Cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 24 hingga pencairan Insentif

Bismillah, sahabat prakerja. Pemerintah kembali membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang 24. Pendaftaran dibuka sejak 17 Maret 2022. bagi kamu yang ingin mendaftar segera membuat akun dan mengikuti tesnya. Sebagaimana kita ketahui bersama, Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Selain itu, Program Kartu Prakerja merupakan program ramah difabel. Difabel dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti Program Kartu Prakerja.

Syarat Mendaftar
  1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara mendaftar prakerja

cara daftar kartu prakerja gelombang 24

Langkah pertama, kunjungi situs https://www.prakerja.go.id/ pada browser handphone atau komputer masukkan email kemudian klik daftar

Selanjutnya lengkapi form pendaftaran, verifikasi akun, lalu siapkan Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka

Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS

Pilih pelatihan yang kamu minati di Mitra Platform Digital dan bayar dengan Kartu Prakerja.

Selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat.

Insentif Biaya Mencari Kerja, caranya Sambungkan rekening/e-wallet di salah satu Mitra Pembayaran untuk mendapat insentif Rp600rb/bulan selama 4 bulan setelah kamu menyelesaikan pelatihan.

Network error saat mendaftar

Pada saat pendaftaran baik registrasi maupun login selalu gagal karena muncul "notif error" apakah penyebab dan bagaimana solusinya?

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah menghubungi admin prakerja via live chat atau membuat pengaduan melalui LINK berikut.

Selanjutnya silahkan jelaskan permasalahan anda sesuai yang terjadi, jangan lupa mengisi data dengan keadaan sebenarnya.

Akan muncul notif, Terima kasih telah menghubungi Kartu Prakerja! Pertanyaan atau kendalamu telah kami terima. Nomor Tiket kamu: #4576652

perlu mengingatkan agar sobat, tidak lupa untuk mencatat nomor tiketnya sehingga mempermudah melihat tanggapannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel