SOAL & JAWABAN NUMERASI UNTUK AKM JENJANG SMP TAHUN 2021

Bismillah, Sobat Edukasi terbaik, pada postingan kali ini, laman guru-id akan memberikan contoh soal asesmen numerasi jenjang SMP dilengkapi kunci jawaban beserta pembahasannya yang bersumber dari portal pusmenjar kemendikbud AKM. Soal-soal ini bisa menjadi bahan belajar ppeserta didik yang membutuhkan khususnya kelas 7 8 9 SD/Mi. Sebagaimana kita ketahui bersama Asesmen nasional akan dilaksanakan secara serentak mulai bulan oktober mendatang. Sehingga sudah saatnya memperkenalkan bentuk soal AKM numerasi kepada peserta didik yang akan menjadi calon peserta AKM. simak hingga akhir postingan ini agar teman-teman mendapatkan informasi yang bermanfaat di blog ini.

Selanjutnya Sekedar mengingatkan kembali bahwa , AKM Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh "soal asesmen Numerasi jenjang SMP KELAS 7 8 9" yang langsung guru-id tuliskan.

PELAJARI JUGA YUK : SOAL AKM NUMERASI SD BESERTA JAWABANNYA

Soal Wacana Pertama

Beberapa toko pakaian sedang memberikan diskon (potongan harga).

Tabel berikut menunjukkan daftar harga normal (sebelum diskon) dan diskon pada beberapa toko. Semua toko tersebut menjual barang yang sama

gambar Contoh Soal AKM Numerasi SMP Kelas 8 beserta Jawabannya

Ali ingin membeli sebuah celana dan sebuah baju di toko yang sama. Agar mendapat harga yang paling murah, di toko mana ia harus berbelanja?

Toko Jaya
Toko Andini Busana
Toko Selaras
Toko Bagus Fashion

Pernyataan-pernyataan berikut berkaitan dengan pembelian pakaian di toko Jaya. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!

✅Membeli 3 baju di toko Jaya dengan harga normal sama dengan membeli 4 baju dengan harga diskon.
Harga 1 baju setelah diskon di toko Jaya paling murah, demikian juga harga 1 baju dan 1 celana setelah diskon.
✅Besar diskon pembelian 2 baju dan 2 celana di toko Jaya sama dengan harga 1 baju setelah diskon di toko yang sama.

Berdasarkan wacana di atas, tentukan benar atau salah setiap pernyataan berikut! Berilah tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’ pada setiap pernyataan!

Gunawan ingin membeli 1 baju dan 1 celana. Uang yang ia miliki cukup untuk membeli di toko Jaya tanpa mendapat uang kembalian. Jika ingin mendapat uang kembalian sebesar Rp2.000,00, Gunawan harus belanja di toko

Jawabannya :

Harga 1 baju di toko Bagus Fashion (Rp72.000,00) Harga 1 celana di toko Andini Busana (Rp85.000,00) Harga 1 baju di toko Jaya (Rp60.000,00) Harga 1 celana di toko Selaras (Rp80.000,00)

Harga baju dan celana menjadi berbeda di setiap toko setelah dihitung dengan diskon. Pasangkan jenis barang dan nama toko pada kolom sebelah kiri dengan harga yang tepat setelah diskon pada kolom sebelah kanan!

Yuni memiliki uang Rp200.000,00 dan ingin membeli satu buah baju dan satu buah celana. Agar sisa uangnya paling banyak, di toko mana saja (baju dan celana boleh dibeli pada toko yang berbeda) ia harus membeli? Jika uangnya sisa, berapa rupiah sisa uangnya? Jelaskan jawabanmu!

Jawabannya :

Baju di toko jaya dan celana di toko bagus. sisa 65.000. jelas pada tabel bahwa baju dibeli di toko jaya karena menawarkan diskon terbesar (diskon 25% maka 75% dari 80.000 = 60.000) dan celana dibeli di toko bagus (75% dari 100.000 = 75.000) sehingga total 60 + 75 = 135.000 sisa 65.000.



Soal Wacana 2

Diagram berikut menunjukkan keadaan ketenagakerjaan Indonesia pada Agustus 2015 sampai dengan Agustus 2019.

Menurut Badan Pusat Statistik yang dimaksud dengan pengangguran terbuka adalah angkatan kerja yang sama sekali tidak mempunyai pekerjaan. Menurut Undang-Undang Tenaga Kerja tahun 2003 no 13 angkatan kerja berusia antara 15 tahun sampai dengan 64 tahun. Diagram garis menunjukkan rata-rata Tingkat Pengangguran Terbuka laki-laki dan perempuan dari Agustus 2015 sampai dengan Agustus 2019.

Manakah yang mungkin membuat rata-rata tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2017 akan naik dibanding data semula?

Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 65 tahun tidak tercatat.
Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 14-18 tahun tidak tercatat.
Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 67 tahun tercatat.
✅Pada saat pengambilan data, sekelompok orang yang tidak bekerja pada usia 18-20 tahun tidak tercatat.

Soal Wacana 3

Banu memiliki biskuit yang dimasukkan dalam sebuah stoples berbentuk tabung seperti tampak pada gambar 1. Dia berkeinginan untuk mengisi penuh stoples tersebut dengan biskuit sejenis, sehingga dia mengukur ukuran stoples dan biskuitnya seperti pada gambar 2 dan 3.

Ketika Banu pergi ke toko untuk membeli biskuit tersebut, harga 1 kemasan biskuit Rp6.000,00 dan ternyata dia tidak mengetahui banyak biskuit dalam 1 kemasan yang ada. Oleh karena itu, ia mengukur kemasan biskuit tersebut seperti pada gambar 4 berikut

Volume toples yang dimiliki Banu adalah 4224 cm2

Lebar kemasan 5 cm, di dalam kemasan terdapat sebuah wadah plastik berbentuk balok seperti gambar. Wadah tersebut digunakan untuk menjaga agar biskuit tidak mudah hancur. "Berapakah perkiraan yang tepat jumlah biskuit dalam 1 kemasan? Berikan penjelasanmu!"

Jawabannya :

12 panjang kemasan (19 cm) muat untuk 4 biskuit sedangkan tinggi kemasan muat untuk 3 biskuit sehingga perkiraan biskuit = 4 * 3 = 12 biskuit

Soal Wacana 4

Menentukan ukuran rumah yang ideal memang susah-susah gampang. Pada dasarnya, ukuran sebuah rumah harus disesuaikan dengan jumlah orang yang nanti akan tinggal di dalamnya. Berdasarkan berbagai pertimbangan tertentu seperti ruang gerak, furnitur, dan lain sebagainya, maka ukuran minimal masing-masing ruangan yang ideal bagi keluarga tersebut adalah sebagai berikut

Meski tidak harus sama persis, karena berkaitan dengan kondisi lahan yang dimiliki, contoh di atas setidaknya bisa menjadi gambaran bagi Anda saat merencanakan atau memutuskan untuk membangun rumah dengan ukuran ideal yang bisa dihuni oleh 2 hingga 5 orang.

Pak Ali membeli sebidang tanah yang luasnya 1 are. Pak Ali mengalokasikan 15 m2 dari tanah tersebut untuk dibuat halaman rumah. Pada lahan tersebut Pak Ali juga berencana akan membangun sebuah rumah yang akan dihuni bersama istri dan satu anak. Kriteria rumah yang ingin dibangun Pak Ali adalah sebagai berikut:

1. Pak Ali dan istrinya akan tidur di kamar tidur utama sedangkan anaknya tidur di kamar tidur anak.

2. Pak Ali tidak memiliki asisten rumah tangga sehingga tidak membuat kamar asisten rumah tangga.

3. Pak Ali tidak membuat kamar khusus tamu.

4. Pak Ali ingin membuat dua buah kamar mandi.

Apakah Pak Ali bisa membangun rumah yang ideal?

Ya, karena rumah ideal Pak Ali cukup membutuhkan lahan 82,5 m2.
Ya, lahan Pak Ali masih tersisa 10 m2 setelah membuat rumah ideal.
Tidak, karena rumah ideal Pak Ali memerlukan luas minimal 90 m2.
Tidak, lahan Pak Ali masih kurang 7,5 m2.

Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan. Semoga bermanfaat bagi satuan pendidikan yang sedang mencari referensi soal-soal AKM numerasi Tahun 2021. Salam edukasi.

0 Response to "SOAL & JAWABAN NUMERASI UNTUK AKM JENJANG SMP TAHUN 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel