anda untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Apa itu Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif?

gambar Bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran

Pendidikan inklusif merupakan jawaban atas kekhawatiran masyarakat global berkaitan lambatnya perkembangan pendidikan di negara-negara berkembang. Pada tahun 1990, Unesco melalui sebuah konferensi yang diikuti negara-negara yang peduli terhadap pendidikan dan organisasi-organisasi pendidikan internasional mendeklarasikan semboyan Education for All. Deklarasi ini adalah upaya untuk mengatasi krisis kependidikan di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia. Gerakan ini berupaya untuk memberi kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia untuk mendapatkan kesempatan dan layanan pendidikan yang sama.

Satu di antara empat tantangan hasil evaluasi Bappenas (2017) terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan sistem pendidikan inklusif adalah pendidik (guru). Tantangannya adalah guru di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif tidak cukup memiliki kompetensi untuk melakukan adaptasi kurikulum dan membelajarkan peserta didik berkebutuhan khusus, serta menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu Orientasi, Pelatihan, dan Pengimbasan.

Apa tujuan program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif?

👉Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang Desain Universal Pembelajaran (Universal Design for Learning / UDL).

👉Meningkatkan pemahaman dan memberikan pengalaman langsung kepada guru tentang pengisian instrumen Profil Belajar Siswa (PBS).

👉Meningkatkan pengetahuan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru tentang pembuatan perencanaan pembelajaran yang akomodatif dalam Setting Pendidikan Inklusif.

👉Meningkatkan pengetahuan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru tentang Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

👉Meningkatkan pengetahuan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru tentang Evaluasi dalam Setting Pendidikan Inklusif.

👉Memberikan pengalaman langsung kepada guru dalam mengikuti pelatihan daring.

Siapa saja yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif?

👉Peserta Pelatihan Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif sebagai berikut:

👉Guru dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK dan SLB (TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB).

👉Guru dan Kepala Sekolah yang terdaftar di DAPODIK dan SIMPKB.

👉Pengawas Sekolah yang terdaftar di SIM Tendik dan SIMPKB.

Jumlah peserta tidak dibatasi, peserta dipersilakan mendaftar dan mengikuti kegiatan pelatihan selama angkatan yang disediakan masih tersedia yaitu sebanyak delapan angkatan.

Jadwal Pelaksanaan

Berikut adalah jadwal pelaksanaan program berdasarkan tahapannya

Pendaftaran

Angkatan 1
4 - 10 September 2021

Angkatan 2
4 - 19 September 2021

Angkatan 3
4 - 28 September 2021

Angkatan 4
11 September - 7 Oktober 2021

Angkatan 5
20 September - 16 Oktober 2021

Angkatan 6
29 September - 25 Oktober 2021

Angkatan 7
8 Oktober - 3 November 2021

Angkatan 8
17 Oktober - 12 November 2021

Pelatihan

Angkatan 1
10 - 18 September 2021

Angkatan 2
19 - 27 September 2021

Angkatan 3
28 September - 6 Oktober 2021

Angkatan 4
7 - 15 Oktober 2021

Angkatan 5
16 - 24 Oktober 2021

Angkatan 6
25 Oktober - 2 November 2021

Angkatan 7
3 - 11 November 2021

Angkatan 8
12 -20 November 2021

Cara mendaftar

👉 Klik link berikut ini agar lebih mudah menuju laman pendaftaran bimtek : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-ppsppi/ kemudian klik mulai belajrar,

👉dilaman selanjutnya bila dimnita login segera login menggunakan akun guru belajar anda. selanjutnya cari Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif dan klik selengkapnya lalu klikt tombol Daftar

👉 PIlih Jadwal, dan klik lagi tombol Daftar, anda sudah berhasil mendaftar dan dapat mengikuti kegiatan tersebut sesuai jadwal yang dipilih.

0 Response to "Cara mendaftar Bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran kemdikbud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel