soal osn ips smp 2022 dan kunci jawaban

1. Tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk   tinggal disebut….

A.     wilayah

B.     tempat

C.     habitat

D.     ruang

soal osn ips smp 2022 dan kunci jawaban


Pembahasan:

Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal. Ruang muka bumi meliputi ruang darat, ruang laut dan perairan lain, serta ruang udara. Jawaban yang tepat adalah D.

 

2. Secara geologis, Indonesia terletak di zona pertemuan tiga lempeng besar dunia, yaitu….

A.     Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik

B.     Eurasia, Pasifik, dan Amerika

C.     India, Eurasia, dan Hindia

D.     Pasifik, Indo-Australia, dan Antartika

Pembahasan:

Secara geologis, Indonesia terletak di zona pertemuan lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Posisi ini menjadikan Indonesia menjadi rawan terhadap bencana gempa bumi dan gunung meletus. Jawaban yang tepat adalah A.

3. Jika di Bogor menunjukkan waktu pukul 10.00 WIB, maka waktu di Jayapura menunjukkan waktu pukul….

A.     12.00 WIT

B.     11.00 WIT

C.     09.00 WIT

D.     08.00 WIT

Pembahasan:

Kota Bogor terletak di wilayah waktu Indonesia bagian barat. Sementara itu, Kota Jayapura terletak di wilayah waktu Indonesia bagian timur. Oleh sebab itu, waktu di Jayapura lebih cepat dua jam dibandingkan waktu di Bogor. Jika, waktu di Bogor menunjukkan waktu pukul 10.00 WIB, maka waktu di Jayapura menunjukkan waktu pukul 12.00 WIT. Jawaban yang tepat adalah A.

 

4. Contoh objek yang bisa digambarkan dengan warna hijau pada peta adalah….

A.     jalan raya

B.     danau

C.     permukiman

D.     hutan

Pembahasan:

Simbol warna digunakan untuk mewakili kenampakan objek yang berbeda-beda di muka bumi. Simbol warna hijau digunakan untuk mewakili objek vegetasi di sebuah wilayah, seperti hutan. Selain itu, warna hijau juga digunakan untuk menggambarkan wilayah dataran rendah. Jawaban yang tepat adalah D.

 

5. Berikut ini sungai yang terdapat di Pulau Sumatra adalah….

A.     Sungai Serayu

B.     Sungai Mamberamo

C.     Batang Hari

D.     Sungai Barito


Pembahasan:

Indonesia memiliki banyak aliran sungai yang mengaliri wilayahnya. Sungai-sungai ini memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan karakteristiknya. Salah satunya adalah Batang Hari, yang merupakan sungai terpanjang di Provinsi Jambi, Sumatra. Sungai ini dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, aktivitas pertambangan pasir, pariwisata air, dan juga sarana transportasi. Jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan:

Daerah yang ditunjukkan oleh huruf X adalah Kepulauan Bangka Belitung. Daerah ini merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Jawaban yang tepat adalah C.

 

7. Suku yang berasal dari Provinsi Sumatra Barat adalah….

A.     Batak

B.     Minahasa

C.     Anak Dalam

D.     Minangkabau

Pembahasan:

Salah satu suku yang berasal dari Provinsi Sumatra Barat adalah suku Minangkabau atau Minang. Suku ini merupakan suku yang menganut dari sistem matrilineal atau mengambil garis keturunan ibu. Budaya suku Minangkabau banyak dipengaruhi oleh ajaran agama Islam. Jawaban yang tepat adalah D.


8. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan penduduknya yang tinggi. Upaya yang bisa dilakukan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk Indonesia adalah….

A.     menggiatkan kampanye banyak anak banyak rezeki

B.     menghilangkan undang-undang yang mengatur batas usia menikah

C.     mendorong pernikahan usia muda

D.     meningkatkan program keluarga berencana

Pembahasan:

Jumlah penduduk di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah penduduk ini dapat menimbulkan dampak buruk jika tidak diatasi dengan baik. Oleh sebab itu, Indonesia perlu menekan angka laju pertumbuhan penduduk. Beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan program keluarga berencana dan mengatur batas usia menikah di Indonesia. Jawaban yang tepat adalah D.

9. Puncak, Bogor merupakan salah satu daerah tujuan wisata penduduk perkotaan, terutama Jakarta dan Depok. Hal ini menjadikan terjadinya peningkatan pembangunan villa-villa dan penginapan di Puncak. Namun, pembangunan ini menjadikan potensi banjir di Jakarta semakin meningkat. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah….

A.     intensitas curah hujan yang sangat tinggi

B.     berkurangnya daerah resapan air

C.     meningkatnya sampah di perkotaan

D.     penyempitan badan aliran sungai

Pembahasan:

Interaksi antarruang antara daerah Puncak dan Jakarta menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan hutan menjadi villa-villa atau penginapan. Seperti yang kita ketahui, salah satu fungsi hutan adalah sebagai daerah resapan air hujan. Dengan adanya alih fungsi lahan hutan di Puncak, maka daerah resapan air hujan akan berkurang dan menyebabkan terjadinya banjir di Jakarta. Jawaban yang tepat adalah B.

 

10. Perubahan pekerjaan dari yang tadinya berorientasi pada sumber daya alam seperti petani menjadi pekerjaan yang berorientasi pada kegiatan industri dan jasa, merupakan dampak dari interaksi antarruang dalam bidang….

A.     sosial dan budaya

B.     komposisi penduduk

C.     penggunaan lahan

D.     orientasi mata pencaharian

Pembahasan:

Interaksi spasial umumnya terjadi karena adanya kepentingan ekonomi. Daerah yang menjadi tujuan pergerakan penduduk akan ditempati oleh penduduk dengan pekerjaan yang beragam. Jenis pekerjaan juga dapat berkembang karena adanya kebutuhan akan barang dan jasa yang semakin beragam. Orientasi pekerjaan dapat berubah dari yang tadinya berorientasi pada sumber daya alam, khususnya petani, menjadi pekerjaan lainnya. Jawaban yang tepat adalah D.

11. Berikut ini yang termasuk tindakan dari kontak sosial primer adalah ….

A.     Ibu sedang melihat-lihat baju di toko online melalui smartphone

B.     Fathur menulis sebuah artikel untuk sebuah majalah

C.     Rizal berdiskusi dengan ayahnya tentang hasil pemilihan presiden

D.     Arimbi menulis surat untuk sahabat penanya di luar negeri

Pembahasan:

Rizal yang berdikusi dengan ayahnya merupakan kontak primer karena syarat dari interaksi adalah lebih dari dua orang, memiliki kesamaan tujuan, dan adanya kontak dan komunikasi. Kemudian, pada kontak sosial primer haruslah dilakukan secara langsung oleh pelakunya. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

 

12. Polda Metro Jaya kembali menggelar Operasi Patuh Jaya di wilayah DKI Jakarta. Sasaran operasi lalu lintas ini yaitu pengemudi yang melawan arus, pengemudi di bawah umur, pengguna rotator atau sirine bukan peruntukannya, menggunakan hp saat berkendara, sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara yang gunakan narkoba atau mabuk dan pengendara yang berkendara melebihi batas kecepatan. Tujuan lembaga kepolisian melakukan hal tersebut adalah ….

A.     menjalankan perintah atasan

B.     menjaga kewibawaan sebagai polisi

C.     membatasi kegiatan berkendara masyarakat

D.     menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat

Pembahasan:

Lembaga politik dan hukum merupakan suatu lembaga yang mengatur pelaksanaan dan wewenang yang menyangkut kepentingan masyarakat agar tercapai suatu keteraturan dan tata tertib kehidupan bermasyarakat. Lembaga kepolisian merupakan salah satu contoh lembaga politik dan hukum yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

sumber : ruangguru.com

🟪 unduh : SOAL KSN PDF

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel