Soal pas bahasa Jawa Kelas 7 Semester 1 kurikulum merdeka 2022/2023

Bismillah, menjelang pas smP kelas VII pada sekolah pelaksana kurikulum merdeka, berikut guru-id bagikan referensi latihan soal-soal pas untuk tahun 2022-2023 dan 2024. Halo sahabat guru bahasa Jawa jenjang SMP, Mendekati hari Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023, maka pada postingan kali ini guru-id akan ngeshare kumpulan soal-soal bahasa Jawa untuk UAS atau PAS semester ganjil yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan ini hingga akhir.

Tentang Penilaian Akhir Sekolah

Sahabat edukasi, Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (sekolah) merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik (siswa) dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan

Pada dasarnya Penilaian Akhir Semester (PAS) digunakan sebagai salah satu inspeksi untuk interpolasi laporan efek belajar. Sedangkan Penilaian Akhir Tahun (PAT) digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kenaikan kelas.

Kompetensi yang Diuji

Selanjutnya Hasil dari UAS/PAS menakar hasil belajar dengan materi semua Kompetensi dasar pada semester ganjil. sedangkan PAT dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap..

Lebih dari itu, efisiensi yang diujikan dalam PAS, PAT, dan US meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, PAS, PAT, dan US seharusnya mampu mengungkapkan kecakapan literasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan kemampuan komunikasi peserta didik.

Waktu Pelaksanaan PAS

PAS dilaksanakan pada akhir semester ganjil. PAT dilaksanakan pada akhir semester genap. US dilaksanakan pada akhir di jenjang siswa. Walaupun demikian, pelaksanaan persiapan ujian ini bisa saja dilakukan sejak awal siswa masuk (kelas VII), misalnya untuk penilaian portofolio, yang akan dibahas pada bagian tersendiri

Langkah-langkah Umum Penyusunan Instrumen Ujian

Penyusunan instrumen ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1) Melakukan analisis SKL (SKL Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 dan yang ditetapkan satuan pendidikan)

2) Menganalisis dan memetakan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai. Untuk PAS dan PAT menggunakan seluruh KD pada semester itu. Untuk US menggunakan sampel KD, yakni KD-KD yang mewakili SKL)

3) Menentukan lingkup materi sesuai indikator

4) Merumuskan indikator soal/instrumen dengan memasukkan unsur audience (peserta didik), behavior (perilaku yang diungkap pada butir instrimen), condition (kondisi saat ujian pada butir instrumen dilakukan), dan degree (derajat pencapaian indikator)

5) Menentukan bentuk ujian yang sesuai.

6) Merangkum hasil semua langkah di atas dalam bentuk kisi-kisi, dengan format sebagai berikut

7) Mengembangkan instrumen yang dipilih beserta rubrik atau pedoman penskoran

Unduh Soal bahasa Jawa Kelas 7

gambar soal pas bahasa jawa kelas 7 semester 1

langkah selanjutnya teman-teman guru bisa mengunduh file word inspirasi butir soal ujian mata pelajaran bahasa Jawa melalui tautan yang tersedia dibawah !

Soal-soal Penilaian akhir semester yang dibagikan sudah level kognitif Lots, mots dan hots. Kedepannya laman guru-id juga akan membagikan referensi soal dalam bentuk AKM. Oleh karena itu pantau terus laman ini guna mendapatkan update terbaru dari guru-id.

Oke untuk lebih jelasnya langsung saja silahkan unduh file pdf soal-soalnya melalui tombol download dibawah !


Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel