Daftar Siswa Penerima PIP Tahun 2021, Cek ke Sekolah, Tahap 7 dan 17 Sudah Cair

Melalui postingan ini guru-id ingin memberikan informasi tentang cara mengetahui nama penerima bantuan PIP tahun 2021. Jika menurut anda informasi ini bermanfaat, yuk baca postingan ini hingga akhir.

Cerita Operator PIP

Teng nong Neng, suara ponselku berdering menandakan ada pesan WA yang masuk. Aku mengusap layar ponselku dan kulihat notifikasi yang tampil dilayar ponsel, ternyata pesan itu dari pimpinanku.

Sengaja belum kubalas, karena sedang bersiap-siap untuk pulang kerumah. Perjalanan yang kutempuh dari sekolah tempatku bekerja tidak begitu jauh, biasanya waktu yang diperlukan kurang lebih 30 menit menggunakan sepeda motor.

Singkat cerita, sesampainya dirumah dan beristirahat sejenak aku membuka ponselku dan kulihat ternyata isi pesan tadi mengenai data siswa penerima PIP yang belum aktivasi nomor rekeningnya ke bank penyalur.

Data tersebut merupakan siswa penerima bantuan PIP tahap 7 dan 11 tahun 2021. Ini memang salah satu tugasku sebagai operator sekolah, tapi karena ada beberapa pekerjaan lain yang belum kuselesaikan, maka pekerjaan ini terlupakan.

Malamnya sekitar pukul 21.30, Aku membuka laptop dan menyalakannya. kemudian mulai melihat data-data siswa yang belum aktivasi rekening melalui portal pip kemendikbud.

Ternyata ada 68 siswa penerima PIP yang belum aktivasi rekening ke BANK. Aku segera mengunduh datanya dan kukirimkan ke pimpinanku sekaligus ini menandakan aku menanggapi chat beliau tadi siang. Tapi karena sudah larut malam, ternyata whats app beliau sudah tidak aktif lagi.. hehehe

Aku juga mengirimkan data tersebut ke wali kelas berharap informasi ini cepat sampai kepada siswa penerima PIP tersebut.

Dengan begitu, aku sedikit lega karena salah satu pekerjaanku sebagai operator PIP hampir selesai.

Cek Penerima PIP

Bagi para orangtua atau guru yang ingin mengetahui apakah anaknya termasuk penerima PIP atau tidak, bisa mengeceknya secara mandiri melalui web pip kemendikbud.

Langkah-langkahnya sangat mudah. berikut saya tuliskan agar mudah dipahami.

👉1. klik link cek penerima PIP 2021 berikut : https://pip.kemdikbud.go.id/home boleh lewat Ponsel, bisa juga lewat Laptop. Yang penting perangkat anda terhubung dengan Internet.

👉2. Pada halaman "cari penerima PIP" masukkan NISN, tanggal lahir dan nama ibu kandung lalu klik tombol "Cari", jika data yang dimasukkan benar dan siswa tersebut terdaftar sebagai penerima PIP, maka datanya akan ditampilkan.

Cara Mencairkan Dana PIP

👉 Untuk pencairan Bantuan PIP, bisa dilakukan mandiri juga bisa kolektif dari sekolah. Pencairan PIP secara mandiri wajib membawa persyaratan dokumen berikut ke bank penyalur :

  1. Photo Copy KTP Orangtua/Wali Siwa
  2. Surat Keterangan/Pengantar Kepala Sekolah
  3. Buku Tabungan Penerima PIP sesuai SK Penerima PIP yang sudah diaktivasi BANK penyalur
  4. Photo copy Kartu Keluarga
  5. Lembar Depan Biodata Rapor Siswa (Sesuai syarat dari bank penyalur setempat)
  6. Membawa SK penerima PIP yang bisa diminta dari pihak Sekolah (operator PIP)


Belum aktivasi rekening

👉 Bagi siswa yang belum aktivasi rekening, agar segera ke bank penyalur membawa dokumen diatas. Setelah aktivasi rekening baru dana PIP tersebut dapat dicairkan.

Download SK Penerima PIP

gambar siswa penerima pip 2021

Sesuai judul posting dan dari cerita operator PIP diatas, berikut guru-id bagikan juga panduan pemula untuk operator pip yaitu Cara Cetak SK Siswa penerima PIP Tahun 2021 baik siswa yang sudah aktivasi maupun siswa yang belum aktivasi rekening ke bank penyalur.

👉 1. Login ke portal pip kemendikbud melalui link berikut : https://pip.kemdikbud.go.id/session

👉 2. pada laman login, ada dua opsi yaitu login dengan NPSN dan SSO. jika teman-teman memilih login menggunakan NPSN maka perlu masuk menggunakan NPSN dan kode registrasi Dapodik. Tapi jika menggunakan SSO, gunakan akun dapodik untuk login ke web PIP

👉 3. Login sebagai : Pilih Sekolah. Kemudian pilih salah satu opsi login. (misal: Login SSO Dapodik).

👉 4. Setelah berhasil, masuk ke dashboard pip kemdikbud, klik menu "siswa SK pemberian" untuk mencetak SK terbaru, pilih tahun, tahap dan status pilih semua.

👉 5. Selanjutnya klik tombol Download, file excel SK penerima PIP akan terdownload otomatis.

👉 6. Untuk melihat siswa yang belum aktivasi rekening, silahkan klik menu "Siswa NOminasi" pilih tahun, tahap dan status pilih semua

👉 7. Selanjutnya klik tombol Download, file excel SK Siswa nominasi belum aktivasi rekening akan terdownload otomatis.

0 Response to "Daftar Siswa Penerima PIP Tahun 2021, Cek ke Sekolah, Tahap 7 dan 17 Sudah Cair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel