Soal AKM SMP IPA Kelas 7 8 9 & Kunci Jawaban Level Hots LOts Mots

Pada postingan kali ini laman guru-id berbagi soal Akm IPA SMP yang bisa dijadikan uji coba referensi penyusunan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun pelajaran 2021/2022. Semoga contoh soal yang guru-id sajikan menjadi penambah wawasan pendidik yang mengunjungi blog ini.

Dikutip dari modul Inspirasi soal Ujian Mapel IPA kemdikbud. Tujuan umum pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah mengembangkan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan membangun sikap peduli dan tanggung jawab peserta didik terhadap lingkungan alam dan sosial. Pembelajaran IPA di SMP secara substansi digunakan untuk mengembangkan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu, penilaian/ujian dalam mata pelajaran IPA juga dilakukan dalam rangka untuk memastikan ketercapaian ketiga ranah tersebut. Dalam konteks ujian di akhir jenjang, untuk digunakan sebagai salah satu pertimbangan kelulusan peserta didik, yang diukur dalam mata pelajaran IPA adalah ketercapaian ranah pengetahuan dan keterampilan. Penilaian ranah sikap sudah dipandang cukup dengan menggunakan data yang diperoleh guru selama proses pembelajaran, baik melalui pengamatan yang dicatat di jurnal, penilaian diri, maupun penilaian antar tema.

Berbagai bentuk ujian dapat digunakan untuk mengetahui ketercapaian aspek pengetahuan dan keterampilan dalam mata pelajaran IPA. Bentuk-bentuk ujian tersebut, meliputi: portofolio, penugasan, tes tertulis, dan bentuk lainnya. Setiap bentuk ujian tersebut memiliki karakteristik seperti yang telah diuraikan pada Bab II. Pada Bab III ini fokus disajikan berbagai contoh/inspirasi butir soal untuk bentuk-bentuk ujian tersebut. Guru yang hebat bisa mengembangkan butir soal yang lebih bagus untuk keperluan ujian di sekolah masing-masing

Contoh Soal AKM IPA Kelas 7 8 9

gambar soal akm smp ipa dan jawabannya

Sahabat Pendidik Mapel IPA yang kami banggakan. Berikut ini disajikan contoh soal tes tertulis berbagai bentuk soal dan berbagai level kognitif yang dikembangkan dari sebuah konteks, dengan mengacu materi/topik yang berasal dari berbagai jenjang/kelas di SMP. Soal tersebut juga dilengkapi dengan rubrik penilaiannya. Namun sebelum disajikan contoh-contoh soal tes tertulis dan rubrik penilaiannya, perlu disajikan terlebih dahulu spesifikasi dari contoh-contoh soal tersebut

BUTIR SOAL

Petunjuk: Informasi Berikut Digunakan untuk Menjawab Soal Nomor 1 Sampai Nomor 3.

Panel Surya sebagai Sumber Energi Alternatif

Energi surya atau energi matahari adalah energi yang dihasilkan dengan mengubah energi panas matahari melalui peralatan tertentu (panel surya) menjadi energi dalam bentuk lain. Matahari merupakan sumber utama energi pada panel surya. Daya listrik yang dihasilkan bergantung pada intensitas cahaya matahari. Panel surya dapat mengubah energi matahari menjadi energi bentuk lain. Sistem kerja energi surya digambarkan sebagai berikut!

gambar panel surya

Energi matahari menjadi alternatif energi terbarukan karena merupakan suatu proses alam yang berkelanjutan. Kebanyakan sistem pembangkit listrik menggunakan turbin dan generator. Pembangkit listrik yang tidak menggunakan sistem turbin dan generator adalah pembangkit listrik tenaga Surya (karena menggunakan semikonduktor yaitu sel surya). PLTN dan PLTU biasanya menggunakan uap air untuk menggerakkan turbin uap, dilengkapi kondensor untuk mendinginkan uap air. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) menggunakan turbin gerak untuk mengkonversi energi gerak menjadi listrik yang berasal dari arus/aliran air. Sedangkan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) menggunakan sel fotovoltaik dan semikonduktor untuk menghasilkan listrik.

SOAL

"1. Pada panel surya, apakah yang mempengaruhi besarnya daya listrik pada siang hari lebih tinggi dibandingkan pada malam hari? Lingkari “Ya” atau “Tidak” untuk setiap pernyataan berikut."

">2. Berbagai perubahan bentuk energi yang dihasilkan oleh panel surya ditampilkan pada bagan berikut"

gambar bagan panel surya

"Isikan nomor energi berikut pada lingkaran yang terdapat pada bagan di atas."

1. energi bunyi
2. energi cahaya
3. energi kalor
4. energi kimia
5. energi listrik
6. energi surya

3. Perhatikan gambar berikut!

"Lakukan analisis kelebihan panel surya sebagai pembangkit listrik tenaga surya dibandingkan pembangkit tenaga lainnya, lengkapi jawabanmu dengan argumen!"

Petunjuk: Informasi Berikut Digunakan untuk Menjawab Soal Nomor 4 Sampai Nomor 6.

Sirkuit MotoGP

Sirkuit Chang Internasional terletak di Provinsi Buriram, Thailand. Jaraknya sekitar 392 kilometer dari Kota Bangkok. Sirkuit ini mulai dibuka pada 4 Oktober 2014 dan memiliki panjang lintasan 4.554 meter serta 12 tikungan. Sirkuit Internasional Chang memiliki kapasitas penonton sebanyak 50.000 orang. Sirkuit motoGP digambarkan berikut.

gambar sirkuit moto gp

"4. Pengaruh gaya terhadap gerak motor berikut yang benar adalah …."

A. Sesaat start (gaya mengubah kecepatan motor); pada posisi A (gaya mengubah kecepatan motor); pada posisi B (gaya mengubah arah gerak motor); pada posisi C (gaya mengubah kecepatan motor); dan pada posisi D (gaya menghentikan gerak motor).

B. Sesaat start (gaya menggerakkan motor diam); pada posisi A (gaya mengubah kecepatan motor); pada posisi B (gaya mengubah kecepatan motor); pada posisi C (gaya mengubah arah gerak motor); dan pada posisi D (gaya menghentikan gerak motor).

C. Sesaat start (gaya menghentikan gerak motor); pada posisi A (gaya mengubah kecepatan motor); pada posisi B (gaya mengubah arah gerak motor); pada posisi C (gaya mengubah kecepatan motor); dan pada posisi D (gaya menghentikan gerak motor).

D. Sesaat start (gaya menggerakkan motor diam); pada posisi A (gaya mengubah kecepatan motor); pada posisi B (gaya mengubah arah gerak motor); pada posisi C (gaya mengubah kecepatan motor); dan pada posisi D (gaya menghentikan gerak motor).

"5. Seorang pembalap melintas dengan kelajuan rata-rata 200 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan oleh pembalap tersebut untuk menyelesaikan satu putaran? (Catatan: Tuliskan langkah-langkahnya dan gunakan pembulatan dua angka di belakang koma.)"

"6. Perhatikan informasi tentang posisi pembalap pada lintasan motoGP dan kelajuan pembalap berikut!"

"Jika kelajuan rata-rata seorang pembalap dalam satu putaran adalah 200 km/jam, maka tentukan pasangan posisi pembalap dengan kelajuan rata-rata pembalap tersebut."

Petunjuk: Informasi Berikut Digunakan untuk Menjawab Soal Nomor 7 Sampai Nomor 9.

Kereta Tercepat di Dunia

Jepang telah mengembangkan kereta api tercepat dikenal dengan MagLev, merupakan singkatan dari MAGnetically LEVitated trains (kereta api magnet). Gambar berikut menunjukkan cara kerja elektromagnet pada kereta MagLev.

gambar cara kerja elektromagnet

Elektromagnetik terdapat pada lengan kereta yang mengitari jalur penuntun (guideway) dan pada bagian bawah jalur penuntun. Ketika arus lstrik dikirim ke elektromagnet (kumparan medan), elektromagnet akan berubah menjadi magnet. Gaya tarik magnetik terarah ke atas dari magnet induksi mengimbangi berat dari kereta sehingga kereta bergerak tanpa menyentuh rel atau jalur penuntun. Kereta Maglev mengambang kurang lebih 10 mm di atas rel magnetiknya. Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta. Pada saat kereta api dilevitasi, daya listrik diberikan ke kumparan di dalam dinding jalur pemandu/jalur penuntun (guideway) untuk membentuk suatu sistem unik medan magnet yang menarik dan mendorong kereta sepanjang jalur pemandu.

Arus listrik yang diberikan ke kumparan pada dinding jalur pemandu secara berganti-ganti mengubah polaritas kumparan magnet. Perubahan polaritas ini menyebabkan medan magnetik di depan kereta menarik kereta ke depan, sementara medan magnet di belakang kereta menambahkan gaya dorong ke depan. Kereta maglev mengambang di atas suatu lapisan udara sehingga menghilangkan gesekan. Tidak adanya gesekan serta rancangan aerodinamis kereta membuat kereta ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 500 kilometer per jam.

"7. Faktor yang menyebabkan kereta bergerak (menarik dan mendorong gerbong) adalah …."

a. arus listrik
b. magnet pada rel (jalur pemandu)
c. sistem medan magnet
d. induksi magnet

"8. Bagaimana sifat elektromagnetik menggerakkan kereta MagLev? Lingkari “Ya” atau “Tidak” untuk penjelasan berikut ini."

"9. Prinsip kereta MagLev memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km/jam (404 mpj) jauh lebih cepat dari kereta biasa. Mengapa pada saat melaju, kereta MagLev tidak menimbulkan suara berisik. Berikan dua alasannya!"

Petunjuk: Informasi Berikut Digunakan untuk Menjawab Soal Nomor 10 dan Nomor 11.

Fotosintesis

Arya sedang menyelidiki pengaruh intensitas cahaya matahari terhadap laju fotosintesis pada tanaman. Arya menanam tanaman dalam wadah kaca bening. Udara luar ditarik masuk melalui wadah dengan pompa kecil. Alat analisis gas digunakan untuk mengukur jumlah karbon dioksida dan oksigen di udara sebelum masuk dan setelah meninggalkan wadah.

gambar fotosintesis

"10. Ketika cahaya dipancarkan pada tanaman tersebut, bagaimana jumlah karbon dioksida dan oksigen pada udara yang meninggalkan wadah dibandingkan dengan jumlah karbon dioksida dan oksigen yang masuk wadah itu?"

"11. Perlakuan yang kedua, Arya melakukan tes dengan menggunakan sumber cahaya yang intensitasnya lebih rendah. Arya ingin membandingkan data gas yang dihasilkan oleh alat analisis gas dari kedua perlakuan tersebut."

"Tuliskan dua faktor yang dapat mempengaruhi laju fotosintesis yang harus Arya jaga tetap sama di kedua perlakuan tersebut."

Petunjuk: Informasi Berikut Digunakan untuk Menjawab Soal Nomor 12 dan Nomor 16

Indera Penciuman Lebah

Apakah lebah mempunyai indera penciuman? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Dr. Karl von Frisch melakukan penyelidikan dengan dua percobaan berikut.

Percobaan 1

Dr. von Frisch menyiapkan meja dengan 5 kotak kardus identik dengan penutup yang dapat dilepas. Setiap kotak memiliki lubang pintu kecil untuk lebah. Di dalam salah satu kotak, dia menaruh sepiring air gula wangi, yang telah diberi minyak wangi. Empat kotak lain dibiarkan kosong. Ketika lebah telah menjelajahi 5 kotak itu selama beberapa jam, Dr. von Frisch melihat bahwa mereka dapat dengan mudah menemukan kotak dengan air gula yang harum, bahkan ketika dia mengacak posisi kotak-kotak tersebut. Setelah masa pelatihan tersebut, Dr. von Frisch menyiapkan satu set kotak bersih (5 kotak kardus identik) yang baru. Dalam salah satu kotak, dia tidak menggunakan air gula apa pun kali ini, tetapi dia memberikan aroma di dalam salah satu kotak tersebut dengan minyak wangi yang sama seperti sebelumnya. Ternyata, lebah berdengung di sekitar pintu semua kotak, dan mereka hanya merangkak di dalam kotak dengan aroma pelatihan.

Percobaan 2

Dr. von Frisch melatih lebah untuk memasuki sebuah kotak yang beraroma minyak yang terbuat dari kulit jeruk Italia. Setelah lebah dilatih, Dr. von Frisch menyiapkan 24 kotak bersih. Dia memberikan aroma jeruk Italia pada salah satu kotak tersebut, dan 23 kotak yang lain diberi aroma dengan minyak yang berbeda. Dr. von Frisch kemudian mencatat berapa banyak lebah yang masuk dalam setiap kotak dalam lima menit.

Dr. von Frisch mengulangi percobaan dengan menggunakan 24 kotak lain yang identik, membandingkan 23 wewangian tambahan dengan wewangian yang dibuat dari jeruk Italia. Dari 48 kotak yang digunakan dalam dua kelompok, lima kotak yang menarik lebah terbanyak adalah sebagai berikut.

Kotak-kotak tersebut beraroma minyak dari buah jeruk, dan bagi penciuman manusia aroma tersebut baunya sangat mirip.

"12. Alasan utama Dr. von Frisch mengganti posisi kotak selama sesi pelatihan adalah ...."

a. untuk memungkinkan aroma menyebar ke seluruh meja
b. untuk menghilangkan pengaruh arah angin
c. untuk membuat lebah hanya mengandalkan indera penciuman
d. untuk memastikan lebah tidak bisa saling menuntun ke kotak yang benar

"13. Berdasarkan hasil Percobaan 1, kesimpulan berikut yang paling valid adalah...."

a. lebah mungkin memiliki indera penciuman
b. lebah mungkin tidak memiliki indera penciuman
c. lebah mungkin mengidentifikasi berbagai jenis bunga berdasarkan baunya
d. lebah mungkin tidak mengidentifikasi berbagai jenis bunga berdasarkan baunya

"14. Variabel respon dalam Percobaan 2 adalah …."

a. Jumlah lebah yang masuk kotak dalam lima menit
b. Ada tidaknya air gula di dalam kotak
c. Lama waktu lebah dihitung
d. Jenis aroma minyak dalam sebuah kotak

"15. Misalkan antena lebah dapat dilapisi dengan bahan yang mencegah udara mencapai mereka. Jika diyakini bahwa indera penciuman pada lebah berada di antena mereka, maka ide berikut ini yang dapat dilakukan sebagai pengujian adalah …."

a. Tangkap seekor lebah, lapisi salah satu antenanya, dan lihat apakah lebah tersebut dapat menemukan makanan pada bunga
b. Tangkap seekor lebah, lapisi kedua antenanya, dan lihat apakah lebah tersebut dapat menemukan makanan pada bunga
c. Latih seekor lebah untuk menemukan makanan dalam satu kotak beraroma (seperti dalam Percobaan 1), lalu lapisi salah satu antenanya, dan lihat apakah lebah tersebut masuk ke kotak baru dengan aroma yang sama
d. Latih seekor lebah untuk menemukan makanan dalam satu kotak beraroma (seperti dalam Percobaan 1), lalu lapisi kedua antenanya, dan lihat apakah lebah tersebut masuk ke kotak baru dengan aroma yang sama

"16. Perhatikan pernyataan berikut: “Lebah dapat mencium bau seperti halnya kebanyakan manusia.” Bagaimana bukti-bukti yang dikumpulkan dalam Percobaan 1 dan Percobaan 2 berhubungan dengan pernyataan tersebut?"

a. Bukti-bukti membuktikan bahwa pernyataan itu benar.
b. Bukti-bukti mendukung pernyataan tersebut tetapi tidak membuktikannya.
c. Bukti-bukti meragukan pernyataan itu tetapi tidak membantahnya.
d. Bukti-bukti membantah pernyataan itu.

Petunjuk: Informasi Berikut Digunakan untuk Menjawab Soal Nomor 17.

Pendulum

Perhatikanlah lima (5) buah gambar pendulum berikut.

gambar pandulum

"17. Misalkan Anda ingin melakukan eksperimen untuk mengetahui apakah perubahan panjang tali suatu pendulum mengubah jumlah waktu yang diperlukan bandul pendulum tersebut untuk berayun ke depan dan ke belakang. Pendulum manakah yang akan Anda gunakan untuk eksperimen tersebut?"

a. 1 dan 4
b. 2 dan 4
c. 1 dan 3
d. 2 dan 5

Alasan........................

Selanjutnya untuk melihat kunci jawaban dan pembahasan serta rublik penilaian dan pedoman penskoran Soal-soal AKM diatas, teman-teman bisa mengunduhnya melalui file tautan link dibawah ini.

DOWNLOAD KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL AKM IPA SMP

Jika file diatas tidak bisa di download, sobat guru bisa menghubungi saya melalui kontak yang tersedia di bawah laman ini.

0 Response to "Soal AKM SMP IPA Kelas 7 8 9 & Kunci Jawaban Level Hots LOts Mots"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel