Materi MPLS 2022/2023 & Silabus Kegiatan wajib MPLS SMP/Mts Terbaru

Bismillah, Halo sobat edukasi. Pada kesempatan berbahagia ini guru-id kembali berbagi sebuah informasi tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Untuk Tahun ajaran baru 2022/2023. Informasi ini bersumber dari Buku saku mpls kemendikbudristek 2022. Untuk file lengkapnya bisa di download pada akhir postingan.

materi mpls 2022 2023

Secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya, meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan. Bagi sekolah-sekolah Boarding School, pengenalan budaya kehidupan di asrama menjadi materi penting.

Mengapa wajib dilakukan MPLS bagi semua siswa baru? Tentu saja tidak terlepas dari tujuan ataupun manfaat yang didapatkan dari kegiatan MPLS itu sendiri. Berikut tujuan ataupun manfaat kegiatan MPLS:

1. Mengenali potensi diri siswa baru;

2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4. Mengembangkan interaksi positif antar-siswa dan warga sekolah lainnya;

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keaneka-ragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujud¬kan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Materi MPLS Yang Perlu disampaikan Tahun 2022/2023

Sobat guru, jika anda bertanya Apa saja materi yang disampaikan saat kegiatan MPLS? Biasanya setiap sekolah memiliki materi yang sedikit berbeda disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Beberapa materi yang perlu disampaikan saat pelaksanaan kegiatan MPLS, antara lain:

1. Wawasan Wiyata Mandala; 
2. Kegiatan Kesiswaan, baik itu Intra- kurikuler, seperti OSIS ataupun Ekstra-kurikuler, seperti Kepramukaan, UKS, Seni, Olahraga, dan lain-lain; 
3. Pendidikan Karakter; 
4. Cara Belajar Efektif; 
5. Pengenalan Budaya Lokal.

Berapa Lama Pelaksanaan MPLS ?

Perlu diketahui, Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan selama 3 hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran, di hari sekolah dan di jam pelajaran. Jika dilaksanakan lebih dari 3 hari, pihak orang tua berhak mempertanyakan alasan dibalik keputusan tersebut. Pengecualian bagi sekolah berasrama dengan terlebih dahulu melaporkan kepada Dinas Pendidikan terkait.

Pada masa Pandemi Covid-19 MPLS dapat dilaksanakan secara daring. Keputusan pelaksanaan MPLS secara daring ataupun luring ditentukan oleh Pemerintah Daerah.

Siapa Panitia/Penyelenggara MPLS ?

Selanjutnya Panitia Penyelenggara teknis kegiatan MPLS adalah Guru, dibantu oleh siswa dengan beberapa ketentuan, sebagai berikut:

a. Siswa merupakan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan/atau Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dengan jumlah paling banyak 2 (dua) orang per rombongan belajar/kelas; dan mereka tidak memiliki kecenderungan sifat-sifat buruk dan/atau riwayat sebagai pelaku tindak kekerasan;

b. Jika sekolah belum memiliki pengurus OSIS/MPK boleh dari siswa lainnya dengan syarat: siswa tidak memiliki kecenderungan sifat buruk dan riwayat sebagai pelaku tindak kekerasan; dan memiliki prestasi akademik dan nonakademik yang baik dibuktikan dengan nilai rapor dan penghargaan nonakademik atau memiliki kemampu¬an manajerial dan kepemimpinan yang dibuktikan dengan keikutsertaan dalam berbagai kegiatan positif di dalam dan di luar sekolah

Silabus MPLS SMP 2022 2023

Kegiatan MPLS memiliki dua jenis kegiatan yakni kegiatan wajib dan kegiatan pilihan yang disesuaikan dengan silabus MPLS. Untuk materi kegiatan pilihan disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah.

Silabus kegiatan MPLS baik wajib dan pilihan dibuat untuk mengintegrasikan kegiatan dan tujuan yang hendak dicapai. Setidaknya ada lima tujuan dari silabus kegiatan MPLS

Tujuan 1 :

Mengenali potensi diri siswa baru.

Kegiatan Wajib :

1.      Pengisian formulir siswa baru oleh orangtua/wali;

2.      Kegiatan pengenalan siswa.

Kegiatan Pilihan :

1.      Diskusi konseling;

2.      Mengenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah;

3.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap diskusi

Tujuan 2 :

Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

Kegiatan Wajib :

1.      Kegiatan pengenalan warga sekolah;

2.      Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar, dan tata tertib sekolah;

3.      Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa;

4.      Pengenalan stakeholders sekolah lain­nya.

Kegiatan Pilihan :

1.      Pengenalan tata cara dan etika makan, tata cara penggunaan fasilitas toilet, dan tata cara berpakaian/sepatu;

2.      Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya;

Menginformasikan fasilitas-fasilitas u­mum di sekitar sekolah;

Menginformasikan kewajiban pemeli­haraan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum;

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana;

Menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah;

Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait.

Tujuan 3 :

Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Kegiatan Wajib :

1.     Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa;

2.     Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kegiatan Pilihan :

1.     Pengenalan metode pembelajaran dalam bentuk quantum learning (speed reading, easy writing, mind mapping, super memory system);

2.     Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk berbagi pengalaman;

3.     Kegiatan pengenalan kewirausahaan;

Tujuan 4 :

Mengembangkan interaksi positif antar­siswa dan warga sekolah lainnya.

Kegiatan Wajib :

1.      Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun;

2.      Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.

Kegiatan Pilihan :

1.      Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga;

2.      Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok.

Tujuan 5 :

Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling meng­hargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.

Kegiatan Wajib :

1.      Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter;

2.      Pengenalan budaya dan tata tertib sekolah;

3.      Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai positif.

Kegiatan Pilihan :

1.  Beribadah keagamaan bersama, pe­ngenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air;

2. Kegiatan kebanggaan terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah;

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah.

Lebih jelas, UNDUH BUKU SAKU MPLS 2022 PDF DIBAWAH INI

UNDUH : CONTOH SK PANITIA MPLS 2022-2023



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel