5 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Di Tahun 2022

Bismillah, Alhamdulillah. Pada Postingan ini guru-id ingin berbagi ringkasan artikel tentang bisnis online. Sebagaimana kita ketahui bersama, jika suskes Bisnis online menjadi sebuah model bisnis terkini sekaligus akan terus berkembang di masa depan. Mau tak mau Anda harus merambahnya. lalu Bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula? Berikus ulasannya

Pada dasarnya bisnis online hampir sama dengan bisnis di dunia nyata. Namun, media online dengan karakteristiknya membuat sistem yang ada perlu sedikit penyesuaian. Apalagi bagi pemula, ada hal-hal penting yang perlu Anda lakukan, tidak hanya semata-mata pada modal.

Nah, bagaimana cara memulai bisnis online tersebut? Artikel ini akan memberikan tips dan cara khusus untuk pemula.

1. Memiliki Produk dengan Segmen yang Jelas

Sebenarnya cara berbisnis bagi pemula ini hampir sama dengan bisnis di dunia nyata, segmen konsumen produk Anda harus jelas.

Namun, di dunia maya ini segmen ini akan menentukan jenis media apakah yang paling sesuai. Misalnya jika Anda memilih medsos, maka untuk produk segmen millenial Anda bisa menggunakan Instagram, Youtube, atau TikTok. Sebaliknya jika segmen Anda kalangan usia 30 tahun ke atas, bisa menggunakan media facebook dengan pengguna rata-rata di usia tersebut.

2. Fokus di Media yang Sesuai

Nah, setelah Anda menemukan media dengan segmen yang sesuai dengan produk, cobalah untuk fokus di media tersebut lebih dulu.

Misalnya Anda memilih Instagram. Cara memulai bisnis online di Instagram bisa Anda mulai dengan mempelajari fitur-fiturnya, bagaimana menemukan follower tertarget, bagaimana mengoptimalkan fitur bisnis yang tersedia di platform tersebut. Hingga saat ini untuk pemasaran produk facebook masih menjadi pilihan terbaik. Namun Tiktok, Google ADS juga mendatangkan banyak pelanggan.

3. Membuat Konten Berkualitas

Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Di Tahun 2022

Bisnis di dunia maya tidak hanya sebatas pada kualitas produk nyata Anda yang bagus, tetapi bagaimana kemampuan Anda membuat konten berkualitas juga sangat mempengaruhi.

Konten bisa berupa foto, video, tulisan, poster, dan sejenisnya. Konten yang bagus bukan hanya pada desain tampilan yang profesional, tetapi juga memuat unsur marketing digital yang baik.

4. Memperluas Jaringan dan Strategi Marketing

Usaha online shop terlaris saat ini seperti bisnis fashion, skincare, produk buku-buku edukasi dan sejenisnya, umumnya dikembangkan dengan sistem jaringan marketing yang luas.

Sistem member, reseller, agen, dan sejenisnya bisa Anda kembangkan dan buka secara online. Selanjutnya jaringan Anda tersebut diberi bekal kemampuan digital marketing untuk membantu mempromosi produk. Jika Anda tak menguasainya bisa melibatkan pihak ketiga.

5. Menguatkan Digital Marketing

Selain manajemen keuangan, kualitas produk, hal lain yang sangat penting Anda hadirkan adalah bagaimana bisnis Anda terus dikembangkan dengan strategi digital marketing yang baik.

Jika memungkinkan untuk pemasaran menggunakan SEO misalnya, Anda bisa langsung mencobanya. Selebihnya, cara memulai bisnis online untuk pemula sama halnya dengan bisnis lain. Sumber modal, mental berbisnis, kemungkinan untung rugi akan sama dengan bisnis yang Anda kelola di dunia nyata. Matangkan kesabaran untuk terus serius mengembangkan usaha. Selamat mencoba

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

0 Response to "5 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Di Tahun 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel