RPP bahasa Indonesia Kurikulum merdeka Kelas 3 SD/Mi

Bismillah, pada kesempatan yang berbahagia ini guru-id akan berbagi informasi tentang contoh rpp kurikulum merdeka belajar sd Fase B jenjang SD/Mi mata pelajaran bahasa indonesia. nah kali ini guru-id akan berbagi kelas III. Perlu diketahui rpp sudah memuat profil pelajar pancasila sesuai struktur kurikulum merdeka belajar yang telah dilaksanakan di beberapa daerah. Semoga dengan adanya referensi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman guru yang sedang membutuhkan. Untuk file lengkapnya bisa di unduh pada akhir artikel.

Contoh RPP Kurikulum Merdeka Kelas 3 sd Bahasa Indonesia

rpp kelas 3 bahasa indonesia kurikulum merdeka SD

PERANGKAT AJAR bahasa indonesia SEKOLAH DASAR (SD) “Binatang, Sahabatku Yang Unik Dan Menarik” Urutan Kegiatan Pembelajaran, selanjutnya untuk asesmen, lembar kerja, dan bahan ajar bisa di unduh pada akhir postingan

Profil pelajar Pancasila yang berkaitan • Bergotong-royong - Komunikasi: Menyimak dan memahami secara akurat apa yang diucapkan (ungkapan pikiran, perasaan, dan keprihatinan) orang lain, serta menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media kepada orang lain.

Tujuan Pembelajaran

Peserta mampu memahami instruksi permainan anak yang disampaikan secara lisan sehingga mampu berpartisipasi dalam permainan tersebut dengan benar,Memberikan respon lisan yang tepat sesuai dengan konteks,Pelajar mampu memenggal kalimat dengan benar saat menulis teks (paragraf atau esai)

PERSIAPAN PEMBELAJARAN

• Mencari tahu tentang jenis binatang berikut:

1. Binatang khas di daerah masing-masing, misalnya berbagai jenis hewan laut untuk sekolah di kepulauan atau dekat pantai (misalnya, burung camar, penyu, kepiting, ikan, dll), berbagai jenis hewan hutan untuk sekolah yang dekat dengan pegunungan (monyet, burung pemakan buah dan serangga, kijang, dll).

2. Binatang yang umum dipelihara di tempat tinggal siswa (baik yang digunakan untuk mencari nafkah maupun untuk kesenangan), misalnya kambing, ayam, kuda, kerbau, kelinci, kucing, hamster.

3. Binatang khas Indonesia, misalnya, banteng di Jawa Tengah, harimau di Sumatera, orang utan di Kalimantan, cendrawasih di Papua, dll

• Mengingat kembali aturan permainan “Darat, laut, udara”

• Menyiapkan kartu bergambar binatang dan/atau buku-buku yang berkaitan dengan binatang

• Menyiapkan lembar untuk asesmen dan catatan pengamatan pembelajaran siswa.

• Menyiapkan susunan duduk di kelas, sehingga ada ruang untuk permainan dan diskusi (bila memungkinkan)

Urutan kegiatan pembelajaran dalam 1 sesi pembelajaran (tatap muka ataupun PJJ)

PERMAINAN: Alokasi waktu 30 menit

• Guru membuka kegiatan (salam pembuka, doa, dll)

• Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali binatang-binatang yang sudah mereka kenal.

Pertanyaan pemancing:

1.Binatang apa saya yang kamu temui hari ini?

2.Binatang apa yang bisa terbang/berenang/merayap/berlari cepat/bernyanyi dll?

Guru dapat menggunakan kartu gambar binatang untuk menggugah ingatan para siswa dalam kegiatan pembuka ini.

• Guru mengajak siswa untuk bermain: “Darat, Air, Udara”.

• Guru menjelaskan aturan permainan:

1. Semua siswa duduk dalam lingkaran besar, bisa di kursi atau di lantai. Pastikan semua siswa sudah tenang dan siap menyimak.

2. Guru menjelaskan cara bermain pada para siswa, beri kesempatan bagi siswa untuk bertanya bila ada yang belum dipahami

3. Guru memulai permainan dengan mengarahkan telapak tangan untuk menunjuk setiap siswa secara bergantian sambil menyebutkan “Darat, laut, udara, darat, laut, udara…” dan berhenti pada salah satu siswa.

4. Siswa yang mendapat giliran menyebutkan nama binatang beserta ciri-ciri khasnya. Bila siswa mendapatkan kata “darat” maka siswa menyebutkan binatang yang hidup di darat. Bila mendapatkan kata “air”, siswa menyebutkan binatang yang hidup di air, Bila siswa mendapatkan kata “udara”, ia menyebutkan binatang yang bisa terbang. Contoh permainan:

• Siswa A mendapatkan kata “udara”, ia bisa menjawab burung merpati, cirinya mempunyai sayap dan paruh, bisa terbang tinggi, bisa bertelur.

• Siswa B mendapatkan kata “darat”, maka jawabannya bisa gajah, cirinya mempunyai belalai, kakinya empat, telinganya sangat lebar

• Siswa C mendapatkan kata “air”, ia bisa memilih jawaban katak, dengan ciri matanya besar, kakinya berselaput, bunyinya krokok, krokok

5. Beberapa siswa bisa diberi giliran untuk menjadi pemimpin permainan

6. Pertanyaan refleksi dapat ditulis jawabannya di buku catatan di akhir kegiatan.

LEBIH LENGKAP
ATAU (HUBUNGI SAYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel