Jawaban berbagi pengalaman strategi Perencanaan Pembelajaran

Halo bapak ibu sobat pembelajar di portal guru belajar seri pengelolaan pembelajaran. Sudah sampai tahap berapa anda menyelesaikan tugas? semoga tugas anda bisa diselesaikan dengan baik ya. Baiklah pada postingan kali ini guru-id akan berbagi informasi mengenai referensi jawaban kuis berbagi pengalaman strategi Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif. Bagi sobat peserta bimtek yang membutuhkan referensi, berikut ini kami tuliskan.

Penambah Wawasan

Sobat Edukasi, Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu Orientasi, Pelatihan, dan Pengimbasan.

Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) idealnya selalu didasarkan pada hasil identifikasi dan asesmen sebelumnya. Hasil identifikasi yang berbeda dari satu peserta didik dengan peserta didik lainnya, menjadikan adanya kebutuhan yang berbeda sesuai dengan hambatan yang mereka miliki. Itulah esensi dari keberagaman peserta didik. Hal itulah yang menjadikan stimulus positif bagi guru untuk membuat beragam strategi pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didiknya yang keberagaman..

Strategi pelaksanaan pembelajaran yang akomodatif bagi keberagaman peserta didik, adalah implementasi pembelajaran yang didasarkan pada profil belajar siswa (PBS) dan dari RPP akomodatif yang yang telah Anda buat dengan menggunakan kerangka desain universal untuk pembelajaran atau Universal Design for Learning (UDL) yang telah dipelajari pada sesi-sesi sebelumnya. Strategi yang Anda gunakan ditujukan untuk mencapai tujuan belajar dan kebutuhan belajar PDBK dengan tetap memfasilitasi tercapainya tujuan belajar dan kebutuhan belajar peserta didik reguler pada umumnya

Kuis berbagi pengalaman strategi pembelajaran

GAMBAR berbagi pengalaman strategi Perencanaan Pembelajaran

Sobat guru yang kami banggakan, selanjutnya Pada bagian ini Bapak / Ibu diminta untuk berbagi dengan teman sejawat. Esensinya adalah untuk memperkaya wawasan Bapak / Ibu dan memberikan informasi penting dalam pembelajaran yang melibatkan PDBK di kelas/sekolah inklusif.

Soal pertama

"Jelaskan menurut anda apakah strategi pembelajaran yang anda laksanakan sudah mampu mengakomodasi keberagaman perserta didik di kelas anda? Jika sudah ceritakan faktor-faktor apa saja yang mendukungknya, dan jika belum jelaskan apa saja yang menjadi tantangannya?"

Referensi jawaban : strategi yang dilaksanakan belum secara optimal mengakomodasi keberagaman peserta didik kareana keterbatasan pengetahauan dan kemampuan guru, media, dan jumlah keberagaman dari peserta didik

Soal kedua

"Apakah dalam strategi pemebelajaran yang anda buat sudah dilakukan, menggunakan prinsip-prinsip UDL, jika sudah pada bagaian mana dan jelaskakan? Jika belum, menurut anda apa yang anda bisa lakukan agar prinsip-prinsip UDL tersebut bisa diimplementasikan dalam strategi pembelajaran yang anda buat?"

Referensi jawaban : Sudah sebagian menggunakan prinsip-prinsip UDL seperti :Multiple means of engagement. Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif (yaitu, mengapa kita belajar): Mempertimbangkan bagaimana melibatkan peserta didik guna merangsang minat dan memotivasi dalam belajar melalui kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif, permainan dan simulasi, nyata dan virtual.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan terkait dengan soal dan jawaban pada bimtek guru belajar seri pengelolaan pembelajaran. Semoga mempermudah.

0 Response to "Jawaban berbagi pengalaman strategi Perencanaan Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel