Cara Mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2022 Untuk Guru

Bismillah, pada postingan kali ini guru-id akan berbagi informasi tentang buku panduan Pendaftaran Calon peneriama Beasiswa Pendidikan Indonesia disingkat BPI bergelar Tahun 2022 sebagai referensi mempermudah pendaftaran anda.

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BPI Kemendikbudristek) adalah program beasiswa Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia Indonesia yang merupakan program kerjasama antara Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

BPI Kemendikbudristek terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). Semua jenis program beasiswa bergelar S1, S2, dan S3 untuk perguruan tinggi dalam dan luar negeri dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek.

BPI Kemendikbudristek telah diluncurkan pada tanggal 22 April 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim, sebagai episode ke-10 dari Kebijakan Merdeka Belajar. BPI Kemendikbudristek kini memasuki tahun ke-2, dengan harapan BPI Kemendikbudristek khususnya program bergelar S1, S2 dan S3 dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk tujuan tersebut dan untuk menjamin mutu pelaksanaan BPI Kemendikbudristek Bergelar terutama dalam proses pendaftaran, maka Puslapdik menyusun Buku Panduan Pendaftaran BPI Kemendikbudristek Bergelar.

Buku Panduan ini antara lain mencakup; jenis-jenis beasiswa BPI Kemendikbudristek Bergelar, sasaran, syarat-syarat umum dan syarat-syarat khusus pendaftaran untuk masing-masing jenis beasiswa, daftar perguran tinggi tujuan, dan jadwal pendaftaran sampai dengan pengumuman hasil seleksi.

Dengan buku panduan pendaftaran ini diharapkan dapat memudahkan bagi para calon pendaftar beasiswa BPI Kemendikbudristek dan pihak-pihak terkait dalam proses pendaftaran, juga diharapkan program Beasiswa BPI Kemendikbudristek Bergelar dapat berjalan dengan lebih baik dan sesuai dengan harapan.

Jenis-Jenis Beasiswa BPI S1 S2 dan S3

Jenis Beasiswa BPI S1 S2 dan S3

SASARAN PENERIMA BEASISWA BERGELAR

PERSYARATAN PENDAFTARAN/PENERIMA

Pendaftar atau penerima Beasiswa BPI Bergelar (Degree) harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus sebagai berikut:

  1. S1 satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan;
  2. S2 satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan;
  3. S3 satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan;
  4. S2 Program Gelar Bersama (Joint Degree) atau Program Dua Gelar (Dual Degree/Double Degree) dengan durasi studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan; dan
  5. S3 Program Gelar Bersama (Joint Degree) atau Program Dua Gelar (Dual Degree/Double Degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan;
  6. tidak mengajukan perpindahan program studi dan perguruan tinggi tujuan tanpa persetujuan Kementerian;
  7. telah menyelesaikan SMA/SMK/yang sederajat (bagi mahasiswa semester 1 tahun akademik 2022/2023) untuk studi program beasiswa D4 atau S1 dengan ketentuan sebagai berikut:
  8. sekolah di dalam negeri atau Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah; atau
  9. sekolah di luar negeri yang telah memperoleh penyetaraan dengan sekolah dalam negeri oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek;
  10. telah menyelesaikan studi program D4 atau S1 untuk beasiswa S2, atau program S2 untuk beasiswa S3, dengan ketentuan sebagai berikut: Perguruan Tinggi di dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
  11. Perguruan Tinggi kedinasan dalam negeri, atau
  12. Perguruan Tinggi di luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal Perguruan Tinggi;
  13. tidak sedang (on going) atau telah menempuh studi program S1, S2, S3 atau Non Gelar (Non-degree), baik pada Perguruan Tinggi di dalam negeri maupun Perguruan
  14. Tinggi di luar negeri, kecuali bagi penerima beasiswa S1/ D4 calon guru SMK dan penerima beasiswa program S3 PTA Dalam Negeri; tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa dari sumber lain selama menjadi penerima BPI Kemendikbudristek;

beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

kelas eksekutif; 
kelas khusus; 
kelas karyawan; 
kelas jarak jauh; 
kelas yang diselenggarakan bukan di Perguruan Tinggi induk; 
kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara (kecuali untuk program joint degree/dual degree); 
kelas internasional khusus tujuan dalam negeri; 
dan kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan Kementerian;

MEKANISME PENDAFTARAN

Pendaftar beasiswa BPI Kemendikbudristek melakukan pendaftaran dengan cara:

1. mendaftar secara daring melalui: beasiswa.kemdikbud.go.id (kecuali untuk program beasiswa University of Oxford yang diatur sebagaimana dalam persyaratan khusus)

2. mengunggah semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa pada laman beasiswa.kemdikbud.go.id.

MEKANISME SELEKSI DAN PENETAPAN

1. Seleksi terdiri atas:

a)seleksi administrasi yaitu validasi terhadap kesesuaian dan kebenaran dokumen; dan

b)seleksi substansi dengan wawancara yang menilai antara lain aspek kemampuan akademik/ keterampilan, sikap, dan wawasan kebangsaan.

2. Hasil seleksi Tim Penyeleksi Administrasi dan Tim Pewancara disampaikan kepada panitia seleksi untuk dilakukan rapat pleno.

3.Calon penerima beasiswa hasil pleno ditetapkan oleh Kepala Puslapdik sebagai penerima beasiswa BPI Kemendikbudristek.

JADWAL PENDAFTARAN DAN PENGUMUMAN HASIL

Pendaftaran BPI Kemendikbudristek dibuka hanya sekali, untuk semester ganjil tahun akademik 2022/ 2023, dengan jadwal kegiatan sebagai berikut:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel