Ceritakan pengalaman Anda meningkatkan kesadaran pentingnya untuk terus mengembangkan kapabilitas diri

Bismillah, Halo sahabat kepala sekolah penggerak, pada postingan ini guru-id akan memberikan referensi tentang contoh jawaban essay program sekolah penggerak nomor 5, ini dia pertanyaannya serta jawaban referensi.

Soal Esai Nomor lima

Ceritakan pengalaman Anda meningkatkan kesadaran pentingnya untuk terus mengembangkan kapabilitas diri

Referensi Jawabannya

meningkatkan kesadaran pentingnya untuk terus mengembangkan kapabilitas diri

meningkatkan talenta, potensi, keahlian, kesadaran dan kemampuan seseorang untuk menyadari cita-cita

1. Memupuk Kepercayaan Diri

Supaya diri sendiri bisa berkembang dengan mengikuti kursus, pelatihan, seminar, dan kegiatan dari kampus. Maka penting sekali untuk memulainya dengan memupuk rasa percaya diri.

Sebab tanpa rasa percaya diri biasanya seseorang enggan untuk mencoba hal baru atau berbuat apapun diluar rutinitas harian. Sehingga hal ini akan menghambat diri sendiri untuk berkembang.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah yakin bahwa kamu bisa melakukan kegiatan atau hal tertentu yang menarik minat dan perhatian. Kemudian, berani tanpa takut akan sesuatu hal yang belum terjadi di depan mata. Ketiga, adalah meminta dukungan agar lebih kuat dan percaya diri.

2. Menggunakan Waktu dengan Baik

Langkah kedua di dalam pengembangan diri adalah memahami bagaimana cara mengatur waktu dengan baik. Sehingga bisa menghargai waktu dengan seksama dan menggunakannya untuk hal-hal produktif dan bermanfaat.

Ketika kesadaran ini dimiliki maka setiap kali ada waktu luang akan dimanfaatkan untuk hal berkualitas. Misalnya belajar, mencari jadwal kegiatan seru, dan lain sebagainya.

3. Terbuka Terhadap Segala Hal Menjadi katak dalam tempurung adalah dinding besar yang menghalangi kamu untuk tumbuh lebih baik dan sukses. Maka penting sekali untuk mau keluar dari zona nyaman dan dunia yang selama ini ditekuni.

Mencoba hal baru dan mau mendengarkan ilmu baru akan membantu mengembangkan diri dengan baik.

4. Belajar dari Pengalaman

Pengalaman dikatakan sebagai guru paling berharga, dan tidak pernah salah. Pengalaman kadang bisa membuat kamu bahagia dan puas namun bisa pula membuat kecewa dan menyesal.

Namun, semua pengalaman tersebut adalah media untuk belajar. Ketika ada kesalahan maka kamu bisa menghindarinya dan memperbaikinya ketika terulang lagi di masa mendatang.

5. Punya Ambisi atau Keinginan Berprestasi

Langkah berikutnya di dalam pengembangan diri adalah membangun ambisi, mimpi, dan keinginan besar. Berhubung mimpi itu gratis maka seseorang perlu memiliki mimpi besar dan berusaha mewujudkannya.

Lewat langkah ini maka keinginan untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik akan meningkat. Jadi, mulailah dengan membangun ambisi atau keinginan untuk berprestasi, bisa di salah satu bidang, dua bidang, dan seterusnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel