Latihan Soal IPS Kelas 7 8 9 Format AKM Beserta Kunci Jawabannya

Sahabat pendidik, pada postingan berikut akan dibagikan beberapa butir Inspirasi contoh soal ujian Yang diselenggarakan Oleh satuan pendidikan tingkat smp mata pelajaran ilmu pengetahuan Sosial (IPS). Bentuk Atau format soal ini menggunakan model Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Semoga dengan adanya informasi dari laman ini, teman-teman guru IPS lebih mudah mencari referensi tentang soal AKM IPS SMP tahun 2021.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bukanlah cabang dari ilmu-ilmu sosial, bukan pula cabang dari ilmu pendidikan, namun materi, bahan, atau isinya bersumber pada Ilmu-ilmu Sosial, dengan cara diseleksi, disederhanakan, dan digunakan untuk tujuan pendidikan. Sementara itu aspek pedagogisnya diturunkan dari disiplin ilmu pendidikan dan psikologi pendidikan (Somantri, 2001 : 89).

Dengan kata lain IPS bukan merupakan bidang keilmuan atau disiplin akademis, melainkan lebih merupakan suatu bidang pengkajian tentang gejala dan masalah sosial. Jadi IPS lebih bersifat praktis daripada akademis-teoretis. Titik pangkal kajiannya adalah realitas, gejala, dan masalah sosial sehari-hari yang lebih menghendaki pemecahan secara langsung dan mendesak. Tentu saja realitas sosial itu tidak pernah berwajah tunggal. Kenaikan harga sembako misalnya, bukan hanya semata-mata masalah ekonomi. Di dalamnya terdapat dimensi sosial, budaya, geografis, psikologis, bahkan politik.

Contoh butir soal IPS dengan format soal AKM

gambar soal akm ips kelas 8

Sesuai dengan judul postingan berikut laman guru-id tuliskan Contoh butir soal IPS kelas 7 8 9 dengan format soal AKM. Di akhir postingan anda dapat mengunduh filenya.

Teks/stimulus

Perhatikan gambar gerak semu matahari berikut!

"Berdasarkan gambar di atas, apabila Ani akan pergi ke Belanda pada bulan Desember, apa yang harus dipersiapkan Ani?"

A. Baju hangat/mantel, sepatu boot dan payung karena saat itu musim dingin
B. Baju tipis, topi, dan payung karena kemungkinan peralihan musim semi ke musim panas
C. Pakaian yang biasanya dipakai di Indonesia, topi, dan sepatu boot karena saat itu musim semi
D. Baju tipis, payung, dan sepatu boot karena pada saat itu di sana mengalami musim gugur

"Berdasarkan ilustrasi di atas di atas pilihlah jawaban “Benar atau Salah” terhadap pernyataan akibat penambangan pasir di wilayah tersebut!"



"Berdasarkan wacana di atas, temukan perubahan pada aspek ekonomi dan sosial sebagai dampak terjadinya letusan Gunung Merapi pada tahun 2010!"


"Berdasarkan wacana tersebut di atas jodohkan pertanyaan berikut dengan jawaban yang tersedia !"




"Berdasarkan wacana di atas mengapa tanam paksa menyebabkan terjadinya kelaparan, kematian, dan penduduk mengungsi dari Jawa Tengah?"


"Berdasarkan wacana, isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat!"

"a. Migrasi penduduk dari satu pulau ke pulau lain atau dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya disebut transmigrasi, pada masa penjajahan Belanda disebut dengan istilah ..."

"b. Pada masa Orde Baru transmigrasi bertujuan untuk meratakan penyebaran penduduk, tetapi pada masa penjajahan Belanda transmigrasi bertujuan untuk ..."


Stimulus

Sebagai "raja" minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dunia, perdagangan minyak sawit Indonesia-Uni Eropa telah dimulai sejak abad ke-18 didasarkan adanya kebutuhan masyarakat Uni Eropa akan CPO sebagai minyak nabati yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk olahan serta memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan minyak nabati lainnya. Namun, seiring meningkatnya konsumsi Uni Eropa terhadap CPO asal Indonesia dan secara langsung menurunkan konsumsi minyak nabati domestik, muncul berbagai permasalahan terkait supply dan demand minyak kelapa sawit, baik bersifat internal maupun eksternal.

"Berdasarkan wacana di atas pilihlah jawaban “Ya atau tidak” terhadap pernyataan tindakan yang harus diambil dalam mengatasi permasalahan sawit di Indonesia dengan melingkari salah satu pilihan untuk setiap pernyataan berikut!"



"Berdasarkan wacana di atas jelaskan dampak negatif perdagangan bebas bagi masyarakat Batam!"

Teks/stimulus

Andi lulusan SMA dengan nilai terbaik di sekolahnya. Karena keterbatasan biaya, andi tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Andi memiliki keterampilan dalam membuat vlog. Dia sering mengunggah aktivitasnya di media sosial. Disamping itu Andi juga memiliki keterampilan dalam memperbaiki sepeda motor

"Berdasarkan kasus tersebut, tindakan apa yang sebaiknya harus diambil Andi berdasarkan konsep ekonomi kreatif?"

A. Menjual HP yang dimilikinya untuk modal usaha
B. Mencari pekerjaan di bengkel-bengkel sesuai keterampilan yang dimiliki
C. Mengembangkan kemampuan sebagai vloger dengan mengunggah konten-konten menarik
D. Mencari pekerjaan dengan menggunakan ijazah SMA nya karena nilainya bagus

"Ani akan pergi ke Belanda pada bulan Desember, pada saat itu matahari berada pada posisi garis balik selatan. Apa yang harus dipersiapkan Ani?"

A. Baju hangat/mantel, sepatu boot dan payung karena saat itu musim dingin
B. Baju tipis, topi, dan payung karena kemungkinan peralihan musim semi ke musim panas
C. Pakaian yang biasanya dipakai di Indonesia, topi, dan sepatu boot karena saat itu musim semi
D. Baju tipis, payung, dan sepatu boot karena pada saat itu di sana mengalami musim gugur

Kunci Jawaban soal AKM IPS kelas 7 8 9

Selanjutnya untuk mendapatkan file lengkap kisi-kisi soal, kunci jawaban dan pembahasan serta rublik penilaian dan pedoman penskoran Soal-soal AKM diatas, teman-teman bisa menghubungi admin melalui tautan link dibawah ini.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel