6 Tips Lulus Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Bismillah, Semua peserta ppg tentu saja memiliki harapan untuk lulus dari tahap pretest. oleh karena itu, pelaksanaan ppg dalam jabatan yang dilaksanakan dengan moda daring harus diikuti secara aktif oleh peserta. Sebagaimana kita ketahui bersama, Saat ini kegiatan ppg masih dalam proses tahap seleksi administrasi, bagi teman-teman yang sudah mengajukan berkas dan statusnya sudah disetujui, maka siap-siap untuk melangkah ke level selanjutnya yakni pretest ppg. Sebagai tambahan wawasan, berikut guru-id bagikan tips agar lulus yang bersumber dari prsoloraya.pikiran-rakyat.com. Semoga bermanfaat.

Tips Lulus Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Pertama : Menguasai Ilmu TIK

Seiring perkembangan teknologi, seorang guru harus mahir dalam dunia TIK (Teknologi Informasi Komunikasi). Untuk dapat lulus pretest PPG daljab, karena nanti akan menggunakan komputer, maka Anda harus belajar mengoperasikan komputer atau laptop.

Namun dikarenakan masih pandemi Covid-19, maka belum diketahui untuk pretest PPG daljab 2022 akan disediakan tempat uji kompetensi atau TUK. Seperti halnya guru-guru PPPK di tahun 2015 dan 2019 disediakan oleh Kabupaten, baik itu di SMA atau di SMK.

Sehingga ketika ada tes uji kompetensi dan diberikan pengarahan oleh pengawas terkait bagaimana cara login (nanti akan diberikan kartu login), kemudian cara menggunakannya. Hal tersebut harus diperhatikan oleh peserta PPG daljab agar tidak gugup ketika menghadapi uji kompetensi.

Kedua : Laptop Mendukung Untuk Uji Pengetahuan Online

Dalam pretest PPG daljab 2022 terdapat ujian mengenai soal UP (Uji pengetahuan) yang berbasis domisili. Artinya dari Kemendikbud Ristek menyediakan sebuah aplikasi yang harus di instal di laptop peserta PPG.

Jika ketentuannya tidak berubah, maka Anda harus menyediakan laptop atau komputer dengan performa yang mendukung yaitu dengan minimal RAM 4 dan core i3.

Tidak lupa juga untuk memastikan koneksi internet Anda stabil saat mengikuti pretest UP. Pilih tempat yang mendukung kegiatan online anda.

Ketiga : Perbanyak Mempelajari kisi-kisi PPG Dari Simpkb

Tidak ada hasil yang instan, karena semuanya membutuhkan proses. Oleh sebab itu untuk dapat lulus pretest PPG daljab 2022.

Biasanya di akun SIM PKB masing-masing calon guru akan diberitahukan pemberitahuan bahwa Anda diundang untuk pretest PPG.

Setelah Anda lolos seleksi administrasi, yang mana administranya merupakan pendaftaran PPG yang akan dilaksanakan pada Senin, 7 Februari 2022. Setelah Anda dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka Anda akan dipanggil untuk mengikuti pretest PPG .

Ketika sudah di akun SIM PKB, Anda akan diberikan kisi-kisi untuk soal yang nantinya diprediksi akan keluar pada UP. Sehingga Anda harus berusaha untuk melakukan bedah kisi-kisi dan lakukan pendalaman materi-materi yang diberikan di kisi-kisi.

Materi-materi yang diujikan yaitu mengenai tes pedagogik, materi esensial profesional, serta tes pengetahuan umum. Pada saat mengerjakan pretest PPG tersebut, Anda harus memposisikan diri sebagai guru yang benar-benar memiliki kepribadian yang bijaksana. Selain itu, untuk memperbesar peluang lolos UP, Anda juga harus mempebanyak latihan soal-soal dari kisi-kisi yang diberikan.

Ikuti juga : Try Out pretest PPG gratis Bersama Guru-id.

Keempat : Pastikan guru Memahami jenis soal

Pre test PPG mempunyai 4 jenis soal. Menurut pengalaman admin, tes kemarin (pretes berisi :

a. Tes potensi akademik – 25 menit – 40 soal Isinya semacam psikotest. Ada hubungan kata, deret angka dan hubungan bentuk. Saya kira disini tidak hanya di tes tentang kemampuan kognitif, tapi juga kekuatan mental kita, he-he. Bagaimana tidak, kita diberi 40 soal dengan waktu 25 menit saja!

b. Tes pedagodik – 25 menit – 15 soal Berisi soal tentang isi RPP dan macam-macam model pembelajaran. Pelajari RPP Anda, mulai dari atas sampai bawah, apa saja komponen dan urutannya. Baca juga macam-macam model pembelajaran beserta sintaks-sintaksnya.

c. Tes Profesional – 60 menit – 50 soal Berisi pertanyaan tentang mapel yang Anda ampu. Soalnya antara 50-70 (saya lupa-lupa ingat).

d. Tes bakat minat – 15 menit – 15 soal Berisi pertanyaan normatif tentang keseharian Anda mengajar. Juga ada soal esai, 2 buah. Jawaban soal esai diketik langsung di tempat yang sudah disediakan. Waktu itu, soal yang saya dapat adalah menanyakan pendapat tentang gerakan literasi dan penanaman karakter (menyanyikan lagu Indonesia Raya di kelas). Jawab saja sampai kotak yang disediakan penuh.

Kelima : Fokus dan berkosentrasi Penuh saat Ujian

Tidak kalah penting dengan tips sebelumnya, konsentrasi juga turut menjadi faktor kelulusan peserta PPG daljab 2022.

Sebab jangan sampai ketika Anda sudah belajar dengan sebanyak-banyaknya dan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Ketika Anda memasuki ruangan ujian, pikiran Anda buyar atau tidak konsentrasi saat ujian berlangsung.

Kenapa konsentrasi dalam pretest PPG sangat penting, sebab saat Anda sudah diberikan soal-soal ujian. Tentu akan menguras pikiran dan melakukan penalaran yang paling bijaksana.

Keenam : Datang lebih awal

Salah satu tips lolos pretest PPG daljab yaitu datang lebih awal. Sebab pikiran akan lebih jernih dan waktu untuk mempersiapkan diri akan lebih banyak.

Lihat juga : Latihan Soal Tes Potensi Akademik PPG 2022

Unduh juga : Bank soal ppg sd smp sma semua mapel

Unduh juga : Soal Tes formatif sumatif PPG 2022

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel