riwayat karir guru di dapodik Beserta cara mengisinya

Bismillah, salam satu data. baiklah pada kesempatan yang baik ini guru-id kembali akan berbagi informasi mengenai riwayat karir guru pada aplikasi dapodik versi 2022. Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam rangka pemutakhiran data guru untuk persiapan ppg dalam jabatan tahun 2022, maka data riwayat karir guru di dapodik wajib diisi. Oleh karena itu bagi guru yang belum mengisinya agar segera melakukan pengentrian data karena batas pengisian tanggal 30 januari 2022.

Sekedar info yang perlu diketahui, Tabel Riwayat Karir Guru pada aplikasi dapodik digunakan untuk mengetahui TMT pertama kali PTK diangkat sebagai guru dan perjalanan karirnya sebagai guru, baik di sekolah saat ini maupun di sekolah yang lain, baik yang sudah selesai masa baktinya maupun masih aktif (misalnya masih aktif mengajar di sekolah saat ini dan juga di sekolah yang lain.

Data yang diisikan pada riwayat karir guru di dapodik

Pada aplikasi dapodik versi 2022.c berikut beberapa data yang wajib diisikan ke tabel riwayat karir guru. Yang perlu dipersiapkan ialah SK pertama kali mengajar sebagai guru. Baik pertama mengajar di sekolah lain maupun sekolah saat ini.

Jenjang Pendidikan : Jenjang pendidikan yang diajar.

Jenis Lembaga: Lembaga yang mengangkat PTK sebagai guru.

Status kepegawaian PTK : saat menjadi guru pada lembaga terkait.

Jenis PTK : Jenis PTK sesuai SK pengangkatan guru pada lembaga terkait. Misalnya, diangkat sebagai guru Bimbingan dan Konseling, Guru Kelas, atau Guru Mata Pelajaran.

Lembaga Pengangkat : Nama lembaga yang mengangkat PTK sebagai guru. Apabila lembaga adalah disdikbud kabupaten/kota, diisi dengan nama dinas terkait. Apabila lembaga adalah sekolah, diisi dengan nama sekolah terkait.

No SK Kerja : Nomor SK pengangkatan sebagai guru pada lembaga terkait.

Tgl SK Kerja : Tanggal SK pengangkatan sebagai guru pada lembaga terkait.

TMT Kerja : Tanggal mulai bertugas sebagai guru pada lembaga terkait.

TST Kerja : Tanggal akhir tugas sebagai guru pada lembaga terkait. Kosongkan apabila masih berlaku atau masih aktif sebagai guru pada lembaga tersebut.

Tempat Kerja : Nama kota/kabupaten tempat PTK sebagai guru pada lembaga terkait. Misalnya, Jakarta, Medan, Pontianak, Makassar, Jayapura, dan sejenisnya.

TTD SK Kerja : Nama pejabat yang menandatangani SK pengangkatan PTK sebagai guru pada lembaga terkait.

Mapel Diajarkan : Nama mata pelajaran yang diajarkan oleh PTK pada lembaga terkait.

Cara Mengisi Riwayat karir Guru di dapodik 2022 c

Oke langsung saja langkah pertama silahkan hubungi operator sekolah untuk meminta bantuan dalam pengisian data ini. bapak ibu guru bisa mengisinya didampingi oleh operator sekolah menggunakan menu tukar pengguna pada aplikasi dapodik

Cara lainnya bisa langsung meminta akun login personal gtk ke aplikasi dapodik, selanjutnya buka dapodik sekolah.

Pada halaman login dapodik silahkan masukkan username dan password akun login personal gtk untuk masuk dapodik anda.

Berikutnya klik menu GTK kemudian pilih Guru, selanjutnya klik nama guru lalu klik tombol UBAH seperti gambar dibawah !

mengisi riwayat karir guru di dapodik

Langkah berikut, pada rincian data gtk, klik PASPOR dan pilih Riwayat karir Guru.

Untuk menambah riwayat karir guru, silahkan klik tombol tambah dan mulai melakukan pengisian sesuai dengan urutan daya yang akan diisikan. Setelah selesai silahkan klik tombol Simpan.

Langkah terakhir agar data diperbarui, silahkan operator sekolah melakukan sinkronisasi sehingga data akan masuk ke server dapodik pusat.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca informasi di blog guru-id.com, Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan. salam edukasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel