Soal & jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2

Salam literasi dan numerasi kepada bapak/ibu pengunjung blog guru-id.com, oke pada kesempatan ini guru-id akan berbagi soal dan jawaban pertanyaan pertama pada kegiatan Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2 Seri Literasi Numerasi.

disclaimer : jawaban yang guru-di sajikan pada laman ini hanya untuk perbandingan dan referensi saja, agar teman-teman peserta bimtek dapat bereksplorasi.

Tiga Pertanyaan beserta jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2

gambar Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2

"Bagaimana pendapat Bapak/Ibu mengenai Anak yang bisa membaca saat lulus PAUD berarti perkembangan literasinya bagus."

JAWABANNYA :

Perkembangan literasi pada anak usia sampai 8 tahun adalah kemampuan anak menerima informasi lisan dengan tepat, menyampaikan ide, gagasan dengan cara berbicara runut dan pilihan kata beragam. Anak selesai pendidikan di PAUD yang sudah membaca lancar, sebagian besar masih perlu dibantu untuk memahami bacaan lisan disebabkan urutan stimulasi keterampilan berbahasa tidak sesuai dengan urutan yaitu menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Aspek lain yang mempengaruhi adalah stimulasi pengetahuan bahasa yang dimulai dari visual bunyi (huruf) yang seharusnya dimulai dari bunyi ( fonem, nada, jeda, tekanan dan tempo

"Bagaimana pendapat Bapak/Ibu mengenai: Cara mengukur perkembangan literasi adalah dengan tes baca tulis saat masuk SD."

JAWABANNYA :

Perkembangan literasi pada anak usia di bawah 8 tahun seharusnya dilakukan dengan bahasa lisan dalam bentuk tanya jawab. Untuk mengecek pengetahuan bunyi bahasa dilakukan dengan cara mengecek bunyi yang dikenal. Keterampilan menulis dilihat dari kemampuan meggunaan alat tulis dan ide yang dituangkan dalam bentuk gambar.

"Bagaimana pendapat Bapak/Ibu mengenai : Siswa SMP kurang minat baca karena lebih tertarik dengan gawai."

JAWABANNYA :

Sebagian besar anak lebih tertarik dengan gawai karena tidak mendapatkan keterampilan membaca untuk belajar. Keterampilan membaca untuk belajar perlu dilatihkan dan diulang pada semua mata pelajaran. Anak dilatih mulai dari memilih buku, aneka teknik membaca, dimodelkan dan diberikan aneka jenis tema untuk dibaca.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Soal & jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel