Beda Modul ajar Kurikulum merdeka Revisi 2022 dengan Revisi 2021 serta RPP, Buku Murid, & Buku Guru

Bismillah, pada laman ini guru-id akan berbagi informasi tentang modul ajar kurikulum merdeka atau lebih tepatnya perbedaan modul ajar revisi tahun 2021 dengan tahun 2022. Nah bagi satuan pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023 wajib mengetahui agar tidak salah dalam penyusunan modul kurikulum merdeka tahun 2022.

perbedaan modul ajar dan RPP

Tampilkan : daftar Sekolah pelaksana kurikulum merdeka tahun 2022

Sahabat pembelajar, sebagaimana kita ketahui bersama, Tahun 2021 tim penyusun modul ajar sekolah penggerak dari kemendikbudristek telah menyebarkan contoh modul ajar kurikulum merdeka semua jenjang mulai dari jenjang PAUD maupun pendidikan dasar dan menengah dalam bentuk file baik word maupun pdf. Semua modul ajar ini bisa diakses semua orang sehingga mudah didownload karena terupload dalam google drive. Walaupun demikian modul yang dibagikan ini hanyalah contoh untuk mempermudah guru menyusun modul ajar tahun 2022

Informasi inilah yang penting diketahui, agar teman-teman guru tidak salah dalam memahami, bahwa modul ajar diatas yang telah tersebar di grup-grup WA, facebook, Telegram, Instagram, dan web ini masih revisi 202i. Mengapa? karena materi pelajaran yang digunakan masih menggunakan buku kurikulum 2013. Sedangkan Modul ajar tahun 2022 tentu saja harus materi pelajarannya disusun berdasarkan buku kurikulum merdeka yang telah dipublish melalui portal resmi https://buku.kemdikbud.go.id/

Teman-teman guru yang ingin menyusun modul kurikulum merdeka revisi 2022 pada tahun ajaran 2022-2023 bisa menyesuaikan materinya dengan buku guru dan siswa yang ada di portal buku kemendikbud kurikulum merdeka. Semoga dipahami.

HARAPAN GURU-ID.COM

1. Teman-Teman Guru Tidak mudah percaya dengan Penjual modul ajar yang beredar di Internet baik grup wa, telegram maupun facebook karena kebanyakan modul yang mereka jual adalah modul gratis hasil bimtek yang materinya belum sesuai dengan buku kurikulum merdeka seperti yang guru-id sampaikan diatas.

2. Dengan membaca postingan pada laman ini diharapkan teman-teman guru dapat mengetahui bahwa materi pelajaran untuk modul ajar kurikulum merdeka tahun 2022 disusun sesuai buku kurikulum merdeka kemendikbudristek bukan buku k13.

Perbedaan Modul ajar, RPP, Buku Murid, dan Buku Guru

Mengutip dari portal tanya jawab web guru.kemdikbud.go.id, berikut perbedaan modul ajar, Buku Murid, dan Buku Guru

Sahabat edukasi, Modul ajar merupakan salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid.

Dalam menggunakan modul ajar, guru memiliki kemerdekaan untuk:

Memilih atau memodifikasi modul ajar yang disediakan Pemerintah untuk disesuaikan dengan karakteristik murid

Menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid

Buku teks adalah jenis perangkat ajar yang menjadi standar sumber informasi, serta disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu. Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan buku teks pelajaran.

Berdasarkan penggunanya, terdapat 2 versi buku teks, yaitu buku peserta didik (Buku Murid) dan buku panduan pendidik (Buku Guru). Buku Murid merupakan buku pegangan bagi peserta didik, sedangkan Buku Guru merupakan panduan atau acuan bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku peserta didik tersebut.

Selanjutnya istilah modul ajar sama seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun yang membedakan adalah dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa.  Dalam artinya komponen Modul ajar lebih lengkap sehingga lebih banyak dari RPP.

SEBAGAI REFERENSI

TAMPILKAN CONTOH :  (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS 4 SD)

TAMPILKAN CONTOH :  (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS 1 SD)

TAMPILKAN CONTOH :  (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS VII SMP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel