atp bahasa inggris kelas 4 sd kurikulum merdeka

Bismillah, hai sobat guru kelas, tetap semangat bapak ibu guru yang saat ini tengah menyusun modul ajar kurikulum merdeka sekolah penggerak. Melalui postingan ini guru-id.com kembali membagikan salah satu perangkat ajar yang membantu guru dalam menyusun modul ajar yang bernama alur tujuan pembelajaran atau disingkat atp. Nah apa itu atp? yuk simak penjelasannya berikut ini.

atp bahasa inggris kelas 4 sd kurikulum merdeka

Sobat guru sd yang kami banggakan, Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari

Seperti RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa, Perangkat ajar diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi

Catatan Penting!

• Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.

• Pemerintah menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

Contoh atp bahasa inggris kelas 4 sd

Sesuai judul posting, guru-id berbagi contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas IV SD kurikulum merdeka tahun 2022. Lebih jelasnya file bisa di download pada tautan yang tersedia di akhir postingan.

Fase A Kelas 4

Rasional Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP)

penguasaan bahasa Inggris merupakan salah satu capaian dalam pemenuhan life skills bagi seluruh pelajar di Indonesia. Bahasa Inggris memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk mampu berinteraksi lebih luas dengan melalui berbagai teks. Alur dan tujuan pembelajaran bahasa Inggris difokuskan kepada penguasaan dalam enam kemampuan keterampilan berbahasa, yakni : menyimak, berbicara, membaca, memirsa, dan menulis dan mempresentasikan secara terpadu dalam berbagai jenis teks. Pada tiap keterampilan tersebut akan mengerucut menjadi satu tujuan yaitu kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Pada kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk jenjang Sekolah Dasar terbagi menjadi tiga fase, yaitu Fase A pada jenjang kelas 1 dan kelas 2, Fase B pada jenjang kelas 3 dan kelas 4, Fase C pada jenjang kelas 5 dan kelas 6. Pada tiap fase tersebut memiliki kedalaman dan keluasan konteks materi yang berbeda.

Pada pembelajaran bahasa inggris di fase A ini difokuskan pada pengenalan bahasa Inggris dan kemampuan berbahasa Inggris lisan. Pada fase B, pembelajaran difokuskan kepada bahasa Inggris lisan dan juga mulai diperkenalkan bahasa tulis. Pada fase ini guru membimbing siswa untuk memahami dan menggunakan kosa kata bahasa Inggris sederhana. Pada fase C, di tingkat akhir jenjang SD, diharapkan siswa sudah memiliki kemampuan bahasa inggris lisan dan tulisan. Pembelajaran ketiga fase pada jenjang SD ini berkaitan dengan konteks situasi yang dekat dengan pelajar, yaitu keluarga dan sekolah..

Pembuatan proses alur dan tujuan pembelajaran menggunakan format tabel dan diberikan penomoran di setiap tujuan pembelajaran untuk memudahkan kodefikasi dan penelaahan. Pada setiap bagiannya memuat tujuan pembelajaran, perkiraan jam pelajaran, kata frasa/kunci, topik/konten, glosarium, dan penjelasan singkat. Hal ini diharapkan mampu memberikan rangsangan kepada guru dalam membuat dan mengembangkan ide-ide pembelajaran yang akan diterapkan di kelas..

Pembelajaran Bahasa Inggris umum dalam kurikulum nasional memberikan kesempatan bagi siswa untuk membuka wawasan yang berkaitan dengan diri sendiri, hubungan sosial, kebudayaan, dan kesempatan kerja yang tersedia secara global. Mempelajari bahasa Inggris memberikan siswa kemampuan untuk mendapatkan akses ke dunia luar dan memahami cara berpikir yang berbeda.

Alur dan tujuan pembelajaran ini disusun berdasarkan pendekatan berbasis teks. Pendekatan tersebut sejalan dengan tujuan pembelajaran bahasa secara umum yakni untuk berkomunikasi, yang pada prosesnya mengenal bahasa inggris dengan melalui metode pembelajaran difokuskan pada teks, dalam berbagai moda, baik lisan, tulis, visual, audio, maupun multimoda.

Pada akhir fase A, Dalam mengembangkan keterampilan menyimak dan berbicara, siswa mengikuti/merespon instruksi atau pertanyaan sederhana dalam bahasa Inggris dan mengucapkan dengan baik kosakata sederhana. Pada fase ini, siswa banyak menggunakan alat bantu visual dan komunikasi non verbal untuk membantu kegiatan mereka dalam berkomunikasi. Siswa memahami bahwa kegiatan membaca merupakan kegiatan individu maupun berkelompok yang bisa dilakukan untuk memberikan kesenangan (reading for pleasure). Mereka memahami bahwa gambar yang terdapat dalam buku yang dibacakan oleh guru atau gambar yang siswa amati memiliki arti. Mereka merespon secara lisan, visual, dan/atau komunikasi non-verbal terhadap teks sederhana yang dibacakan atau gambar yang dilihatnya.

Sesuai judul posting Selanjutnya unduh : Contoh atp bahasa Inggris kelas 4 Kurikulum Merdeka

CONTOH ATP LENGKAP REVISI TERBARU HUBUNGI GURU-ID

Atau silahkan lihat : contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka bahasa Inggris kelas kelas 4 semester 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel