Jawaban modul 3 Penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan & karakteristik murid

Bismillah, pertama, berikut adalah soal dan jawaban cerita reflektif modul tiga Penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik murid sebagai bahan belajar sobat guru.

Jawaban modul 3 Penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan & karakteristik murid


1. Tiga area penerapan strategi penguatan literasi pada satuan pendidikan yang dapat dilakukan, kecuali:
Jawab : Lingkungan rumah.


2. Memasang simbol dan visi misi di lorong dan gerbang sekolah merupakan salah satu strategi lingkungan fisik kaya teks yang dapat menstimulasi kemampuan literasi murid.
Jawab : Benar


3. Jika satuan pendidikan tidak mempunyai banyak buku, bagaimana strategi yang dapat dilakukan untuk mendorong minat dan kegiatan membaca murid?
Jawab : Mencari sumber bacaan lain, seperti brosur, koran, poster yang dapat ditemukan di lingkungan sekolah.


Strategi literasi apa yang pernah Anda lakukan di kelas untuk menunjuang kompetensi literasi murid di SMP/SMA? Setelah mempelajari materi ini, bagaimana Anda dapat memperbaiki strategi literasi di kelas?
Jawab : Strategi literasi selain bacaan, berupa gambar, simbol, warna dan lain sebagainya.

Kecakapan berpikir murid tidak hanya berpaku pada kemampuan memahami, tetapi juga pada tahapan mampu mengevaluasi dan merefleksikan.
Jawab : Benar


Kedua, berikut adalah soal dan jawaban post test modul tiga Penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik murid sebagai bahan belajar sobat guru.

1. Salah satu contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di lingkup SMP dan SMA adalah mengadakan klub buku. Klub buku dapat berfungsi sebagai wadah untuk mendiskusikan buku bersama-sama.
Bagaimana peran guru dalam kegiatan klub buku ini?

Jawab : Guru mengajukan pertanyaan pemantik yang sesuai saat diskusi buku.


2. Salah satu contoh lingkungan fisik kaya teks di SMP-SMA/ SMK adalah menyediakan Sudut Baca Kelas. Guru dapat melibatkan murid untuk turut mengelola Sudut Baca Kelas. Bagaimana contoh kontribusi murid yang bermakna dalam pengelolaan sudut baca tersebut?

Jawab : Menghias sudut baca kelas dengan aneka poster dan gambar


3. Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.
Jawab : Benar

4. Pada strategi “VIP (Very Important Point)” atau "TPP (Tandai Poin Penting)" yang dijelaskan dalam video, apa yang perlu diperhatikan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan umpan balik bagi murid?
Jawab : Alasan murid menandai bagian yang mereka anggap penting.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel