Perbedaan Blog dan Website yang Paling Wajib Diketahui

 Di era digital seperti sekarang ini, blog dan website sudah menjadi suguhan utama untuk mencari informasi atau berbelanja melalui internet. Mengapa disebut website dan blog bukan salah satu saja? Ya, karena pada dasarnya website dan blog memang berbeda.

Perbedaan blog dan website ini memang tidak semua orang mengetahuinya dan beberapa diantaranya justru menganggap kedua hal tersebut sama. Mulai dari pengertian, tujuan hingga konten yang disajikan juga berbeda.

Mungkin Anda sudah biasa mendengar istilah blogger, bukan? Yakni seseorang yang menyajikan konten dalam sebuah blog. Lantas bagaimana dengan website? Yuk kupas sampai tuntas kedua hal tersebut di bawah ini.

Perbedaan Blog dan Website yang Perlu Diketahui

Perbedaan Blog dan Website yang Paling Wajib Diketahui

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa perbedaan blog dan website dapat dilihat dari  segi definisi, tujuan dibuatnya blog serta website, konten yang termuat di dalamnya dan beberapa aspek lain. Anda dapat simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Blog dan Website?

Perbedaan blog serta website yang paling sederhana dapat Anda lihat dari definisinya. Yang pertama pengertian website, yakni berupa kumpulan dari banyak halaman web yang berada dalam sebuah domain tertentu yang dapat Anda akses melalui internet. Contoh dari website yakni seperti Google.com, Facebook.com dan lain sebagainya.


Baca juga : cara membuat website dari nol


Komunikasi yang tercipta bersifat one way communication. Sementara jika pengunjung atau pelanggan website ingin berkomunikasi dengan penulis atau pemilik website, biasanya dalam website telah disediakan contact person yang dapat dihubungi.  Selain itu, pada website yang berkualitas atau milik usaha profesional biasanya juga disediakan fitur live chat.

Sementara definisi dari blog yakni sebuah media online yang di dalamnya memuat konten berupa video, artikel dan foto. Tema yang diusung oleh setiap blog juga berbeda, seperti teknologi, lifestyle, finance, beauty dan lain sebagainya. Pada umumnya konten dalam blog selalu di-update secara berkala.


Baca juga : domain id cocok untuk nama blog kamu.


Pengunjung blog atau pembaca artikel tidak hanya menikmati informasi yang disajikan secara satu arah, namun dapat memberikan saran atau pendapat mengenai konten tersebut melalui kolom komentar. Sehingga komunikasi yang tercipta dapat menjadi dua arah.


Apa Tujuan Pengelolaan Website dan Blog?

Perbedaan blog dan website yang kedua bisa dilihat dari tujuan pengelolaan kedua platform tersebut, seperti berikut ini:

Tujuan Pengelolaan Blog:

       Blog pribadi pada umumnya berisi mengenai opini personal tentang tema yang dibawakan.

       Blog bisnis akan memberikan info mengenai produk yang dijual secara mendetail berupa user story, review atau tutorial penggunaan produk.

       Blog berita atau informasi bertujuan untuk membagikan informasi atau berita ter-up to date mengenai produk atau perusahaan tertentu.

       Dan lain sebagainya.

Tujuan Pengelolaan Website:

       Website untuk bisnis dengan menampilkan informasi perusahaan, katalog produk serta informasi pendukung lainnya.

       Website untuk branding bertujuan untuk memperkuat identitas suatu individu atau perusahaan.

       Website untuk tujuan promosi dengan memperluas brand awareness serta mencapai target pasar secara online.

       Dan lain sebagainya.


Apa Isi Konten dari Blog dan Website?

Selain dari tujuan dan pengertian, Anda juga dapat melihat perbedaan blog dan website dari konten yang dimuatnya.

Pada umumnya blog akan berisi konten yang sesuai dengan target pembacanya. Konten tersebut bisa berupa artikel, foto, video atau bahkan podcast bertema khusus. Semua itu ditentukan oleh pemilik blog tersebut. JIka blog perusahaan maka dapat dipastikan bahwa konten yang dimuat hal-hal yang mendukung bisnis.

Sementara website biasanya berisi sesuatu yang lebih mendetail mengenai produk, layanan hingga profil perusahan. Perlu diketahui, keyword website adalah nama perusahaan dan produk atau layanan yang ditawarkan. Sehingga sangat penting untuk membuat domain yang unik dan mudah diingat.


Bagaimana Style Bahasa yang Digunakan pada Blog dan Konten?

Perbedaan blog dan website yang paling mencolok selanjutnya adalah perbedaan gaya bahasa dari kedua platform tersebut. Pada blog, bahasa yang digunakan lebih bervariatif, santai dan personal, dengan kata lain tidak ada batasan mengenai style bahasa yang digunakan pada blog.

Sementara itu, website memiliki gaya bahasa yang cenderung formal dan bersifat resmi. Hal ini mengingat tujuan dari pembuatan website tersebut yang bersifat resmi seperti organisasi, perusahaan, industri atau bahkan lembaga pemerintah.


Bagaimana Intensitas Update pada Blog dan Website?

Ada satu lagi yang menunjukkan perbedaan antara blog dan website yakni intensitas update dari kedua platform yang cukup kentara.

Pada umumnya sebuah blog akan memiliki jadwal rutin tersendiri untuk update konten, misalnya satu hari sekali pada malam hari, dua hari sekali, tiga hari sekali atau bahkan setiap seminggu sekali. Karena pada dasarnya konten blog bersifat ;lebih dinamis dan bisa disesuaikan dengan planning pemilik blog untuk meningkatkan traffic.

Hal ini cukup berbeda dengan website yang memiliki agenda update konten yang cukup beragam dan disesuaikan dengan keinginan dari setiap website.

Perbedaan blog dan website sebenarnya cukup terlihat, dari gaya bahasa yang digunakan, konten yang disajikan, rutinitas update konten serta tujuan dari diciptakannya suatu blog atau konten itu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel