Coba ceritakan bagaimana Anda mengelola pembelajaran selama ini untuk mengakomodir keberagaman tersebut, termasuk jika terdapat PDBK di kelas, dan jelaskan apa yang menjadi tantangannya!

Halo sobat pendidik, ayo bagikan pengalaman anda mengajar dikelas. Sahabat Pendidik yang kami banggakan. Sebagai peserta bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif anda wajib menyelesaikan tugas berupa kuis/soal baik itu pre test maupun post test juga tugas-tugas lainnya. Salah satunya referensi jawaban kuis ketiga aktivitas 1 berbagi pengalaman berikut yang mungkin anda butuhkan referensi jawabannya. lihat jawaban dan pembahasannya di akhir ya.

Penambah Wawasan

Apa itu Universal Design for Learning (UDL) ?

Universal Design for Learning (UDL) atau desain universal untuk pembelajaran adalah sebuah kerangka pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam dan menekankan pada pembejalaran yang fleksibel, bermakna serta keterlibatan. UDL dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih efektif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (SPPI)

Materi pada modul ini membahas apa itu desain universal, implementasi desain universal untuk pembelajaran, konsep dasar UDL, definisi, tujuan dan prinsip-prinsip UDL. Peserta pun akan belajar melakukan pengumpulan data dan informasi terkait dengan potensi dan tantangan sekolah serta menganalisisnya guna mendukung implementasi UDL sesuai dengan pembelajaran di sekolah masing-masing..

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu Orientasi, Pelatihan, dan Pengimbasan.

SOAL DAN KUNCI JAWABAN

gambar jawaban Coba ceritakan bagaimana Anda mengelola pembelajaran selama ini untuk mengakomodir keberagaman tersebut, termasuk jika terdapat PDBK di kelas, dan jelaskan apa yang menjadi tantangannya!

"Coba ceritakan bagaimana Anda mengelola pembelajaran selama ini untuk mengakomodir keberagaman tersebut, termasuk jika terdapat PDBK di kelas, dan jelaskan apa yang menjadi tantangannya!"

. Referensi Jawabannya :

Dalam mengelola pembelajaran, saya mengidentifikasi peserta didik dengan memperbanyak diskusi atau tanya jawab. Dari kegiatan itu, saya mengetahui kekurangan dan kelebihan peserta didik. Memberikan waktu lebih banyak untuk membimbing peserta didik yang memiliki kekurangan dalam pembelajaran ataupun diluar pembelajaran akan memberikan efek positif terutama dari segi sosial dan emosional. Cara tersebut menurut saya sangat efektif untuk menumbuhkan semangat belajar peserta didik..

Catatan : Tanggapan ini akan diberikan poin penuh secara otomatis, tetapi dapat ditinjau dan disesuaikan setelah diserahkan.



Pembahasannya

pengelolaan pembejaran adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengoordinasi penyelenggaraan interaksi peserta didik, pendidik, dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

Menurut Sapon Shevin dalam Santoso (2012:28-30) yang menyebutkan bahwa terdapat OLPD SURøO SHPEHODMDUDQ GL NHODV LQNOXVL \DLWX 1) guru mempunyai tanggung jawab menciptakan suasana kelas yang menampung semua anak secara penuh dengan menekankan suasana sosial yang menghargai semua perbedaan; 2) pembelajaran tidak lagi berpusat pada pada kurikulum melainkan berpusat pada anak, dengan konsekuensi adanya interaktif, di mana siswa harus berpartisipasi dalam pembelajaran; 4) dalam pembelajaran guru berkolaborasi dalam sebuah tim, yaitu guru kelas dan GPK; 5) guru bekerjasama dengan orang tua dalam penyusunan program pembelajaran individual

Next : Jawaban Soal keempat kuis aktivitas 1 berbagi pengalaman Guru Belajar Pengelolaan Pembelajaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel