Jawaban : mengimplementasi rencana program kerja di sekolah yang Anda pimpin

Bismillah, Halo sahabat kepala sekolah penggerak, pada postingan ini guru-id akan memberikan referensi tentang contoh jawaban essay program sekolah penggerak nomor 7, ini dia pertanyaannya serta jawaban referensi.

Soal Esai Nomor tujuh

Ceritakan pengalaman Anda mengimplementasi rencana program kerja di sekolah yang Anda pimpin

Referensi Jawabannya

ceritakan pengalaman Anda mengimplementasi rencana program kerja di sekolah yang Anda pimpin

Kepala Sekolah melakukan penyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah

Setelah sekolah memiliki visi, misi, dan tujuan sekolah, tugas selanjutnya yaitu membuat rencana kerja. Rencana kerja terdiri dari: rencana kerja jangka menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan; dan rencana kerja tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKA-S/M) dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.

Ketentuan rencana kerja jangka menengah dan tahunan sekolah yaitu: (1) disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah dan disahkan berlakunya oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Pada sekolah swasta rencana kerja ini disahkan berlakunya oleh penyelenggara sekolah; dan (2) dituangkan dalam dokumen yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.

Rencana kerja empat tahun dan tahunan disesuaikan dengan persetujuan rapat dewan pendidik dan pertimbangan komite sekolah. Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. Rencana kerja ini merupakan salah satu alat manajemen pendidikan yang bertujuan membantu sekolah membuat rencana masa depan. Rencana kerja dapat dilihat sebagai formulasi secara menyeluruh atau peta jalan yang menjelaskan bagaimana usaha-usaha dilakukan sekolah untuk mencapai tujuan melalui penerapan strategi-strategi yang dipilih sekolah.

Komponen dalam rencana kerja sekolah meliputi sumber daya yang berada di dalam manajemen pendidikan. Rencana kerja tahunan tersebut memuat ketentuan yang jelas mengenai: kurikulum dan kegiatan pembelajaran; kesiswaan; pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya; sarana dan prasarana; keuangan dan pembiayaan; peranserta masyarakat; budaya dan lingkungan sekolah; ; dan rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel