Bimtek Guru Belajar seri Literasi dan Numerasi beserta Jadwal Pendaftaran

Sahabat edukasi, Kemendikbud kembali menghadirkan program yang bernama guru belajar dan berbagi seri literasi dan numerasi. Untuk memahami apa maksud dan tujuan program ini. Baca hingga akhir postingan yang guru-id sajikan pada laman ini. Salam literasii.

Dikutip dari portal guru belajar dan berbagi , Program Seri Literasi dan numerasi ini diharapkan memberikan sebuah solusi untuk guru yang ingin meningkatkan kemampuan dalam Literasi (membaca dan menulis) dan Numerasi (Kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari).

Apa itu program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi?

gambar Program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi

Lebih lanjut lagi, program ini dibuat untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas seseorang agar memiliki kualitas hidup yang tinggi di dalam suatu masyarakat. Untuk itu harus dimulai dari peningkatan keterampilan literasi dan numerasi bagi para pendidik diantaranya adalah melalui kegiatan bimbingan teknis peningkatan literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi. Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan mampu menambah dan bahkan mendongkrak pengetahuan, wawasan, cara pandang, sikap dan perilaku kreatif, kritis, dan inovatif, serta kolaboratif para pendidik merespon tantangan kekinian. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para pendidik dari bimbingan teknis ini akan meningkat pesat apabila diimbangi keinginan dan kemauan yang kuat, dengan belajar mandiri yang dilakukan di luar bimbingan teknis. Apapun yang didapat akan bermanfaat penuh dan berdampak positif terhadap sesama pendidik jika dikembangkan dalam platform berbagi di antara pendidik.

Apa tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi?

Adapun tiga tujuan utama program tersebut guru-id tuliskan di laman ini.

1. Meningkatkan kemampuan dasar literasi dan numerasi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

2. Mampu mengaplikasikan kemampuan literasi dan numerasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri.

3. Meningkatkan kemampuan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam berpikir logis, sistematis dan di luar kebiasaan untuk memahami berbagai persoalan hidup, memecahkan kendala dan tantangan yang dihadapi, serta mengembangkan gagasan, potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Siapa yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Literasi dan Numerasi?

Sasaran program pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi adalah :

  • Guru
  • Kepala Sekolah
  • dan Pengawas Sekolah

di jenjang SD dan SMP di Indonesia maupun guru yang berada di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) terutama guru-guru di sekolah penggerak yang akan berperan sebagai peserta yang diharapkan mampu menjelaskan praktik baik tentang pengembangan aktivitas atau kegiatan yang mendorong peningkatan literasi dan numerasi di sekolah dalam bentuk artikel, video, infografis, dan lain-lain yang dapat menjadi inspirasi serta rujukan bagi guru di seluruh Indonesia.

Jadwal Pelaksanaan seri Literasi dan Numerasi

Selanjutnya Berikut Adalah Jadwal Pelaksanaan Program Berdasarkan Tahapannya

1. Jadwal Pendaftaran Serentak (Semua Angkatan) 2 November - 28 Desember 2021

2. Jadwal Pelatihan

Angkatan 1
9 - 15 November 2021

Angkatan 2
16 - 22 November 2021

Angkatan 3
23 - 29 November 2021

Angkatan 4
30 November - 6 Desember 2021

Angkatan 5
7 - 13 Desember 2021

Angkatan 6
14 - 20 Desember 2021

Angkatan 7
21 - 27 Desember 2021

Angkatan 8
28 Desember 2021 - 3 Januari 2022

Cara mendaftar seri literasi dan numerasi

Informasi berikut sekaligus menjadi penutup postingan ini. Selanjutnya cara mendaftar program ini sama seperti pendaftaran program guru belajar dan berbagi seri-seri sebelumnya.

Langkah pertama, guru, kepala sekolah, dan pengawas login ke portal guru belajar dan berbagi menggunakan akun sim pkb. Alternatif lain bisa login menggunakan akun belajar.id jika sudah ditautkan. Link login : https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

Berikutnya klik tombol masuk di pojok kanan atas, pada beranda utama pilih "seri literasi dan numerasi" selanjutnya klik Selengkapnya.

Langkah berikutnya klik mulai belajar, lalu klik lagi sleengkapnya. Jika pendaftaran sudah dibuka akan tampil tombol daftar.

Silahkan pilih jadwal angkatan sesuai keingingan anda, kemudian klik lagi daftar. Selesai

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Bimtek Guru Belajar seri Literasi dan Numerasi beserta Jadwal Pendaftaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel