Latihan Soal teknis pppk SD terbaru Bagian 3

Halo sahabat Pejuang NI PPPK. Pada postingan ini guru-id akan berbagi Bagian tiga Lanjutan Soal Kompetensi Teknis PPPK 2021 dilengkapi kunci jawaban beserta pembahasannya. Sebagaimana kita ketahui bersama, Seleksi kompetensi PPPK Honorer 2021 menggunakan Computer assisted test (CAT) dan wawancara berbasis komputer.

Pada seleksi kompetensi PPPK tahap 2 menggunakan CAT, setiap peserta bakal diberi 100 soal Kompetensi Teknis, 25 soal kompetensi manajerial dan 20 soal soal kompetensi sosio kultural. Sedangkan tes wawancara 10 soal berbasis komputer.

Dengan alokasi waktu 120 menit untuk kompetensi teknis, 40 menit kompetensi manajerial dan kompetensi sosio kultural dan 10 menit wawancara berbasis komputer.

Soal Teknis Bagian 3

gambar soal teknis pppk sd terbaru

Bahan soal kami dapatkan dari FR soal PPPK tahap 1. Bila ada kekurangan kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

Disclaimer : Soal yang ada disini adalah soal pengembangan kompetensi teknis yang telah di ceritakan dari teman teman peserta dan bukan soal Asli.

1. Perhatikan teks berikut ini!

Dari teks di atas, tim X yang terdiri dari Joko, Leno, Sapri dan Dwi mengikuti lomba estafet tipe B dan Leno adalah pelari pertama dan sudah menyerahkan tongkatnya kepada budi.

a. 200 m
b. 300 m
c. 4800 m
d. 1200 m
e. 800 m

2. Anton mengelilingi halaman 3 kali yang berbentuk persegi, luas halaman 289 m2. Jarak yang ditempuh anton adalah....

A. 204 m
B. 96 m
C. 68 m
D. 289 m
E. 51 m

3. Perhatikan teks di bawah ini!

Deni, Rudi dan Siska adalah 3 bersaudara yang terkenal cerdas dalam membelanjakan uang jajannya. Mereka selalu membeli barang sesuai dengan kebutuhannya. Prinsip hemat tersebut sudah tertanam pada dirinya sejak kecil. Misalkan saja kemarin sore Deni berbelanja di Toko Mekar bersama kedua saudaranya, ia membeli 2 pensil dan 1 penghapus seharga Rp 7.000,00. Sementara Rudi hanya membeli 3 pulpen dan dua pensil seharga Rp. 7.000. Siska membeli 5 pulpen dan 2 penghapus seharga Rp. 11 000,00.

Perilaku hidup hemat yang dilakukan Deni, Rudi dan Siska termasuk pengamalan pancasila sila ke ....

a. I
b. II
c. III
d. IV
e. V

4. Perhatikan teks di bawah ini!

Deni, Rudi dan Siska adalah 3 bersaudara yang terkenal cerdas dalam membelanjakan uang jajannya. Mereka selalu membeli barang sesuai dengan kebutuhannya. Prinsip hemat tersebut sudah tertanam pada dirinya sejak kecil. Misalkan saja kemarin sore Deni berbelanja di Toko Mekar bersama kedua saudaranya, ia membeli 2 pensil dan 1 penghapus seharga Rp 7.000,00. Sementara Rudi hanya membeli 3 pulpen dan dua pensil seharga Rp. 7.000. Siska membeli 5 pulpen dan 2 penghapus seharga Rp. 11 000,00.

Bentuk persamaan atau pertidaksamaan yang tepat untuk permasalahan pada teks di atas adalah....

a. 5c + 2b = 3c + 5a
b. 5a + 2b = 8c + 4a
c. 2a + b < 2c + b
d. 4a + 5c < 2a + 3b
e. 3c + 2a = 3c + 2b

5. Perhatikan gambar ilustrasi berikut!

Persamaan yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi diatas adalah...

a. a + b > c
b. a + b < c
c. 2a + b < a + c
d. 2a + b = a + c
e. c = a + b

6. Pernyataan yang tepat untuk menggambarkan ilustrasi diatas adalah...


a. berat dua kubus dan 1 kerucut sama dengan berat 1 bola dan 1 kubus
b. berat 1 kubus dan 1 kerucut lebih berat dari 1 bola dan 1 kubus
c. berat 2 kubus dan 1 kerucut lebih ringan dari 1 bola dan 1 kubus
d. berat 1 kubus dan 1 kerucut lebih berat dari 1 bola
e. berat 1 kubus = berat 1 bola = berat 1 kerucut

7. Urutan kejadian pemberontakan yang pernah terjadi paska kemerdekaan Indonesia adalah...

a. PKI Madiun , RMS maluku, G30s PKI
b. APRA, Karto Suwiryo, G30s PKI
c. PRRI , RMS Maluku, permesta
d. RMS Maluku, Andi Aziz, Permesta
e. PKI madiun, RMS Maluku, Andi Aziz

8. Perhatikan teks di bawah ini!

Terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat ini dilandasi ketidakpuasan dari Kartosoewirjo terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. Waktu itu, kemerdekaan RI dibayang-bayangi kehadiran Belanda yang masih ingin berkuasa atas Indonesia. Di awal tahun 1948, terjadi pertemuan antara SM Kartosoewirjo dengan Panglima Laskar Sabilillah dan Raden Oni Syahroni. Pertemuan ini terjadi lantaran ketiga tokoh tersebut menentang adanya Perjanjian Renville. Mereka menganggap perjanjian tersebut tidak melindungi warga Jawa Barat. Kartosoewirjo lantas mengubah penolakannya dengan membentuk negara Islam yaitu Negara Islam Indonesia (NII) yang dipimpin oleh dirinya sendiri Dicetusnya NII ini menjadi bentuk protes dari Kartosoewirjo kepada Belanda sekaligus untuk Indonesia yang mereka anggap terlalu lemah

Dari ilustrasi di atas merupakan pelanggaran Pancasila sila ke ...

a. I
b. II
c. III
d. IV
e. V

9. Kontribusi pemerintah mengenai kesehatan pada alenia keempat

Peran pemerintah terhadap warga negaranya dalam menjalankan pemerintahan salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan publik. Salah satu pelayanan publik tersebut adalah pelayanan kesehatan. Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan program jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan adalah bagian dari JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang merupakan kebijakan pemerintah di bidang kesehatan dan bertujuan mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan kesehatan yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. JKN merupakan bagian dari Sistem jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan melalui mekanisme asuransi yang sifatnya wajib berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN.

Dari teks di atas Program BPJS yang merupakan bentuk jaminan pemerintah terhadap kesehatan warga negara. Hal tersebut sesuai dengan realisasi tujuan negara yang termuat dalam pembukaan UUD 1945 yaitu....

a. Mencerdaskan kehidupan bangsa
b. Melaksanakan ketertiban dunia
c. Memajukan kesejahteraan umum
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
e. Melindungi segenap bangsa indonesia

10. Perhatikan grafik berikut!


Pernyataan yang benar berdasarkan diagram pertumbuhan klaim BPJS diatas adalah...

a. Pertumbuhan klaim BPJS tertinggi terjadi pada tahun 2019 dikarenakan banyaknya pengguna klaim yang tak ber gaji tapi membutuhkan pengobatan penyakit berbiaya mahal.

b. Klaim BPJS tahun 2019 meningkat hampir 3 kali dari klaim BPJS tahun 2014

c. Kenaikan Pertumbuhan klaim BPJS tertinggi terjadi pada periode tahun 2015 ke 2016

d. Klaim BPJS terjadi penurunan signifikan antara 2018 ke 2019

e. Tahun 2016 ke tahun 2017 terjadi penurunan klaim BPJS

11. Masa benda 20kg dikenai gaya 50N. Maka percepatannya adalah...

a. 1000 m/s2
b. 30 m/s2
c. -30 m/s2
d. 2,5 m/s2
e. 0,4 m/s2

12. Andi, Anto dan Arman bersama sama mendorong gerobak dengan arah yang sama masing masing 10N, 5N, dan 20N . Ketiga saudara tersebut dapat memindahkan benda 70 Kg maka percepatan gerobak tersebut adalah...

a. 2 m/s2
b. 0,5 m/s2
c. 35 m/s2
d. 10 m/s2
e. 5 m/s2

13. Andi, Anto dan Arman bersama sama mendorong gerobak dengan arah yang sama masing masing 10N, 5N, dan 20N . Ketiga saudara tersebut dapat memindahkan benda 70 Kg dengan percepatan gerobak tersebut adalah 0,5 m/s2. Jika ketiga saudara tersebut dapat memindahkan benda dengan percepatan 2 m/s2 maka masa benda yang dipindahkan adalah

a. 12,0 kg
b. 17,5 kg
c. 22,5 kg
d. 27,5 kg
e. 35 kg

14. Perhatikan langkah langkah berikut!

  1. Tambahkan tepung terigu dan baking powder ke dalam wadah bergantian dengan minuman soda sedikit demi sedikit sembari terus dikocok.
  2. Ayak tepung terigu dengan baking powder.
  3. Masukkan gula pasir, telur, dan emulsifier ke dalam wadah (mangkuk) kemudian di kocok
  4. Tuang adonan putih pada cetakan lalu tambahkan sedikit adonan coklat.
  5. Kukus kue selama 20 menit atau hingga mengembang.
  6. Diamkan pada suhu ruangan selama 5 menit, lalu lepas kue dari cetakannya Ambil adonan dan masukkan pada wadah lain lalu tambahkan pasta coklat.
  7. Tambahkan pasta vanilla pada adonan satunya.
  8. Siapkan cetakan kue bolu kukus lapisi dengan kertas kue bolu kukus.

Prosedur pembuatan kue bolu yang benar adalah...

a. 2,3,1,6,7,8,4,5
b. 2,3,1,6,7,8,5,4
c. 2,3,1,6,7,4,8,5
d. 2,3,1,6,8,7,4,5
e. 2,3,1,7,6,8,4,5

15. Terdapat 3 oven yaitu oven A, B, dan C. Oven A dapat memproduksi 10 kue dalam waktu 1 jam. Oven B dapat memproduksi 15 kue dalam 1 jam dan oven C dapat memproduksi 20 kue dalam waktu 1 jam. Jika ketiga oven digunakan bersama sama dalam 3 jam. Maka banyaknya kue yang diproduksi adalah...

a. 135 kue
b. 45 kue
c. 155 kue
d. 145 kue
e. 150 kue

16. Oven A dapat menyelesaikan seluruh pemesanan kue dalam waktu 12 jam, dengan kecepatan produksi 700 kue/jam. Sementara jika pekerjaan tersebut dikerjakan Oven B maka hanya butuh waktu 7 jam. Kecepatan produksi oven B adalah....

a. 900 kue/j am
b. 65 kue/jam
c. 850 kue/jam
d. 1200 kue/jam
e. 1400 kue/jam

17. Hasil penilaian pada KD : membandingkan perubahan energi yang terjadi pada berbagai pembangkit listrik” diperoleh data semua peserta didik sudah mencapai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang ditetapkan. Semua peserta didik kelas V sudah memenuhi ketuntasan belajar. Yang harus dilakukan Pak Kadi sebagai guru IPA pada kasus ini adalah...

a. Mengadakan pengayaan materi perbandingan perubahan energi yang terjadi pada berbagai pembangkit listrik untuk semua peserta didik.

b. Mengadakan pengayaan materi perbandingan perubahan energi yang terjadi pada berbagai pembangkit listrik untuk peserta didik diatas rata rata.

c. Mengadakan remidial materi perbandingan perubahan energi yang terjadi pada berbagai pembangkit listrik untuk beberapa indikator yang masih lemah

d. Mengadakan remidial materi perbandingan perubahan energi yang terjadi pada berbagai pembangkit listrik untuk semua indikator agar semua peserta didik dapat optimal hasil belajarnya.

e. Melanjutkan materi pembelajaran berikutnya

18. Perhatikan langkah langkah pembuatan bubur kacang hijau berikut!

  1. Kacang hijau yang sudah direndam selama 1 jam kemudian rebus dengan 1 L air hingga matang dan empuk. Sisihkan.
  2. Rebus kembali kacang hijau dan masukkan pula daun pandan dan santan. Aduk hingga rata.
  3. Masukan jahe dan juga garam. Aduk hingga rata. Aduk hingga santan berbusa.
  4. Bubur kacang hijau siap dinikmati selagi hangat.
  5. Rebus gula merah dan gula pasir dengan 500 ml air. Tunggu hingga larut.
  6. Setelah gula merah dan gula pasir larut dan mendidih, tuang ke dalam air rebusan kacang hijau dengan memakai saringan.

Urutan langkah yang benar dalam membuat bubur kacang hijau adalah....

a. 1, 5, 6, 2, 3, 4
b. 1, 6, 5, 2, 3, 4
c. 1, 5, 2, 6, 3, 4
d. 1, 5, 6, 3, 2, 4
e. 1, 5, 2, 3, 6, 4

🟥 NOTE : UNTUK PDF SOAL YANG DILENGKAPI KUNCI JAWABAN BESERTA PEMBAHASAN SILAHKAN WA KE 085273216532

0 Response to "Latihan Soal teknis pppk SD terbaru Bagian 3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel