Konsentrasi keahlian SMK/MAK Kurikulum Merdeka Tahun 2022

Bismillah, pada kesempatan yang berbahagia, guru-id.com kembali berbagi tentang kurikulum merdeka. nah kali ini tentang daftar Konsentrasi keahlian SMK/MAK Kurikulum Merdeka Tahun 2022. adapun informasi ini bersumber dari Keputusan kepala badan standar, kurikulum, dan asesmen Pendidikan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi nomor 024/h/kr/2022, lebih jelasnya teman-teman bisa mengunduh filenya mellaui tautan yang tessedia pada akhir postingan.

Konsentrasi keahlian SMK/MAK Kurikulum Merdeka

Menimbang : a. bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran perlu penyelenggaraan konsentrasi keahlian Pada SMK/MAK;

b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a, perlu menetapkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka;

MENETAPKAN : KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI TENTANG KONSENTRASI KEAHLIAN SMK/MAK PADA KURIKULUM MERDEKA.

KESATU : Menetapkan Konsentrasi Keahlian SMK/MAK pada Kurikulum Merdeka sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

KEDUA :  Konsentrasi Keahlian SMK/MAK pada Kurikulum Merdeka sebagaimana dimaksud pada Diktum KESATU meliputi:

a. konsentrasi keahlian SMK/MAK; dan

b. konversi konsentrasi keahlian SMK/MAK dari kompetensi keahlian SMK/MAK yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 06/D.D5/KK/2018.

KETIGA : Satuan pendidikan yang menyelenggarakan kompetensi keahlian yang dikonversi sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA huruf b, wajib menginformasikan konsentrasi keahlian hasil konversi dimaksud kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kantor Wilayah Kementerian Agama.

KEEMPAT : Dalam hal satuan pendidikan pelaksana program SMK Pusat Keunggulan pada tahun ajaran 2021/2022 telah menyelenggarakan program keahlian yang tidak sesuai dengan program keahlian sebagaimana diatur dalam Keputusan Kepala Badan ini, satuan pendidikan dapat menyelenggarakan program keahlian yang relevan dengan konsentrasi keahlian yang dipilih oleh peserta didik.

KELIMA : Satuan pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEEMPAT wajib memberikan matrikulasi pada peserta didik sebagai pondasi penguasaan konsentrasi keahlian pada program keahlian yang baru.

KEENAM : Konsentrasi Keahlian SMK/MAK pada Kurikulum Merdeka sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU diimplementasikan mulai tahun ajaran 2022/2023.

Selanjutnya sebagai referensi berikut guru-id bagikan contoh modul ajar kurikulum merdeka.

SEBAGAI REFERENSI

TAMPILKAN CONTOH :  (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS 4 SD)

TAMPILKAN CONTOH :  (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS 1 SD)

TAMPILKAN CONTOH :  (MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA REVISI 2022 KELAS VII SMP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel