Penjelasan Isian Terhitung Mulai Tanggal (TMT) Dapodik

Halo sobat data? semoga dalam keadaan sehat ya dan tetap semangat ya. Oke, pada postingan ini guru-id akan berbagi informasi mengenai isian terhitung mulai tanggal pada aplikasi dapodik. beberapa pertanyaan yang masuk ke inbox dari rekan-rekan ops ternyata masih banyak yang bingung dengan yang namanya "TMT", oleh karena itu tulisan singkat berikut diharapkan bisa memberikan pencerahan. Salam Literasi.

Terhitung Mulai Tanggal Dapodik

gambar TMT dapodik dan penjelasannya

👉 1. TMT Pengangkatan: Tanggal pada saat PTK tersebut diangkat sesuai dengan Status Kepegawainnya - Untuk PTK yang sudah PNS, lihat ke SK CPNS - Untuk yang lainnya misal status kepegawaian GTY, lihat ke SK GTY-nya

👉 2. TMT KGB: Tanggal pada saat PTK tersebut mendapat kenaikan gaji berkala yang berada pada rentang waktu semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 (silahkan tanyakan langsung pada PTK-nya, minta agar PTK melihat SK KGB-nya). KGB hanya diisi untuk yang berstatus PNS.

👉 3. TMT Sekolah: Tanggal pada saat PTK mulai bertugas di sekolah (yang datanya sedang diisi) - Untuk PTK yang sejak pertama diangkat (CPNS) menjadi guru, langsung di sekolah (yang datanya sedang diisi), TMT Sekolah=TMT CPNS - Untuk PTK PNS yang mutasi pindah tugas ke sekolah (yang datanya sedang diisi, lihat ke SK mutasi pindah tugas-nya - Untuk PTK yang bukan CPNS/PNS, Lihat SK-yang menyatakan PTK tersebut mulai bertugas disekolah (yang datanya sedang diisi)

👉 4. TMT Jabatan: Tanggal pada saat PTK tersebut jadi Guru atau jabatan lainnya (Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Tenaga Administrasi dll) . - Untuk PNS jabatan guru yang ketika diangkat pertama kali jadi CPNS, sebelumnya tidak pernah menjadi guru, Tanggal-nya sama dengan SK CPNS - kalau PTK jabatan guru tersebut sebelum diangkat CPNS pernah jadi guru-misal jadi guru GBS-tinggal lihat tanggalnya di SK GBS-nya - Untuk GTY/GTT dan lainya, sama tinggal lihat SK PTK tersebut dinyatakan sebagai guru - Untuk Jabatan yang lain, sama tinggal lihat SK-nya

👉 5. TMT PNS: Tanggal saat PTK ditetapkan sebagai PNS (silahkan tanyakan langsung pada PTK-nya, minta agar PTK melihat SK tentang Penetapan PNS-nya)

👉 6. TMT Pangkat Golongan: Tanggal saat PTK tersebut berada pada Pangkat/Golongan Terahir yang berada pada rentang waktu semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 (silahkan tanyakan langsung pada PTK-nya, minta agar PTK melihat SK Kenaikan Pangkat-nya).

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel