rpp blended learning Bahasa Indonesia kelas 8 Semester 2 tahun 2021/2022

Bismillah, Alhamdulillah pada kesempatan ini Guru-id akan berbagi informasi mengenai contoh RPP blended learning dan berdiferensiasi kelas 8 Mata Pelajaran bahasa indonesia SMP/Mts yakni "Teks Ulasan" yang merupakan materi semester Genap pada k13. RPP ini revisi terbaru tahun 2021/2022 yang dibuat untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi covid-19. Oleh karena ini bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh (Daring) dan juga luring atau tatap muka karena langkah-langkah pembelajaran campuran

Sobat guru bahasa indonesia yang kami banggakan, jika anda bertanya "apa itu RPP Blended Learning" maka jawabnya Rencana Mengajar yang menggabungkan metode pembelajaran daring dan tatap muka terbatas di kelas. RPP ini dishare Guna membantu Para guru dalam membuat perangkat mengajar semester 2 tahun pelajaran 2021/2022 yang tak lama lagi akan digelar. Bagi teman-teman guru yang membutuhkan referensi untuk pembelajaran tatap muka terbatas atau jarak jauh, bisa mendapatkan contohnya. Namun untuk RPP Kurilulum 2022 atau paradigma baru masih menunggu edaran resmi dari kemendikbudrsitek.

Lebih dari itu, Di dalam RPP berdiferensiasi ini tidak tak hanya terdiri dari 3 komponen saja. karena ada komponen lainnya sebagai pendukung dan pelengkap. Walaupun demikian guru bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan agar kegiatan belajar di kelas efektif.

Contoh Kegiatan Pembelajaran RPP Blended Learning Berdiferensi Bahasa indonesia kelas 8

rpp blended learning Bahasa Indonesia kelas 8

Selanjutnya berikut contoh langkah-langkah pembelajaran pada rpp blende learning mata pelajaran Bahasa indonesia SMP kelas 8 semester genap 2021/2022.

Model: Class Project: Majalah Dinding
Produk: Poster,Laporan,Video pendek
Deskripsi: Peserta didik belajar mandiri melalui website www.guru-id.com Atau LMS/GC/WA Grup

Langkah Pembelajaran:
a. Asinkron

1) Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu dapat berupa HP , kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca, atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

2) Melalui LMS/Google Classroom, Video aplikasi Google Meet/ Zoom meet atau WA, guru memposting materi ajar dan file lainnya.

3) Peserta didik mempelajari materi dan mengerjakan tugas dari LMS/Google Classroom.

b. Pendahuluan

1) Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, dilanjutkan dengan berdoa dan tadarus.

2) Melakukan appersepsi dan motivasi

3) Menyampaikan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, penilaian dan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran. c. Kegiatan Inti

1) Diferensiasi Konten

• Siswa membaca buku, mengamati gambar, dan audio video yang ada di LMS/GC tentang Pengertian teks ulasan

• Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang gambar dan audia video yang telah mereka amati. Pertanyaan pemandu tentang Pengertian teks ulasan

• Guru membimbing siswa untuk mengungkapkan permasalahan yang akan dibuat project

2) Diferensiasi Proses

• Siswa mencari informasi dari berbagai sumber tentang Pengertian teks ulasan

• Siswa diberi waktu yang bervariasi untuk menyelesaikan tugas

• Guru menawarkan dukungan langsung bagi siswa yang membutuhkan

• Siswa didorong untuk mengeksplorasi diri sesuai dengan bakat dan minatnya

3) Diferensiasi Produk

• Siswa membuat produk tentang Pengertian teks ulasan di lingkungan sekitar tempat tinggal sesuai minat siswa Alat, Bahan, dan Media:

• HP
• LCD (Laptop)
• Buku Teks PAI
• Alat tulis
• Power Point
• www.guru-id.com  

• Guru menugaskan diferensiasi produk berdasarkan minat siswa Misalnya Siswa yang suka menggambar, membuat poster atau kliping dan siswa yang suka menulis membuat laporan.

• Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya sedangkan siswa lainnya menanggapi

• Siswa melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan

d. Penutup :

1. Guru dan siswa secara bersama-sama membuat kesimpulan

2. Guru memberikan umpan balik kepada siswa terkait pembelajaran

3. Guru melakukan evaluasi dengan memberikan soal-soal latihan dalam bentuk Google Form.

4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa, serta mengingatkan untuk selalu melaksanakan protocol kesehatan.

Penutup

Dalam halaman ini hanya guru-id berikan satu contoh saja file lengkap bisa dibuat sendiri oleh bapak dan ibu guru. Tapi jika butuh file lengkap yang sudah jadi silahkan hubungi admin di nomor Whats apps (WA) ini 085273216532.

NOTE: GURU-ID MOHON MAAF CONTOH RPP BLENDED LEARNING KELAS 7 SEMESTER GENAP SEDANG DALAM PROSES EDIT SEHINGGA BELUM DITAMPILKAN

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel