Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk tetap menghidupkan semangat sebagai seorang Kepala Sekolah

Bismillah, Halo sahabat kepala sekolah penggerak, pada postingan ini guru-id akan memberikan referensi tentang contoh jawaban essay program sekolah penggerak nomor 1.c, ini dia pertanyaannya serta jawaban referensi.

Yang harus dijawab soal turunan

1.c. Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk tetap menghidupkan semangat sebagai seorang Kepala Sekolah? (minimal 50 kata)

Referensi Jawabannya

Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk tetap menghidupkan semangat sebagai seorang Kepala Sekolah

Dalam menjalankan tugas sebagai seorang kepala sekolah, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan agar senantiasa tetap semangat dalam menjalankan tugas. Upaya-upaya yang dapat dilakukan tersebut antara lain:

• Melakukan motivasi di dalam diri sendiri terlebih dahulu dengan meyakinkan diri bahwa menjadi seorang kepala sekolah adalah pekerjaan yang mulia dan berguna bagi banyak orang.

• Mencoba menjalin komunikasi yang baik dengan bawahan agar tidak terjadi kecanggungan strata jabatan yang biasanya akan membuat hubungan antara atasan dan bawahan menjadi renggang.

• Mencoba untuk memberikan suatu perubahan yang baik kaitannya untuk perkembangan bagi guru dan peserta didik di sekolahnya, antara lain: melakukan supervisi kepada guru dan pendampingan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

• Mencoba menggali potensi sekolah dengan melihat dan mempelajari karakter guru dan siswa agar dapat dikembangkan lebih baik lagi.

• Lebih sering berkomunikasi dengan mengadakan forum yang semi formal kepada guru dan siswa agar lebih meningkatkan keakraban di sekolah.

Penjelasan: Dalam struktur organisasi pendidikan, kepala sekolah adalah pemegang kekuasaan di sekolah. Kepala sekolah adalah seorang manajer yang harus bisa menata dan mengendalikan serta mengembangkan budaya sekolah agar sekolah menjadi lebih baik dan bermutu. Di dalam pelaksanaan tugas sebagai kepala sekolah tentunya tidaklah mudah karena dengan beban kerja yang dituntut tinggi belum lagi mengurus rumah tangga sekolah dengan jumlah guru dan siswa yang tidak sedikit bukan tidak mungkin terjadi penumpukan/kompleksitas masalah di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel