nilai ambang batas kategori 3 PPPK Guru

Nilai ambang Batas PPPK Guru dibagi menjadi tiga kategori. salah satu nilai ambang batas yang masih menjadi pertanyaan pelamar saat ini adalah "nilai kategori 3", agar tidak salah paham dalam menafsirkan, sebaiknya teman-teman guru menonton siaran langsung pengumuman hasil seleksi Kompetensi 1 ASN-PPPK melalu kanal youtube kemendikbud atau Lewat LAMAN INI.

gambar penyesuaian nilai ambang batas pppk guru

Untuk memahami maksud kepmenpan-RB nomor 1169 tahun 2021, harus dibaca pelan-pelan setiap diktum karena kebijakannya saling berhubungan terutama diktum delapan

Nilai kategori 3

dikutip dari menpanrb, nilai ambang batas kategori 3 hanya disesuaikan untuk seleksi kompetensi teknis. Sebagai contoh, untuk guru kelas SD ditetapkan nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Teknis sebesar 270 setelah disesuaikan dari semula sebesar 320. Sedangkan untuk nilai ambang batas kumulatif seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural serta wawancara tidak dilakukan penyesuaian.

Pertanyaannya, apakah penyesuaian nilai kategori 3 berlaku dalam perhitungan hasil seleksi kompetensi tahap 1 ? untuk saat ini guru-id belum bisa menjawabnya, masih menunggu pengumuman resmi. Namun merujuk ke diktum delapan kepmenpan-RB nomor 1169 tahun 2021 yang berbunyi :

kelulusan akhir pada Seleksi Kompetensi I, Seleksi Kompetensi II dan Seleksi Kompetensi III menggunakan ketiga kategori nilai ambang batas tersebut secara berurutan, dengan ketentuan sebagai berikut.

a. terhadap seluruh peserta, diberlakukan nilai ambang batas kategori 1 dan berperingkat terbaik;

b. jika setelah nilai ambang batas kategori 1 diberlakukan masih terdapat alokasi kebutuhan yang belum terpenuhi, maka terhadap peserta yang berusia paling rendah 50 tahun pada saat pendaftaran, diberlakukan nilai ambang batas kategori 2 dan berperingkat terbaik;

c. jika setelah nilai ambang batas kategori 1 dan 2 diberlakukan masih ada alokasi yang belum terpenuhi, maka terhadap seluruh peserta diberlakukan nilai ambang batas kategori 3 dan berperingkat terbaik.

Selain itu pada diktum kesembilan, pengolahan nilai Seleksi Kompetensi I. Peserta pada Seleksi Kompetensi I dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, yakni berisi peserta yang melamar di sekolah tempatnya mengajar, dan memiliki sertifikat pendidik atau kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar. Sedangkan kelompok kedua adalah peserta yang melamar di bukan tempatnya mengajar, serta memiliki sertifikat pendidik atau kualifikasi pendidikan sesuai jabatan yang dilamar.

Peserta tersebut berkompetisi pada kelompoknya masing-masing. Setelah dilakukan pengolahan hasil seleksi, jika terdapat alokasi kebutuhan dari kelompok pertama yang kosong karena tidak ada peserta yang memenuhi nilai ambang batas kategori 1, 2, maupun 3, maka kekosongan tersebut tidak dapat dipenuhi dari kelompok 2. Demikian pula berlaku sebaliknya.

Contoh Perhitungan Nilai

jadi sabahat pejuang NIPPPK Guru yang kami banggakan, Maksud dari poin c pada diktum kedelapan. nilai ambang batas atau Passing grade kategori 3 pada kepmenpan rb nomor 1169 tahun 2021 digunakan untuk peserta yang tidak lolos tahap 1 dan 2.

Misalnya Oktarina merupakan pelamar Seleksi PPPK guru yang tidak mencapai nilai ambang batas kategori 1 kompetensi teknis tahap 1 dan 2. Beliau yang mengambil formasi Guru Kelas SD. Oktarina berusia 36 tahun saat mendaftar.

Selanjutnya pada tes kompetensi tahap 3 beliau kembali mengikuti Uji Kompetensi dan mendapat nilai teknis 260, manajerial sosio kultural 185, serta nilai wawancara 35.

Apakah bu oktarina lolos? Tentu saja karena nilai ambang batas kategori 3 untuk guru kelas SD yang harus dicapai 270, sedangkan nilai bu oktarina 260. Nah, kemudian ditambahkan afirmasi pelamar 35 tahun keatas sebesar 15%, jadi total nilainya jika ditambah menjadi, 260+75 = 335

Download Informasi lainnya

Live Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Pppk Guru, (NONTON SEKARANG)

UNDUH NILAI PASSING GRADE KepmenPAN RB 1169 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

UNDUH NILAI PASSING GRADE KepmenPAN RB 1169 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

UNDUH FILE PDF KepmenPAN RB 1169 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

Penjelasan Passing grade kategori 1 2 dan 3, (Baca disini)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "nilai ambang batas kategori 3 PPPK Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel