soal UTS Atau PTS AKM kelas 5 Semester 1 Beserta Jawabannya

Halo sobat guru kelas 5 SD/Mi, pada kesempatan yang baik ini, laman guru-id akan memberikan contoh soal penilaian tengah semester (PTS) dalam bentuk AKM Materi literasi dan numerasi jenjang SD kelas 5 dilengkapi kunci jawaban beserta pembahasannya. Soal-soal ini bisa menjadi bahan belajar ppeserta didik yang membutuhkannya. Sebagaimana kita ketahui bersama Asesmen nasional akan dilaksanakan secara serentak mulai bulan oktober mendatang. Sehingga sudah saatnya memperkenalkan bentuk soal AKM numerasi kepada peserta didik yang akan menjadi calon peserta AKM. simak hingga akhir postingan ini agar teman-teman mendapatkan informasi yang bermanfaat di blog ini.

Sekedar mengingatkan bahwa , AKM Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Selanjutnya langsung saja, berikut contoh soal Ulangan Tengah Semester (UTS) jenjang SD yang langsung guru-id tuliskan.

SOal PTS Literasi

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur bisa membuat kita menjadi mudah marah dan tidak fokus dalam belajar. Kurang tidur juga akan membuat kita mudah lupa. Lingkaran hitam di bawah mata (biasa disebut mata panda) bisa timbul pada orang yang kurang tidur. Jam tidur manusia berbeda-beda. Anak kecil tidur lebih lama daripada orang dewasa. Salah satu cara agar tidur pulas adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur.

1. Apa yang menyebabkan mata kita terlihat seperti mata panda?

Jawaban : Mata terlihat seperti mata panda karena kurang tidur.

2. Penyakit apa yang dapat berlipat ganda jika seseorang tidur kurang dari lima jam per malam? Serangan jantung.
Diabetes.
Insulin.
Stroke

3. Apa tujuan penulis pada teks tersebut?

Menunjukkan kepada pembaca data rata-rata orang tidur per hari.
Memengaruhi pembaca untuk memiliki waktu tidur yang cukup.
Menjelaskan kepada pembaca cara untuk terhindar dari kurang tidur.
Menginformasikan pembaca pentingnya waktu tidur yang cukup.

4. Manakah pernyataan yang benar tentang manfaat tidur cukup bagi kesehatan? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Membantu kita untuk fokus dalam belajar.
Membuat kita lebih mudah mengingat sesuatu.
Menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.
Membuat kita lebih sabar dan tidak mudah marah.

5. Andi adalah seorang anak kelas 5 SD. Menurut artikel di atas, berapa lama waktu tidur yang diperlukan Andi setiap harinya? Mengapa?

Jawab : Andi perlu tidur selama 9--11 jam karena usia andi adalah usia anak sekolah. SOal PTS Numerasi

Gambar tersebut menunjukkan permen jeli tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdiri dari beberapa buah permen jeli dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen dijual dengan harga Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen dijual dengan harga Rp3.000,00.

(A) 6 tusuk masing-masing isi 3 permen

Ita membeli 2 tusuk permen jeli isi 5 dan 5 tusuk permen jeli isi 3. Ita membayar dengan 2 lembar uang sepuluh ribuan. Uang kembalian yang diterima Ita adalah ….

Adi mempunyai uang Rp12.000,00. Ia ingin membeli permen jeli seperti pada gambar untuk 2 adiknya. Supaya kedua adiknya mendapatkan permen sama banyak, maka permen apa saja yang harus dibeli Adi? Pilihlah semua pilihan jawaban yang benar!

6 tusuk masing-masing isi 3 permen
✅ 3 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen
2 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 3 tusuk masing-masing isi 3 permen

Surti mempunyai uang senilai Rp20.000,00. Ia ingin menggunakan uang tersebut sebanyak-banyaknya untuk membeli permen dan membagikan kepada 6 orang temannya sama banyak. Permen apa yang harus dibeli Surti? Berikan alasanmu!

Jawab

Versi 1: surti dapat memberikan permen jeli yang satu tusuknya isi 5 permen kepada 6 orang temannya. masing-masing temannya akan menerima satu tusuk dan uang surti akan bersisa 2.000 rupiah saja karena uang 20.000 rupiahnya sudah dibelanjakan 18.000 rupiah untuk membeli 6 tusuk permen jeli isi 5.

versi 2: surti dapat membeli 3 tusuk permen isi 5 dan 5 tusuk permen isi 3. total permen yang didapat 30 buah permen. masing-masing temannya akan mendapat 30/6 = 5 buah permen. uang surti akan bersisa 1000 rupiah saja karena sudah dibelanjakan 19000 rupiah.



Demikianlah informasi yang dapat guru-id bagikan. Semoga bermanfaat bagi satuan pendidikan yang sedang mencari referensi soal-soal PTS AKM Tahun 2021. Salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel