Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran

Halo sahabat guru indonesia, Salam literasi dan numerasi kepada bapak/ibu pengunjung blog guru-id.com, oke pada kesempatan ini guru-id akan berbagi jawaban Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran seri Literasi Numerasi yang harus diselesaikan peserta bimtek.

Kasus 1:

Tonton dan amati video pada tautan berikut ini.

Pertanyaan:

Bagaimana pendapat Bapak Ibu tentang video tersebut?

Seperti apa implementasi numerasi pada pembelajaran di video tersebut?

REFERENSI JAWABANNYA

1. Menurut pendapat saya dari tayangan video tersebut sudah melibat anak secara langsung dan sudah menggambarkan implementasi secara konteksnya.

2. Implementasi yang terdapat pada video tersebut adalah dengan membagi biji sama banyaknya dan harus habis sehingga pembelajaran FBP mampu meningkatkan partisipatif siswa.

SOAL DAN JAWABAN KASUS KE 2 DAN KE 3

Kasus 2

Situasi COVID-19 di Indonesia masih terus menunjukkan peningkatan. Di berbagai daerah di Indonesia, kasus baru COVID-19 masih terus bertambah. Pemerintah pun sudah mengambil berbagai langkah untuk mengurangi penyebaran dan penambahan kasus baru. Data tentang kasus COVID-19 pun sudah banyak tersebar dan dapat diakses oleh masyarakat luas, tidak hanya data di negara Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Konteks tentang COVID-19 merupakan salah satu konteks yang sangat menarik untuk didiskusikan dengan peserta didik di kelas baik secara daring maupun luring.

Pertanyaan:

"Jika Bapak Ibu akan menggunakan konteks COVID-19 untuk pembelajaran di kelas Bapak Ibu untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik, pembelajaran atau aktivitas seperti apa yang akan Bapak Ibu implementasikan?"

"Apakah permasalahan COVID-19 yang akan Bapak Ibu angkat sebagai konteks dan aktvitas pada pembelajaran tersebut?"

"Bagaimana tahapan pembelajaran yang akan dilakukan untuk mengembangkan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran ini?"

"Bagaimana Bapak Ibu mengukur peningkatan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran tersebut?"

REFERENSI JAWABANNYA

1. Pembelajaran atau aktivitas yang akan Saya implementasikan untuk meningkatkan Numerasi siswa adalah dengan melihat peningkatan angka status positif covid 19

2. Permasalahan COVID-19 yang akan Diangkat sebagai konteks dan aktvitas pada pembelajaran yaitu dengan membuat diagram Statistik jumlah Positif covid setiap bulannya

3. Tahapan pembelajaran yang akan dilakukan untuk mengembangkan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran ini dengan menganalisis perbandingan jumlah Positif covid setiap bulannya dan membuat analalisa faktor penyebabnya

4. Cara mengukur peningkatan kemampuan numerasi peserta didik pada pembelajaran ini adalah bagaimana peserta didik dapat membandingkan jumlah Positif covid 19 setiap bulannya dan dengan tepat menganalisis faktor yang menyebabkannya

Kasus 3

Untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, beberapa guru mata pelajaran yang berbeda berkolaborasi untuk menyusun pembelajaran berbasis proyek. Guru bersama-sama menentukan project dan langkah pembelajaran yang akan dilakukan oleh peserta didik.

Pertanyaan:

"Bagaimana menurut Bapak Ibu mengenai rencana pembelajaran seperti tersebut di atas? Apakah pembelajaran tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik?"

"Jika Bapak Ibu akan melakukan hal yang sama seperti disebut di atas, pembelajaran seperti apa yang akan Bapak Ibu kembangkan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik? Ayo share dengan guru-guru lainnya ide Bapak Ibu."

REFERENSI JAWABANNYA

Setiap guru seharusnya berkolaborasi. Memang satu sama lain akan saling mendukung dan membutuhkan. Dibutuhkan kolaborasi agar kegiatan berkaitan dan saling menyambung satu sama lain.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "Studi Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel