10 TIPS SUKSES BELAJAR DI KELAS ONLINE

Bukan rahasia lagi bahwa peralihan mendadak ke pengajaran online dapat membuat banyak siswa merasa kewalahan dengan keberhasilan akademis mereka.

Belajar dari rumah memiliki tantangannya sendiri, tetapi berikut adalah beberapa tips dan strategi yang direkomendasikan oleh anggota fakultas Teknologi Instruksional USF James Hatten, PhD, dan Sanghoon Park, PhD, untuk membantu Anda berhasil menavigasi transisi ke pembelajaran online.

Siapkan Diri Anda untuk Sukses dari Awal



gambar TIPS SUKSES BELAJAR DI KELAS ONLINE

1. Membangun lingkungan belajar yang produktif

Mengerjakan tugas dari posisi membungkuk dan streaming Netflix pada saat yang sama tidak ideal jika Anda bertujuan untuk menjadi produktif. Dr. Hatten, yang berspesialisasi dalam pengajaran dan pembelajaran online, merekomendasikan agar siswa memilih area di rumah mereka yang bebas dari gangguan umum.

"Sofa mungkin bukan tempat terbaik," kata Dr. Hatten. “Bangunlah dan pergilah ke suatu tempat di rumahmu yang bisa kamu jadikan tempat kerjamu.”

2. Tetapkan jadwal untuk menyelesaikan dan meninjau tugas

Mengerjakan tiga mata kuliah sekaligus dapat menyebabkan seseorang mengalami tingkat stres yang tinggi, tetapi hal ini dapat dihindari jika Anda mengalokasikan waktu tertentu untuk mengerjakan setiap kelas. Salah satu contoh yang Dr. Hatten bagikan adalah mengerjakan satu kelas antara jam 11 pagi sampai jam 3 sore. Jadwal ini memungkinkan siswa untuk membuat jenis struktur yang sering terlihat pada kelas tatap muka tradisional.

“Keyakinan saya adalah bahwa kebanyakan orang akhirnya menunda-nunda atau terlalu terlibat sehingga mereka tidak mau mematikan (komputer mereka),” kata Dr. Hatten. “Jadi, tentukan waktu tertentu.”

Seiring dengan waktu yang Anda sisihkan untuk menyelesaikan tugas, disarankan juga untuk mengatur waktu untuk memeriksa tugas untuk setiap kelas Anda sehingga Anda dapat mengatur agenda untuk setiap minggu. Dalam melakukan ini, Anda tidak akan lupa untuk menyerahkan sesuatu.

3. Carilah interaksi virtual dengan rekan-rekan Anda

Belajar dengan sekelompok teman di perpustakaan atau hanya menerima klarifikasi langsung dari teman sekelas jelas tidak mungkin selama waktu ini. Namun, membentuk interaksi virtual melalui platform seperti GroupMe atau Microsoft Teams adalah tindakan yang layak yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan rasa kolaborasi dan komunitas itu.

4. Gunakan strategi 'chunking' untuk membagi tugas

Istilah "chunking" mengacu pada mengambil tugas besar atau sejumlah besar informasi dan membaginya menjadi unit yang lebih kecil. Alih-alih menatap layar komputer selama tiga jam setiap kali, Dr. Hatten menyarankan agar para siswa “membagi” waktu mereka dengan mengikuti pola tertentu.

“Kerjakan satu kelas, temukan tugas, lalu beri hadiah pada diri sendiri di akhir,” kata Dr. Hatten. “Jadi, yang saya maksud adalah: Bangun, minum kopi, makan camilan, lari-lari, atau pergi selama setengah jam. Kemudian kembali dan lakukan bagian berikutnya.”

Temukan Cara untuk Tetap Termotivasi

Meskipun ada berbagai langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat rutinitas dan mempertahankan produktivitas, kadang-kadang kurangnya motivasi dapat muncul dan Anda mungkin merasa sulit untuk menyelesaikan tugas yang ada. Dr. Park, yang penelitiannya berfokus pada pengembangan intervensi motivasional untuk pembelajar online, menjelaskan mengapa tepatnya mahasiswa dapat mengalami hal ini.

“Kursus online pada dasarnya berarti Anda belajar terpisah dari yang lain,” katanya. “Perasaan bahwa Anda terisolasi dari rekan-rekan Anda dan bahkan instruktur Anda — jarak fisik dan emosional itu, menyebabkan banyak masalah motivasi.”

Dr. Park mendorong individu untuk pertama-tama mengenali ketika motivasi mereka rendah dan kemudian menentukan alasannya. Di bawah ini adalah beberapa strategi yang dia sarankan untuk digunakan siswa.

5. Cobalah untuk meningkatkan minat Anda pada pekerjaan

Mungkin ada saat-saat di mana Anda membahas tugas atau tugas yang tampaknya agak membosankan. Alih-alih mengabaikannya seiring berjalannya waktu, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mengubah tugas atau tugas menjadi sesuatu yang menarik. Menggunakan strategi ini berarti menggunakan imajinasi Anda untuk secara kreatif memodifikasi karya yang akan Anda buat.

6. Jadikan pekerjaan yang Anda lakukan online lebih signifikan secara pribadi

Anda mungkin mengalami kurangnya motivasi ketika Anda merasa tidak terhubung dengan tugas atau tugas yang diberikan. Dr. Park mendorong siswa yang dihadapkan pada perasaan ini untuk berpikir kritis tentang bagaimana tugas itu dapat berguna dalam membantu mereka di masa depan.

“Anda harus menemukan cara untuk menghubungkan tugas dengan apa yang Anda minati,” kata Dr. Park. “Jika Anda berada di tingkat pascasarjana, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan tugas atau tugas yang telah diselesaikan tersebut untuk presentasi konferensi.”

7. Bayangkan diri Anda berada di jalur menuju penguasaan subjek

Pembicaraan semacam ini dilakukan ketika Anda berpikir keras tentang tujuan yang ingin Anda capai. Percakapan dengan diri sendiri biasanya dapat dimulai seperti ini: Apa yang akan saya capai dengan menyelesaikan tugas ini?

Dr. Park membagikan contoh bagaimana menjawab pertanyaan ini dapat menghasilkan respons berkelanjutan yang dimulai dengan kredit yang Anda peroleh untuk tugas tersebut, kemudian nilai yang Anda terima dari mengikuti kursus dan akhirnya berakhir dengan mendapatkan pekerjaan impian yang akan Anda miliki setelah lulus .

“Berpikir seperti inilah yang membuat Anda mengatakan: Ini bukan sesuatu yang harus saya lakukan, ini adalah sesuatu yang perlu saya lakukan untuk mencapai tujuan saya,” kata Dr. Park.

Pertahankan Kerangka Pikiran Positif



8. Memecahkan Masalah Sendiri

Saat Anda menyesuaikan diri untuk bekerja online, penting untuk diingat bahwa sebagian besar pertanyaan dapat dijawab ketika Anda membaca instruksi dengan cermat dan ketika Anda mempelajari setiap modul dengan benar. Meskipun profesor siap untuk menjawab pertanyaan Anda, daripada mengirim beberapa email sepanjang hari untuk setiap masalah yang Anda hadapi, mungkin lebih produktif untuk terlebih dahulu mencoba menyelesaikan masalah sendiri melalui pencarian Google.

9. Fokus pada Perawatan Diri Anda

Sangat dapat dimengerti jika Anda perlu menjauh dari komputer selama beberapa jam atau jika Anda perlu mengambil satu hari untuk tidur. Meluangkan waktu untuk pulih diperlukan dan Anda tidak boleh merasa buruk tentang hal itu.

10. Memiliki Kasih Sayang untuk Orang Lain

Ingatlah bahwa orang-orang di mana pun sedang mengalami banyak pengalaman yang sama seperti Anda saat ini. Bersabarlah terhadap mereka yang mungkin tidak tahu cara mengatur obrolan video atau yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan "normal baru" ini.

Ditulis : Jessenia Rivera
Editor : Abu Athifa
referensi : usf.edu

0 Response to "10 TIPS SUKSES BELAJAR DI KELAS ONLINE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel