Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi

Sobat guru yang kami banggakan. Sebagai peserta bimtek Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif anda wajib menyelesaikan tugas berupa kuis/soal baik itu pre test maupun post test, seperti kunci jawaban soal keempat pada pre test berikut yang mungkin anda butuhkan jawabannya. lihat jawaban dan pembahasannya di akhir ya.

Penambah Wawasan

Apa itu Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif?

Pendidikan inklusif merupakan jawaban atas kekhawatiran masyarakat global berkaitan lambatnya perkembangan pendidikan di negara-negara berkembang. Pada tahun 1990, Unesco melalui sebuah konferensi yang diikuti negara-negara yang peduli terhadap pendidikan dan organisasi-organisasi pendidikan internasional mendeklarasikan semboyan Education for All. Deklarasi ini adalah upaya untuk mengatasi krisis kependidikan di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia. Gerakan ini berupaya untuk memberi kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia untuk mendapatkan kesempatan dan layanan pendidikan yang sama.

Satu di antara empat tantangan hasil evaluasi Bappenas (2017) terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan sistem pendidikan inklusif adalah pendidik (guru). Tantangannya adalah guru di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif tidak cukup memiliki kompetensi untuk melakukan adaptasi kurikulum dan membelajarkan peserta didik berkebutuhan khusus, serta menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu Orientasi, Pelatihan, dan Pengimbasan.

SOAL DAN KUNCI JAWABAN

gambar kunci jawaban Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi

"Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi"

Kunci Jawabannya : Tujuan Pembelajaran

Pembahasannya

Tujuan pendidikan inklusif antara lain untuk mengatasi keterbatas-an jumlah SLB dan SDLB yang telah ada (karena SLB dan SDLB hnya mampu mendidik 1% dari ABK usia sekolah) serta untuk mempercepat pencapaian program wajib belajar pendidikan dasar bagi ABK di Indonesia.

Next : Jawaban Soal kelima Pre test Guru Belajar Pengelolaan Pembelajaran

0 Response to "Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel