Tenaga Administrasi, Pustakawan, Hingga Perangkat desa Lulus PPPK Guru Tahap 1, Benarkah?

Membaca berita Dari jpnn yang berjudul ada 4 temuan kejanggalan Kejanggalan Seleksi PPPK Guru 2021. Ternyata selain guru honorer ada pegawai non guru yang lulus pppk tahap 1. Sebagaimana kita ketahui bersama, sesuai aturannya seleksi PPPK Guru diperuntukkan bagi guru honorer negeri, guru swasta dan Pemilik Sertifikat Pendidik yang memenuhi syarat. Lalu Benarkah Ada tenaga administrasi, pustakawan hingga perangkat desa yang lolos? yuk baca postingan ini hingga akhir.

Temuan didapatkan setelah mereka menyisir data pasca-pengumuman kelulusan PPPK guru 2021 tahap I. Berikut sejumlah kejanggalan yang ditemukan:

1. tenaga TU di sekolah lulus PPPK tahap I

gambar Tenaga Administrasi, Pustakawan, Hingga Perangkat desa Lulus PPPK Guru Tahap 1

Ketua Koordinator Wilayah Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Jawa Timur Eko Mardiono mengatakan di Surabaya ada tenaga TU di sekolah negeri yang mengabdi lebih dari 10 tahun. Tenaga TU itu sebelumnya merupakan honorer K2 guru di sekolah swasta.

Dengan bekal ijazah guru mapel tertentu, honorer K2 TU itu mencoba mendaftar di SMP negeri, ikut tes, dan dinyatakan lulus PPPK tahap I. Kedua, pustakawan lulus PPPK guru 2021 tahap I

2. Pustakawan di sekolah lulus PPPK tahap I

Eko Mardiono juga menemukan ada seorang honorer K2 pustakawan yang mengabdi di salah satu SMK negeri.

Pustakawan itu memiliki ijazah guru tata boga dan kemudian mencoba mendaftar, meskipun yang bersangkutan tidak pernah mengajar. Pustakawan tersebut bisa ikut tes PPPK dan dinyatakan lulus di sekolah induknya. Atas dua temuannya itu, Eko mempertanyakan sistem Dapodik Kemendikbudristek. Dia menduga dua kasus tersebut disebabkan tidak adanya pembaruan Dapodik di Jawa Timur (Jatim).

2.Perangkat Desa lulus PPPK tahap I

Ketiga, perangkat desa ikut tes PPPK guru 2021 Seorang tenaga honorer menyebut ada seorang peserta seleksi yang ternyata sudah menjadi perangkat desa. Meski yang bersangkutan tidak lulus seleksi tahap I, tetapi yang bersangkutan masih bisa ikut tes tahap II dan III. "Kami heran kenapa perangkat desa bisa ikut tes. Apalagi setelah dicek namanya sudah tidak ada di Dapodik. Jangan-jangan ini ada permainan," ungkap sumber yang minta namanya tidak disebutkan kepada JPNN.com, Selasa (12/10).

Keempat, guru honorer tidak tercatat di dapodik lulus PPPK 2021 Sumber JPNN.com juga menyebut ada guru honorer yang sebenarnya mengajar di MTs dan 10 tahun tidak tercatat di Dapodik bisa ikut tes tahap I di sekolah negeri dan dinyatakan lulus. Padahal ada guru honorer di sekolah induk yang sejatinya sudah mengajar lama dan lulus passing grade juga. Ketua Departemen Kominfo PB PGRI Wijaya mengungkapkan keprihatinannya terkait beberapa temuan tersebut.

"Saya kaget ada informasi tenaga kependidikan seperti tata usaha dan pustakawan bisa lolos seleksi administrasi, ikut tes dan lulus PPPK guru tahap I," ujar Wijaya kepada JPNN.com, Selasa (12/10). Lulusnya peserta seleksi dari tenaga kependidikan tersebut kata Wijaya menimbulkan tanda tanya. Terutama terkait konsistensi bahwa peserta seleksi PPPK guru 2021 mengacu pada PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 pasal 4 ayat 1 bab II tentang persyaratan peserta. Belum lagi berbedanya tupoksi tenaga kependidikan mengacu pasal 39 ayat 1 Bab XI UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

"Sehingga kelulusan mereka menimbulkan persoalan baru, terkait validitas data yang diambil bersumber dari Dapodik," ucap Wijaya. Dia juga menyoroti adanya peserta seleksi PPPK guru 2021 tahap I yang sudah tidak aktif mengajar, berpindah tempat tugas mengajar masih mengikuti seleksi di sekolah yang dulu menjadi induk/tempat mengajarnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan terkait periode penarikan data Dapodik serta validitas datanya. (esy/pnn)

sumber : jpnn.com

Informasi PPPK Terbaru

👉 Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup di sscasn (LIHAT DISINI)

👉 CEK FORMASI KOSONG PERSIAPAN SELEKSI PPPK TAHAP 2 (LIHAT DISINI)

👉 DOWNLOAD DAFTAR NILAI HASIL SELEKSI PPPK TAHAP 1 (LIHAT DISINI)

👉 BERGABUNG DENGAN GRUP PPPK GURU DI TELEGRAM (GABUNG GRUP DISINI)

👉 LATIHAN SOAL-SOAL TES KOMPETENSI PPPK GURU TAHAP 2 (MULAI LATIHAN)

👉 Dokumen yang disiapkan guru yang Lolos Seleksi PPPK Guru Tahap 1 (BACA DISINI)

👉 Besaran gaji guru honorer yang Lolos Seleksi PPPK Guru Tahap 1 (BACA DISINI)

👉 Link cek informasi kelulusan PPPK Guru Tahap 1 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

👉 UNDUH NILAI PASSING GRADE KepmenPAN RB 1169 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

👉 UNDUH FILE PDF KepmenPAN RB 1169 Tahun 2021, (SIMPAN FILE)

👉 Penjelasan Passing grade kategori 1 2 dan 3, (Baca disini)

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel