pedoman model problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl)

Bismillah, pada informasi kali ini, guru-id.com membagikan Pedoman Penyusunan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Proyek (PBL DAN PjBL) Mahasiswa PPG Daljab tahun 2022. tentu saja pedoman ini bersumber dari petunjuk teknis pelaksanaan ppg tahun 2022 kemendikbudristek (Unduh : Juknis ppg 2022).

a. Tahapan Pembelajaran PBL

1) Deskripsi pembelajaran PBL

Pembelajaran berbasis PBL adalah metode yang melibatkan Mahasiswa dalam situasi dunia nyata yang disajikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Masalah disajikan dalam bentuk narasi untuk dipelajari atau didiskusikan alternatif- alternatif pemecahannya. masalah dapat diangkat dari fenomena dan pengalaman nyata dalam kehidupan atau masalah kontekstual yang dirancang. Ketentuan dalam pembelajaran pemecahan masalah adalah sebagai berikut:

a) Mahasiswa berperan sebagai “protagonis” yang berusaha untuk memecahkan sebuah masalah;

b) Mahasiswa melakukan analisis terhadap masalah untuk membangun rekomendasi solusi,

c) Dibantu dengan diskusi kelompok untuk menguji dan mengembangkan rancangan solusi; dan

d) Kelas berdiskusi secara aktif, dengan mayoritas dari percakapan dilakukan oleh Mahasiswa. Dosen/Guru Pamong hanya memfasilitasi dengan cara mengarahkan diskusi, memberikan pertanyaan, dan observasi. 

  2) Tujuan PBL

Membantu Mahasiswa mengembangkan keterampilan- keterampilan penyelidikan dan pemecahan masalah, memberi kesempatan kepada Mahasiswa mempelajari pengalaman- pengalaman dan peran-peran orang dewasa, dan memungkinkan Mahasiswa meningkatkan sendiri kemampuan berpikirnya. Selain itu penguasaan isi belajar dari disiplin heuristic dan berhubungan dengan belajar tentang kehidupan yang lebih luas (lifewide learning), keterampilan memaknai informasi, kolaborasi dan belajar tim, dan keterampilan berpikir reflektif dan evaluatif.

 Tahapan dan Kegiatan Pembelajaran

Tahapan dan Kegiatan Pembelajaran pbl

ketentuan pembelajaran team base project dilaksanakan sebagai berikut:

a) kelas dibagi menjadi kelompok (>1 Mahasiswa) untuk mengerjakan tugas bersama

b) kesesuaian waktu proyek dengan kalender akademik sehingga kegiatan proyek memungkinkan akan dilakukan (2 atau 3 kali)

c) kelompok diberikan masalah asli atau pertanyaan kompleks, lalu diberikan ruang untuk buat rencana kerja dan model kolaborasi;

d) setiap kelompok mempersiapkan presentasi/karya akhir yang ditampilkan ke Dosen/Guru Pamong, kelas, atau Mahasiswa lainnya yang dapat memberikan umpan balik yang konstruktif.

2) Tujuan Pembelajaran PjBL

a) Meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam pemecahan masalah proyek

b) Memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran

c) Membuat Mahasiswa lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata

d) Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan Mahasiswa dalam mengelola bahan atau alat untuk menyelesaikan tugas atau proyek

e) Meningkatkan kolaborasi Mahasiswa khususnya pada PjBL yang bersifat kelompok

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel